Beranda Wisata Telaga Bleder, Danau Alami yang Indah di Magelang

Telaga Bleder, Danau Alami yang Indah di Magelang

117
0

Telaga Bleder adalah sebuah danau alami yang berukuran tidak terlalu besar. Mungkin luasnya hanya beberapa hektar saja. Air telaga tersebut berasal dari mata air yang ada di sebelahnya.

Lokasi dan Rute Menuju Telaga Bleder
Telaga Bleder berlokasi di Dusun Bleder, Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Lokasinya bisa dibilang tidak strategis karena berada bukan di jalan utama yang biasa dilewati kendaraan umum. Tetapi untuk mencari tempat wisata ini tidaklah sulit.

Dari Yogyakarta ambil arah Magelang/Semarang. Setelah melewati Kota Magelang lurus terus ke arah Semarang sampai di pertigaan Secang. Dari Secang masih lurus sekitar 200-300 meter ada jalan aspal ke kanan (pertigaan Krincing). Ambil arah kanan dan lurus terus beberapa kilometer sampai di Pasar Grabag. Tepat depan pasar ini ada perempatan. Ambil arah lurus (timur) beberapa kilometer sampai ada lapangan Ngasinan. Ambil arah kiri dan lurus saja. Telaga Bleder ada di kanan jalan.

Namun apabila dari Semarang ambil arah Magelang/Yogyakarta. Sampai di pertigaan Krincing ambil arah kiri. Selanjutnya sama dengan rute sebelumnya. Jika menggunakan kendaraan umum, di terminal Magelang atau Secang naik bus jurusan Grabag. Dari Grabag dilanjutkan naik ojek motor sampai lokasi.

Suasana Telaga Bleder
Suasana ketika memasuki Telaga Bleder adalah sepi. Apalagi jika anda berkunjung ke sana selain hari libur. Tetapi suasana sepi ini sangat cocok jika anda menginginkan tempat untuk beristirahat dari kebisingan aktivitas sekari-hari.

Pemda tampaknya mulai serius membangun tempat ini. Tempat ini cukup tertata rapi. Beberapa bangunan juga tampaknya belum lama dibangun. Termasuk kolam renang mini untuk anak-anak. Tidak ada tambahan biaya untuk menggunakan kolam renang ini. Beberapa Gazebo juga tampak sebagai tempat bersantai dan memandang keindahan telaga. Menurut saya Telaga Bleder sangat cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga atau pasangan.

Secara umum telaga ini sangat asri. Banyak pohon-pohon yang membuat suasana teduh. Pemandangan yang tampak dari tempat ini juga indah. Gunung Andong di sisi timur terlihat sebagian karena tertutupi rimbunnya pohon bambu. Sebuah pondok pesantren dan beberapa rumah penduduk juga tampak di sisi timur.

Ada wahana bermain juga di tempat ini. Pengunjung dapat mengelilingi telaga menggunakan Speed Boat, Perahu Sampan, dan juga Becak Air dengan tarif yang murah.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Telaga Bleder
Fasilitas yang tersedia di Telaga Bleder antara lain kolam renang mini, gazebo, toilet, dan tempat parkir luas. Sebagaimana telah dibahas di atas, di sini juga terdapat beberapa wahana permainan air seperti speed boat, sampan, dan becak air.

Harga tiket masuk Telaga Bleder pada hari Minggu atau Libur adalah: Dewasa Rp. 7.000 dan Anak: Rp.6.000,-. Kalau selain hari libur sepertinya lebih murah. Untuk Tarif parkir, Mobil dikenakan biaya Rp. 5.000 sedangkan Motor Rp. 2.000.

Demikian uraian tentang salah satu destinasi wisata alam di Magelang. Sebaiknya jika anda berkunjung ke Telaga Bleder ini sebaiknya juga mempersiapkan destinasi wisata lainnya. Karena tidak butuh waktu lama untuk menikmati telaga ini. Satu jam saja di sini pasti sudah puas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini