Demi menjaga kesehatan tubuh, menerapkan pola hidup sehat sangatlah penting. Termasuk di dalamnya selektif dalam memilih jenis makanan serta minuman seperti susu skimmed atau murni yang dikonsumsi dengan mempertimbangkan kandungan serta manfaatnya.

Apa itu Susu Skimmed?

Mungkin sebagian besar masyarakat banyak yang belum tahu apa itu susu skimmed. Jadi dari segi tampilan sama seperti jenis lainnya. Namun perbedaannya terletak dari proses pembuatan, karena saat pengolahan sebagian besar air serta kandungan lemaknya dihilangkan. jadi bisa di simpulkan susu skim atau susu skimmed adalah susu yang memiliki rendah lemak dan kalori.

Adverstisment

Meskipun begitu kandungan nutrisi vitamin A, D, B2, B12, kalsium dan fosfor pada susu skimmed tidak berkurang sedikitpun bahkan sama seperti jenis lainnya. Namun bedanya terletak pada kadar asam lemak serta omega-3.

Dengan melihat kandungan nutrisi pada susu ini, banyak ahli yang melakukan penelitian untuk mengkaji kembali seberapa besar manfaat dan kekurangan dari minuman tersebut untuk kesehatan tubuh.

2 Susu Skimmed Terbaik

Greenfields Hi-Calcium Low Fat

Greenfields Hi Calcium Low Fat
foto : shopee.com

Susu ini salah salah satu susu skimmed terbaik dan cocok untuk anda yang sedang menjalani program diet karena susu ini berjenis UHT dan tidak membuat tubuh anda gemuk , Harga dari susu ini juga sangat terjangkau , Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000 , sudah bisa mendapatkan susu Greenfields Hi-Calcium Low Fat dengan berat 1000 ml

Ultra Milk Low Fat High Calcium

Ultra Milk Low Fat High Calcium
foto : klikindomaret.com

Susu Ultra Milk Low Fat High Calcium termasuk salah satu susu UHT dan sering sekali di rekomendasikan sebagai susu skimmed atau susu yang memiliki rendah lemak terbaik, susu ini di nilai aman untuk di konsumsi karena sudah melewati strelisasi melalui pemoresan UHT. Susu Ultra Milk Low Fat High Calcium beberapa kandungan yang bagus untuk tubuh seperti protein, vitamin, karbohidrat, dan mineral seperti fosfor serta magnesium, Harga Susu Ultra Milk Low Fat High Calcium adalah 17.500 untuk 1000 ml

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Susu Skimmed

Meskipun rasanya tidak terlalu manis dan gurih dibanding jenis susu lainnya. Faktanya, minuman yang rendah kalori serta lemak tersebut kaya akan nutrisi lain seperti seng, tiamina, kalium. Selain itu juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya seperti:

Membuat Kulit Menjadi lebih Sehat

Susu sangat bagus untuk dijadikan bahan perawatan kecantikan termasuk jenis skimmed yang rendah lemak. Pasalnya, minuman bernutrisi tersebut mengandung kadar protein, seng, riboflavin dan niasin tinggi.

Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan agar kesehatan kulit tetap terjaga. Susu skimmed juga bisa dijadikan sebagai pembersih wajah yang efektif untuk mengangkat kotoran karena produksi minyak berlebih dan sel-sel kulit mati.

Meredakan Sakit Kepala

Tahukah Anda jika susu rendah lemak dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan migrain? Faktanya, dalam 100 gram bubuk skimmed mengandung 1,05 riboflavin yang memiliki peranan penting dalam sistem saraf serta otak.

Kadar kandungan riboflavin yang tinggi bermanfaat meredakan sakit kepala bahkan menyembuhkan migrain. Penjelasan tersebut mengacu dari data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang menjelaskan secara rinci manfaat bubuk susu skimmed.

Mencegah Peradangan Sendi

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dari mengkonsumsi susu skimmed secara rutin yakni mencegah peradangan pada sendi. Penyakit osteoarthritis biasanya ditandai dengan gejala terasa kaku hingga bengkak dibagian persendian.

Perlu diketahui bahwa, peradangan sendi salah satunya dipicu karena penumpukan asam urat pada darah. dengan kandungan nutrisi dalam susu skimmed dapat menurunkan respons inflamasi yang menyebabkan kristal sehingga mencegah terjadinya osteoarthritis.

Mencegah Asam Lambung

Tidak hanya terbukti dapat mencegah peradangan pada sendi. Faktanya, dengan rajin mengkonsumsi susu skimmed yang rendah lemak tersebut juga bisa meredakan gejala penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease.

Maka dari itu, susu skimmed direkomendasikan bagi penderita asam lambung. Karena selain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, kandungan lemak yang rendah membuat minuman tersebut mudah dicerna tanpa memperburuk gejala GERD.

Mengurangi Kadar Asam Urat

Berdasarkan hasil sebuah studi menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi susu skimmed dicampur dengan ekstrak lemak G600 serta glycomacropeptide terbukti efektif dapat mengurangi serangan asam urat dan penyakit lainnya dipicu hal itu.

Bukan hanya itu saja, rajin mengkonsumsi susu skim dengan campuran bahan-bahan tersebut juga terbukti efektif dapat meringankan gejala yang timbul karena asam urat terlalu tinggi seperti rasa nyeri dan bengkak.

Mengontrol Berat Badan

Seperti diketahui susu skim memiliki kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan jenis lainnya. Dengan mengkonsumsi minuman bernutrisi tersebut selain dapat mencukupi asupan kebutuhan tubuh, namun juga sangat bagus untuk mengontrol berat badan.

Bahkan berdasarkan beberapa penelitian, susu skimmed dapat membantu menurunkan berat badan dan bagus dikonsumsi bagi orang yang menjalani program diet. Hal ini karena, kadar kalorinya rendah yakni kurang dari 0,5 persen namun kaya akan nutrisi lain seperti vitamin D dan protein.

Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama

Susu skimmed juga banyak dipilih untuk dikonsumsi sebagai sumber asupan nutrisi saat diet, selain kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Minuman kaya akan protein tersebut juga terbukti efektif memberikan efek kenyang lebih lama.

Berbekal protein tinggi yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama secara tidak langsung bisa membantu mengontrol nafsu makan. Agar kebutuhan nutrisi lainnya juga tercukupi, Anda dapat mengkombinasikan susu skimmed dengan sereal maupun buah-buahan.

Menjaga Kondisi dan Bentuk Otot

Ingin punya otot sehat dan berbentuk kekar?. Impian tersebut bisa terwujud dengan rajin mengkonsumsi susu skimmed. Pasalnya, minuman bernutrisi tersebut kaya akan protein serta kandungan sembilan asam amino.

Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa dalam segelas susu skimmed mengandung 8,5 gram protein dan asam amino. Kandungan nutrisi tersebut dapat mempercepat proses pembentukan otot dibandingkan jenis minuman lainnya.

Memperlancar Metabolisme dalam Tubuh

Kandungan vitamin yang tinggi pada susu skimmed dapat memperlancar metabolisme dan pembakaran lemak pada tubuh bisa berjalan semakin cepat. Dengan lancarnya proses tersebut berat badan juga lebih terkontrol.

Kandungan kalsiumnya yang tinggi tidak hanya bagus untuk tulang saja. Namun nutrisi tersebut juga memiliki peranan penting dalam mempercepat proses pembakaran lemak pada tubuh sehingga sistem metabolisme menjadi lebih lancar.

Mengontrol Asupan Kalori

Susu skimmed tidak hanya terkenal memiliki kadar lemak yang rendah. Minuman bernutrisi tersebut juga kandungan kalorinya juga tidak tinggi dibandingkan jenis lainnya. Pasalnya dalam satu gelas hanya terkandung 71 kal saja.

Jika Anda rajin mengkonsumsi susu skimmed, maka kadar kalori dalam tubuh juga semakin terkontrol. Dengan kebiasaan tersebut, berat badan juga lebih terkontrol jika diimbangi mengkonsumsi makanan sehat.

Mengurangi Kerontokan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, faktanya susu skimmed juga mempunyai dampak baik pada sistem integumen. Minuman bernutrisi tersebut ternyata memiliki peranan yang cukup efektif dalam mengurangi kerontokan pada rambut.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (TKPI), dalam setiap 100 gram susu skimmed mengandung 4,1 mg seng. Tingginya kandungan tersebut berperan cukup efektif dalam menurunkan resiko kerontokan rambut.

Demikianlah ulasan singkat seputar manfaat susu skimmed bagi tubuh. Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika memilih minuman bernutrisi yang baik untuk kesehatan.

Admin

Tagged in: