15+ Manfaat Sari Kurma Sahara - VELINA.INFO      
Ragam Manfaat Sari Kurma Sahara

15+ Manfaat Sari Kurma Sahara

Manfaat sari kurma sahara-Kurma adalah buah dari pohon kurma, yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia. Buah kenyal dengan rasa manis ini sudah ada sejak ribuan tahun silam dan menjadi sangat populer di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Sedangkan sari kurma adalah cairan yang dihasilkan dari pemerasan atau penghancuran buah kurma segar.

15 Manfaat Sari Kurma Sahara

Sari kurma memiliki konsistensi yang kental, biasanya berwarna coklat tua hampir hitam, rasanya sangat manis, serta mengandung berbagai vitamin dan mineral penting persis seperti buah kurma. Salah satu merk sari kurma paling populer di Tanah Air adalah sari kurma Sahara. Selain lezat dan produknya mudah didapat, manfaat sari kurma Sahara juga ada banyak lho. Sari kurma Sahara dibuat dengan bahan 100% kurma, yang membuatnya memiliki manfaat sama seperti ketika Anda memakan buah kurma, yaitu:

1. Membantu Meningkatkan Hemoglobin dan Trombosit

Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Politeknik Kesehatan Surakarta, diketahui bahwa Sari kurma Sahara dapat digunakan sebagai suplemen penambah darah bagi penderita anemia. Hal ini karena buah kurma mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Meskipun tidak membantu secara signifikan, tapi khasiat ini cukup bisa dirasakan.

Dalam penelitian lain yang dilakukan kepada pasien demam berdarah, didapatkan hasil bahwa sari buah kurma dapat membantu meningkatkan trombosit sebesar 8,09 persen per hari. Hal ini pernah disampaikan dalam acara Seminar Nasional Keperawatan pada 2016 silam.

2. Menyehatkan Pencernaan

Kurma adalah salah satu buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi, yang bisa mencapai 7 gram per 100 gram buah kurma. Itu sebabnya, sari buah kurma banyak direkomendasikan para ahli kesehatan untuk orang-orang yang bermasalah dengan sistem pencernaan.

3. Mencegah Diabetes

Tak hanya menyehatkan pencernaan, serat dalam kurma sahara  juga terbukti mampu mengontrol kadar gula dalam darah agar tidak naik terlalu tinggi. Indeks glikemik pada buah kurma memang cukup rendah, sehingga cocok untuk dijadikan pemanis pengganti gula pasir.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

selain mencegah diabetes manfaat sari kurma sahara yang adalah meningkatkan kesehatan pada tulang karena sari ini kaya akan tembaga, magnesium, selenium, dan mangan. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah kondisi terkait tulang (seperti osteoporosis).
Kurma juga kaya vitamin K, yang merupakan nutrisi pembekuan darah dan membantu metabolisme tulang. Penelitian lain menunjukkan bahwa kurma juga mengandung boron, yaitu salah satu nutrisi lain yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga :   8 Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat Paling Ampuh

5. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Buah kurma telah terbukti mampu memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan di otak. Dan mengkonsumsi kurma/sari kurma sahara secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif dan memicu kinerja kognitif yang lebih baik.

Studi lain menyebutkan bahwa manfaat sari kurma Sahara adalah memperlambat perkembangan alzheimer dan demensia. Mengkonsumsinya dalam jangka panjang bahkan dapat membantu mencegah peradangan di otak.

6. Dapat Mengobati Diare

Diare bisa menjadi lebih baik atau semakin burung tergantung pada pilihan makanan yang Anda konsumsi. Dan salah satu produk yang dapat memperbaiki kondisi diare adalah sari buah kurma sahara. Hal ini karena kurma kaya akan kalium dan memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan mikroba penyebab diare.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi. Menurut medis, wanita hamil butuh sekitar 300 kalori lebih banyak dari pada wanita yang tidak hamil.
Namun, kebanyakan wanita hamil cenderung memilih makanan berkalori tinggi yang rendah nutrisi, yang bisa menyebabkan masalah jangka panjang. Di sinilah sari kurma berperan. Meskipun sedikit tinggi kalori, tapi sari kurma sahara sangat padat nutrisi.

Mengkonsumsinya secara teratur saat masa kehamilan bahkan dapat mencegah wasir kehamilan. Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa kurma juga dapat memperkuat otot-otot rahim pada bulan-bulan terakhir kehamilan, sehingga disarankan untuk rajin mengkonsumsinya dalam empat minggu terakhir sebelum persalinan.
Dalam satu studi, 69 wanita hamil yang mengkonsumsi enam buah kurma per hari selama empat minggu sebelum tanggal kelahiran menunjukkan hasil bahwa 20% wanita hamil tersebut dapat melahirkan secara alami, dan dengan waktu persalinan yang jauh lebih sedikit.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sari buah kurma sahara mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas serta mencegah penyakit kardiovaskular dan aterosklerosis. Antioksidan ini juga dapat merangsang penghapusan kolesterol dari sel-sel arteri. Dan sesuai penelitian yang ada, mengkonsumsinya secara teratur dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Sari kurma sahara mengandung vitamin C dan D, yang terbukti dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit serta membantu mengatasi masalah kulit lainnya seperti gatal atau ruam.
Buah kurma telah terbukti dapat mencegah akumulasi melanin dalam tubuh, ekstrak kernel pada buah atau sari kurma juga diketahui memiliki phytohormon yang menunjukkan efek anti-penuaan yang signifikan, seperti membantu mengatasi kerutan.

Baca Juga :   +GAMBAR! Ini Macam-macam Produk Nourish Skin dan Manfaatnya!

10. Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Mengkonsumsi buah atau sari kurma sahara secara teratur telah terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus, yang juga dapat meningkatkan kesehatan usus besar.

11. Meningkatkan Level Energi

Manfaat Sari kurma sahara selanjutnya adalah meningkatkan level energi karena kurma sendiri mengandung banyak nutrisi, bersama dengan kandungan gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang dapat meningkatkan level energi dalam waktu singkat. Inilah alasan mengapa buah kurma disarankan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa.

12. Mengatur Tekanan Darah

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tubuh yang kekurangan kalium dapat memicu batu ginjal. Dan kurma adalah salah satu buah yang kaya akan kalium, yaitu sekitar 167 mg kalium. Kandungan ini relatif tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lain. Kalium sendiri adalah mineral yang membantu mengelola hipertensi.
Kalium dan serat pada sari buah kurma sahara dapat menstabilkan kadar gula darah, yang juga mengimbangi efek natrium dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Magnesium dalam buah kurma juga dapat melemaskan otot-otot jantung dan pembuluh darah. Hasil akhirnya adalah mengurangi tekanan darah.

13. Mencegah Kanker Kolorektal

Beberapa penelitian menyatakan bahwa buah kurma menunjukkan aktivitas antitumor. Berarti, mengkonsumsinya secara rutin bisa membantu memperlambat penyebaran dan perkembangan sel kanker kolorektal. Namun, mekanisme pasti untuk manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

14. Menghilangkan Gejala Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah peradangan pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Inflammatory Research mengungkapkan bahwa buah sari kurma memiliki efek positif pada penderita alergi ini. Hal ini karena imunoterapi kurma lumayan efektif untuk mengurangi beberapa tanda peradangan.

15. Menambah Berat Badan

manfaat sari kurma sahara yang tak kalah penting adalah mampu menambah berat badan, Bagi Anda yang mencari produk penambah berat badan, sari kurma Sahara adalah solusi ideal. Seperti yang telah disebutkan, sari kurma kaya akan gula dan karbohidrat lainnya, yang dapat membantu Anda menambah berat badan dengan mudah.

Kurma adalah buah sangat sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Dan sari kurma adalah alternatif ideal yang paling mudah dicari. Banyaknya manfaat sari kurma Sahara seperti yang sudah disebutkan di atas membuat produk ini banyak direkomendasikan di dunia kesehatan dan nutrisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *