Harus BACA! 8+ Manfaat Susu Ensure untuk Lansia

28 Desember 2020
Harus BACA! 8+ Manfaat Susu Ensure untuk Lansia
14
Views

Manfaat susu ensure untuk lansia – Pada dasarnya kehidupan manusia akan melalui perubahan fase dari waktu ke waktu. Tubuh manusia akan mengalami penuaan yang ditandai dengan bertambahnya usia dan berubahnya fisik dan juga fungsi tubuh. Istilah yang digunakan pada sesorang yang berada pada fase usia lanjut dikenal dengan istilah lansia.

Lansia adalah fase turunnnya kemampuan fungsi akal dan juga fisik pada sesorang dan ditandai dengan menghilangnya kemampuan jaringan dalam proses perbaikan dirinya atau dalam mempertahankan fungsinya. Sementara usia yang digolongkan menjadi batas usia lansia adalah usia 45 tahun ke atas.

Adverstisment

Kesehatan lansia harus lebih memperoleh perhatian khusus karena dengan adanya penurunnya fungsi jaringan dan fungsi fisik tubuh maka secara alamiah tubuh manusia akan mengalami penurunan daya tahannya. Penurunan daya tahan tubuh ini akan menyebabkan tubuh lansia rentan terhadap infeksi dan ketidakteraturan metabolisme sehingga dapat menyebabkan datangnya penyakit degeneratif yang menyerang.

Beberapa gangguan pada tubuh lansia yang dapat dialami adalah berkurangnya jumlah sel, gangguan pada sistem persyarafan, gangguan pendengaran, gangguan pada sistem penglihatan, gangguan pada sistem kardiovaskular, gangguan pada temperatur tubuh, gangguan sistem pernafasan, gangguan pada sistem reproduksi dan gangguan – gangguan pada tubuh yang lainnya. Oleh sebab itu jika seseorang mulai memasuki usia lanjut (lansia) maka harus lebih fokus untuk menjaga stamina juga asupan vitaminnya.

Tidak hanya itu, seorang lansia harus menjaga makanan dengan gizi seimbang, memeriksakan kesehatan secara rutin, menjaga keadaan lingkungan agar tetap bersih dan juga harus bersosialisasi dengan orang – orang pada semua golongan usia. Terdapat banyak asupan vitamin untuk lansia dalam rangka menjaga agar tubuh lansia tetap berada pada keadaan yang normal.

Asupan vitamin untuk lansia yang diperlukan antara lain adalah kalsium, vitamin D, probiotik, vitamin B12, omega -3 dan protein. Kompleksnya kebutuhan vitamin untuk lansia tersebut dapat diperoleh secara praktis dalam kemasan khusus yaitu produk susu. Saat ini terdapat banyak macam produk susu untuk lansia namun ada satu produk susu lansia yang rekomendasi untuk anda yaitu susu ensure untuk lansia.

Apa saja manfaat susu ensure untuk lansia?

Terdapat banyak merek susu yang dikhususkan untuk dikonsumsi para lansia. Namun terdapat satu merek susu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh lansia yaitu susu ensure. Susu ensure ini digunakan oleh para lansia guna memenuhi kebutuhan nutrisinya. Terdapat banyak formulasi nutrisi yang sangat bermanfaat diantara lain yaitu kandungan kalsium yang berfungsi dalam peran mempertahankan dan membentuk kepadatan tulang, kandungan protein untuk perbaikan jaringan tubuh, mikronutrisi yaitu 12 macam vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C dan 7 jenis mineral lainnya serta juga terdapat kandungan karbohidrat dan lemak.

Penggunaan susu ensure sering digunakan bagi lansia dengan tujuan untuk menambah nutrisi pada penderita gizi buruk atau terhadap orang yang memiliki resiko mengalami gizi buruk, sehingga lansia dapat mempertahankan berat badannya secara normal. Berikut manfaat susu ensure untuk lansia :

  1. Memelihara imunitas tubuh

Kandungan yang terdapat di dalam susu ensure ini adalah senyawa anti – oksidan dan anti inflamasi yang sangat tinggi sehingga dapat bermanfaat dalam proses regenerasi jaringan sel tubuh dan memelihara imunitas. Selain itu kandungan yang menunjang pada pemeliharaan daya tahan tubuh adalah adanya kandungan vitamin C dan vitamin E.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Formulasi di dalam susu ensure ini yaitu terdapat banyak mengandung kalsium sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium, fosfor, zat besi dan juga magnesium memberikan efek untuk anti  radang pada bagian persendian – persendian tulang.

  1. Zat besi dalam jumlah yang sangat besar

Kandungan zat besi yang sangat besar di dalam susu ensure ini dapat bermanfaat langsung terhadap pemeliharaan sistem reproduksi dan produktifitas sel – sel darah merah. Sehingga hal ini dapat mengurangi gejala anemia.

  1. Memelihara sistem pencernaan

Kombinasi nutrisi –nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti zat besi, protein, vitamin C dan riboflavin terbukti sangat baik untuk kesterilan dan juga kesehatan organ – organ pada sistem pencernaan yang dimulai dari usus kecil, usus besar, lambung dan juga pada saluran uretra dan feses.

  1. Menyehatkan jantung

Organ jantung harus dilindungi dengan baik. Susu ensure untuk lansia adalah solusi baik karena adanya kandungan kalium dan potassium yang baik untuk kesehatan organ tubuh.

  1. Menjaga massa otot

Seiring bertambahnya usia maka massa otot akan mengalami penurunan yang dapat berpengaruh pada metabolisme tubuh. Maka dari itu untuk mengimbangi penurunan massa otot tersebut perlu mengkonsumsi susu ensure untuk tetap menjaga massa otot agar lansia dapat beraktivitas seperti biasanya.

  1. Mengurangi resiko alzheimer

Alzheimer atau disebut juga pikun adalah penyakit yang sering kali dialami oleh lansia. Hal ini disebabkan karena ada beberapa sel otak yang tidak lagi berfungsi. Asupan yang dibutuhkan lansia untuk mengurangi resiko alzheimer ini adalah antioksidan yang tinggi.

  1. Mengenyangkan

Kandungan karbohidrat dan zat besi juga protein ini dapat memberikan efek kenyang dan menghambat rasa lapar, hal ini baik bagi lansia yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Bagaimana Cara Penggunaan Susu Ensure Untuk Lansia ?

Sementara untuk penggunannya, lansia seharusnya melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu apalagi jika lansia yang akan mengkonsumsi susu ini memiliki masalah intoleransi laktosa. Cara penyajian susu ini juga harus diperhatikan agar dosis yang digunakan dapat optimal. Dosis untuk orang dewasa jika menggunakan susu bubuk ensure adalah meminum 1 – 3 gelas sehari bergantung terhadap kebutuhan masing – masing kebutuhan gizi pasien.

Jika susu yang akan dikonsumsi adalah susu cair ensure maka dapat mengkonsumsi 1 – 2 botol sehari tergandung pada kebutuhan masing – masing gizi pasien. Mengkonsumsi susu ensure dapat dilakukan pada dua waktu yaitu 20 menit setelah makan dan 20 menit sebelum tidur agar khasiat dan manfaatnya dapat dirasakan sepenuhnya.

Saran penyajiannya adalah dengan menyiapkan air hangat sebanyak 200 ml dan melarutkan sebanyak 6 sendok ensure fos. Bagi lansia yang ingin menambah cita rasa dapat menambahkan sirup cokelat atau sirup strawberry sebanyak 3 sendok makan.Penyimpanan susu ini juga harus diperhatikan, yaitu harus disimpan pada suhu ruangan, dijauhkan dari paparan sinar atau cahaya dan jangan menyimpannya di dalam kulkas.

Susu ensure untuk lansia sejauh ini tidak menimbulkan efek samping namun ada kemungkinan munculnya efek samping jika lansia yang mengkonsumsinya memiliki riwayat alergi terhadap susu, intoleransi laktosa ataupun galaktosemia. Kemungkinan efek samping yang akan timbul setelah minum susu ensure ini adalah timbulnya rasa mual dan muntah, lansia akan mengalami diare, kram perut, perut kembung, penurunan berat badan, mudah sekali rewel, menguningnya mata dan kulit dan juga dapat mengalami kejang.

Article Tags:
Article Categories:
Lansia · Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *