Segudang Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan
Segudang Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Diposting pada

Manfaat Kunyit Hitam-Mendengar rempah-rempah dapur satu ini pasti sudah sering di telinga masyarakat terutama ibu rumah tangga. Namun kebanyakan hanya kunyit berwarna kuning oranye yang digunakan untuk bahan memasak. Padahal terdapat segudang manfaat kunyit hitam bahkan jarang diketahui oleh orang lain. oleh karena itu sebelum kita manfaat dari kunyi hitam , yuk kenal lebih dulu apa sih kunyit hitam itu?

Mengenal Kunyit Hitam

Sebagian orang mungkin baru mendengar atau mengetahui tanaman kulit hitam ini. Berasal dari Negara India yang ternyata tidak kalah populer dari kunyit oranye, karena memiliki segudang manfaat terutama di bidang kesehatan. Apalagi dipercaya mengandung antioksidan sangat tinggi.

Cara pengolahannya beragam, namun dapat pula dikonsumsi seperti cara mengambil manfaat dari kunyit oranye. Paling sering diolah melalui rebusan kemudian disaring airnya lalu diminum. Solusi lainnya Anda juga dapat mengonsumsinya dengan menjadikan bubuk ditaburkan ke makanan atau minuman.

Tetapi konon saat mengonsumsinya tidak bisa sembarangan. Anda harus menggunakan takaran sesuai yaitu maksimal 500 miligram dalam satu hari. Jika diminum atau dimakan melebihi dosis, maka dapat menimbulkan efek samping mulai paling ringan seperti alergi hingga terberat yaitu gangguan empedu.

Beberapa Manfaat Kunyit Hitam

Khasiat kunyit hitam
Khasiat kunyit hitam

Sebagai salah satu jenis kunyit yang paling sulit dijumpai di Indonesia ini bukan karena kualitasnya buruk. Namun sebaliknya, terbukti menyimpan segudang manfaat utamanya di bidang kesehatan, tetapi jumlahnya sangat langka. Lantas apa saja manfaatnya?

  1. Mencegah Kanker

Anda pasti sudah sering mendengar penyakit pertama ini. Konon hingga kini, banyak penderita yang sulit sembuh. Hal ini bukan karena tidak adanya obat, namun kemampuannya menghancurkan sistem pertahanan tubuh sangat ampuh. Bahkan pengobatan rumah sakit saja belum tentu menjamin mengatasi.

Kunyit hitam dipercaya mampu menangkal kemungkinan terjangkit kanker. Sudah terbukti banyak digunakan sebagai peningkat kekebalan tubuh. Paling penting adalah kandungan antioksidan tinggi di dalamnya sehingga memiliki sifat anti peradangan tubuh dan mencegah penyakit-penyakit berbahaya.

  1. Mengatasi Kulit Gatal
Baca Juga :   Ada yang Dijual di Apotik! Rekomendasi 11 Obat gemuk Badan Anak sampai Dewasa Terbaik!

Meski terlihat sepele, hanya masalah kulit biasa. Banyak orang yang meremehkan penyakit gatal lantaran dianggap tidak terlalu serius. Seringkali cara penanganannya pun asal-asalan yaitu hanya dibersihkan menggunakan sabun mandi bahkan tidak jarang malah digaruk menggunakan kuku.

Jika Anda mengalaminya, sebaiknya diobati menggunakan tanaman kunyit hitam. Hal ini diperlukan agar tidak menimbulkan infeksi lebih jauh. Sebab di dalamnya mengandung anti peradangan tinggi sehingga ampuh untuk menetralkan kulit gatal menjadi normal seperti semula dan membunuh kuman-kuman.

  1. Pencegah Jantung Koroner

Sebagai salah satu organ tubuh terpenting, jantung memang harus dijaga kesehatannya. Sebab ketika terserang suatu penyakit, maka bisa menimbulkan gangguan lainnya. Tidak jarang yang penderitanya berujung kematian bila tidak segera ditangani dengan tepat. Kunyit hitam dipercaya khasiatnya ampuh.

Tidak hanya untuk mencegah terserang penyakit jantung koroner, bagi penderita pun bisa disembuhkan. Paling banyak dikonsumsi menggunakan pil ekstrak terbuat dari kunyit hitam murni. Anda bisa meminumnya bersama air secara teratur setiap hari, efeknya akan memberikan kemampuan pertahanan tubuh.

  1. Solusi Asam Lambung

Sering dijuluki sebagai penyakit sejuta umat. Lantaran bukan karena sangat bahaya, justru sebaliknya berasal dari kebiasaan buruk sederhana yang terus berulang. Namun jika dibiarkan terus-menerus akan menimbulkan efek samping kronis, tidak jarang berujung kematian setelah semakin parah.

Salah satu manfaat kunyit hitam mampu mengobati penyakit asam lambung, mulai dari kategori ringan, hingga kronis. Caranya beragam Anda dapat merebus dan mengambil airnya saja kemudian diminum selagi hangat. Mengonsumsi secara rutin dapat menekan asam lambung untuk tetap berada di batas normal.

  1. Sembuhkan Osteoarthritis

Kunyit hitam telah banyak dikenal karena dipercaya mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beragam penyakit. Tidak hanya berhenti di situ, ternyata memiliki ibuprofen di dalamnya yang mampu meredakan rasa sakit dan nyeri yang ada di Osteoarthritis.

Baca Juga :   7 Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam Secara Alami dan Medis

Hal ini diperlukan bagi Anda penderita Osteoarthritis. Sebab semua persendian hampir terasa ngilu meski tidak digerakkan. Mengonsumsi kunyit hitam dapat meredakannya sehingga tidak lagi merasakan ngilu. Pengguna juga akan merasakan khasiat seperti tulang yang lebih fleksibel dan tidak kaku.

  1. Atasi Kanker Usus Besar

Sebagai salah satu organ pencernaan yang penting karena dua saluran paling akhir memerlukan bantuan kunyit hitam. Dalam kunyit hitam ternyata juga mengandung zat kurkumin untuk mengurangi angiogenesis seperti pertumbuhan pembuluh darah baru, hingga penyebaran kanker usus besar.

Jika Anda mengonsumsi kunyit hitam secara rutin, akan merasakan manfaatnya jangka panjang. Selain dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, namun juga lama-lama mematikan penyebarannya kemudian berangsur sembuh. Penelitian membuktikan 4 gram saja selama 30 hari mampu mematikan 40% kanker di usus besar.

  1. Hilangkan Alzheimer

Penyakit berikutnya meski sedikit asing, namun keganasannya telah banyak diketahui orang. Berawal dari paling sederhana yaitu pikun atau sifat pelupa. Bila dibiarkan terus-menerus akan menimbulkan sesuatu yang lebih serius, Anda membutuhkan bantuan tanaman kunyit hitam untuk mengatasinya.

Caranya konsumsi rutin setiap hari dengan takaran yang sama (maksimal hanya 500 miligram). Anda boleh mengambil airnya untuk diminum atau menghaluskannya sampai berbentuk bubuk baru kemudian dicampurkan dalam masakan. Perlahan, ingatan akan terus terjaga sehingga tidak mudah lupa.

  1. Hilangkan Migrain

Penyakit paling sering dialami oleh banyak orang. disebabkan karena peristiwa sepele, yaitu terlalu banyak memforsir otak dalam berpikir. Tidak heran bila saat kepala sudah tidak mampu, maka sakit di setengah bagian melanda. Bila dibiarkan secara terus-menerus akan semakin parah.

Cara mengobatinya lebih efektif menggunakan kunyit hitam. Hal ini karena memanfaatkan tanaman alami sehingga tidak perlu takut akan berefek samping tertentu seperti penyakit batu ginjal dan lainnya. Bahkan meski tidak mengonsumsi secara langsung hanya perlu memarut dan membalurkannya di bagian dahi terbukti ampuh.

  1. Menambah Nafsu Makan
Baca Juga :   Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Pencegahannya

Berat badan ideal memang menjadi impian semua orang. Bukan hanya untuk membentuk tubuh yang indah namun juga mempertimbangkan dari segi kesehatan. Tetapi bagi tubuh kurus memang sangat sulit meningkatkannya hal ini karena masalah nafsu makan rendah sehingga malas makan.

Anda bisa mencoba ramuan yang terbuat dari kunyit hitam. Terbukti ampuh untuk menaikkan nafsu makan secara alami tanpa efek samping sebab terbuat dari bahan alami. Cara mengonsumsinya pun mudah, pengguna bisa langsung merebus dan mengambil airnya untuk diminum rutin setelah makan.

  1. Mengobati Batuk

Batuk memang terdengar sederhana bahkan banyak orang mengabaikannya. Padahal penyebabnya beragam, mulai dari sekedar pengaruh angin, debu, hingga virus yang berbahaya. Jika Anda mengalaminya dalam jangka waktu lama dan sudah menjalani pengobatan tetapi belum sembuh, kunyit hitam solusinya.

Saatnya Anda beralih menggunakan bahan alami. Manfaatkan tanaman kunyit hitam yang bisa dolah sendiri kemudian diambil khasiatnya untuk meredakan dan menyembuhkan batuk secara total. Konsumsi melalui air rebusan dari kunyit hitam yang digeprek. Minum selagi hangat setiap akan tidur malam.

Kesimpulan Manfaat Kunyit Hitam

Ada banyak manfaat kunyit hitam yang jarang diketahui orang. Meski ternyata keberadaannya sulit ditemukan, juga harganya lebih mahal namun sebanding dengan segudang khasiat di dalamnya. Anda dapat membeli ramuan sudah jadi berbentuk kapsul atau memrosesnya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *