Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh guna memperbaiki jaringan yang rusak, pembentukan kolagen dan daya tahan tubuh. Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C, oleh karena itu Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan yang tinggi vitamin C atau dari suplemen makanan seperti vitacimin. lalu apakah vitacimin untuk ibu menyusui aman untuk di konsumsi?

Ibu menyusui juga memerlukan vitamin C yang cukup untuk kebutuhannya dan kebutuhan si bayi. Vitacimin untuk Ibu menyusui termasuk katagori obat bebas yang memiliki manfaat menjaga kesehatan dan membantu memenuhi kebutuhan vitamin C tapi anda tetap harus berkonsultasi dan dalam pengawasan dokter jika ingin mengkonsumsi vitacimin.

Adverstisment

Cara mengkonsumsi Vitacimin untuk Ibu Menyusui Agar Tidak Membahayakabn

Suplemen dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Namun, apabila tidak benar dalam mengkonsumsinya maka dapat memberikan efek yang tidak diinginkan bagi tubuh. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mengkonsumsi vitacimin, diantaranya:

  1. Perhatikan Dosisnya

Dosis yang dianjurkan untuk vitacimin sweerlets, vitacimin white dan vitacimin nutriglow adalah 1-2 tablet sehari. Vitacimin untuk Ibu Menyusui dapat dieksresikan ke dalam ASI, jika Anda sedang menyusui jangan lupa berkonsultasi dengan dokter saat menggunakan obat ini. Seperti pada saat memasuki usia kehamilan, ibu periode menyusui pun memerlukan dosis vitamin C yang lebih dari yang seharusnya.

Pada wanita dewasa dalam kondisi tidak menyusui 90mg vitamin C per-hari, dosis yang dianjurkan tersebut telah memenuhi 100 persen angka kecukupan gizi (AKG). Untuk ibu menyusui, kebutuhan vitamin C per-hari meningkat menjadi 120mg. Selain Ibu, bayi juga butuh asupan vitamin C yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Bayi yang berumur 0-6 bulan, dianjurkan memperoleh 40mg vitamin C per-hari untuk memenuhi 100 persen angka kecukupan gizi. Sementara vitamin yang larut dalam air ini akan disalurkan kepada bayi dalam jumlah tertentu melalui air susu ibu. Sedangkan Ibu yang kekurangan vitamin C, otomatis akan mengurangi angka kecukupan gizi vitamin C pada bayi.

  1. Perhatikan Riwayat Alergi dan Penyakit

Bagi Anda ibu menyusui atau semua orang yang gemar mengkonsumsi vitacimin, harap perlu memperhatikan riwayat alergi terhadap bahan dasar yang terkandung di dalam vitacimin. Vitacimin sweetlets mengandung pemanis sakarin dan siklamat, oleh karenanya obat ini tidak boleh dikonsumsi apalagi diberikan pada anak usia kurang dari 2 tahun.

Konsultasikan ke dokter atau apoteker apabila memiliki riwayat gagal ginjal, defisiensi enzim G6PD, diabetes dan hemokromatosis. Informasikan pula jika Anda sedang menyusui, atau sedang mengkonsumsi obat lainnya selain vitacimin. Segera temui dokter jika telah mengalami tanda reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengkonsumsi vitacimin.

Vitamin C yang cukup dapat meningkatkan produksi glutathoine, antioksidan dan merangsang sistem daya tahan tubuh Ibu. Vitamin C perlu dikonsumsi untuk memperkuat jaringan tubuh dan dapat menghambat infeksi bakteri.

Nutrisi yang dihasilkan vitamin C dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dengan mempercepat produksi sel darah putih, selain itu peningkatan kadar zat anti-virus yang mencegah masuknya virus dengan cara melapisi sel.

  1. Ketahui Ketepatan Konsumsi Vitamin C

Anda yang terbiasa mengkonsumsi suplemen vitamin C pasti merasa bingung, apakah masih aman jika dikonsumsi saat ibu menyusui? Jika Anda ibu menyusui mengkonsumsi vitamin C yang bersifat asam, maka ASI yang diminum bayi akan lebih bersifat asam, hal ini sangat berisiko pada lambung bayi yang Anda susui.

Oleh karena itu, vitamin C yang dikenal seperti vitacimin memerlukan waktu untuk diserap tubuh ibu, sebelum dapat disalurkan kembali pada bayi melakui air susu ibu. Dalam hal ini, memberi jeda waktu satu hingga dua jam antara waktu mengkonsumsi vitacimin dan waktu menyusui. Oleh karena itu, vitacimin juga dikenal memiliki kandungan vitamin riboflavin dan calcium pantothenat yang berfungsi untuk membantu proses pembentukan energi.

Ada beberapa kondisi yang membutuhkan suplemen makanan atau vitamin pendukung, antara lain penderita penyakit tertentu atau saat ibu sedang hamil dan menyusui, atau pengkonsumsi obat yang dapat mengganggu metabolisme vitamin dan mineral. Sebagian orang, vitamin C yang dikonsumsi lebih dari 2000 mg per-hari dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Oleh karena itu, patuhi dosis serta aturan pakai dalam mengkonsumsi vitacimin. Vitacimin dapat Anda konsumsi setelah makan, dianjurkan untuk lebih banyak meminum air putih selama mengkonsumsi vitacimin.

  1. Ketahui Efek Samping Vitacimin

Ibu menyusui yang mengkonsumsi Vitacimin lebih dari jumlah yang dianjurkan, mungkin tidak akan membahayakan bayi yang Ibu susui. Secara alami tubuh Ibu dapat mengontrol jumlah vitamin C yang masuk ke dalam air susu ibu (ASI). Tubuh Ibu mengekskresikan vitamin C yang berlebihan melalui urine. Tubuh Ibu juga memiliki mekanisme tersendiri.

Jika Ibu mengkonsumsi vitamin C melebihi yang dianjurkan, sejumlah efek samping seperti mual, muntah, kram perut, mulas, sakit kepala dan efek samping lainnya akan terjadi. Bahkan risiko peningkatan batu ginjal akan semakin meningkat jika Ibu mengkonsumsi vitamin C lebih dari batas wajar.

Efek samping dan bahaya vitacimin jika dikonsumsi tidak sesuai anjuran dokter yaitu, Anda mengalami perut kembung, sakit perut, diare, mual, muntah, dan batu ginjal. Oleh karena itu, jika hal tersebut Anda rasakan, maka segera ke dokter untuk melakukan pemerikasaan tentang rasa   sakit yang di alami.

  1. Pahami Efek Yang Terjadi Apabila Kekurangan Vitacimin

Saat ibu menyusui adalah masa di mana seorang wanita perlu perjuangan ekstra untuk mengikuti asupan gizinya dan anak yang Anda susui. Wanita akan melewati proses pemulihan diri setelah hamil, juga pemenuhan nutrisi pada ASI. Vitamin C sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Bayi yang kekurangan asupan vitamin C dari Ibu akan mudah sakit, alergi, diare, sariawan dan sebagainya. Tambahan asupan vitamin C dari sayur, buah, atau suplemen merupakan cara yang dianjurkan dan perlu untuk Ibu konsumsi setiap hari. Tetapi, perlu diperhatikan dosis serta anjuran dokter dalam mengkonsumsi Vitacimin selama menyusui.

Cara Menyimpan Vitacimin untuk Ibu Menyusui

  1. Cara Penyimpanan Vitacimin

Simpan Vitacimin dalam ruangan dengan suhu di bawah 30 derajat Celcius, jangan menyimpan Vitacimin di tempat lembab atau terpapar sinar matahari langsung. Vitacini white dan nutriglow, konsumsilah dengan cara menelannya langsung dalam keadaan utuh tanpa dikunyah di mulut terlebih dahulu. Lain halnya dengan sweetlets, cara mengkonsumsinya adalah dengan dihisap atau dikunyah.

  1. Perhatikan Waktu Expire Data Vitacimin

Saat mengkonsumsi Vitacimin untuk Ibu Menyusui, Anda sangat dianjurkan mengiringinya dengan meminum air putih lebih banyak dari biasanya. Perhatikan dengan baik waktu expired date yang tertera di bungkus vitacimin, serta Anda harus tetap mengkonsultasikan kepada dokter Anda. Konsumsilah sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter atau apoteker.

tetap bijak dalam mengomsumi obat apapun termasuk vitacimin untuk ibu menyusui dan jika ragu ragu untuk mengomsumsi obat ini selalu konsultasikan kepada dokter pada bidangnya, semoga bermanfaat!