5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Dan Ngilu Di Apotik - VELINA.INFO      
5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik

5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik

 

Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik-Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting. Apabila terjadi kerusakan, seperti berlubang dan ngilu maka akan menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, Anda harus membeli obat sakit gigi berlubang dan ngilu melalui apotik terdekat.

Penyebab Gigi Berlubang dan Ngilu

Gigi berlubang dan ngilu menyebabkan rasa sakit dan sangat tidak nyaman. Terlebih jika Anda sedang menggosok gigi atau makan makanan tertentu. Agar mengetahui penanganan secara tepat, maka simak terlebih dahulu penyebab masalah kesehatan tersebut berikut ini:

  1. Sensitif

Masalah pertama yang menjadi penyebab gigi terasa ngilu adalah sensitif. Ini adalah akibat paling umum serta sering terjadi pada kebanyakan orang. Kondisi tersebut memiliki tanda berupa penipisan lapisan pelindung atau enamel gigi.

Karena kondisi tersebut, maka bagian dentin gigi yang terdapat banyak saraf mudah merasakan rangsangan tertentu. Hal itu kemudian menyebabkan gigi terasa ngilu seperti jika Anda sedang makan atau minum jenis panganan dingin.

  1. Retak

Penyebab gigi ngilu berikutnya adalah adanya keretakan. Ini bisa terjadi karena Anda sering mengkonsumsi makanan keras sehingga terjadi benturan atau pukulan yang bisa mengakibatkan gigi menjadi retak.

Keretakan tulang yang menyebabkan rasa ngilu yang amat sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Apabila sudah retak, maka jika terdapat gangguan dari luar akan semakin rentan mengalami kambuh sakitnya. Hal ini bisa lebih parah dengan bertambahnya usia.

  1. Gangguan Pada Gusi

Masalah yang terjadi pada gusi juga bisa menyebabkan gigi terasa ngilu. Hal ini biasanya karena Anda memiliki kebiasaan kurang baik dan tepat dalam merawat kesehatan gigi, seperti menggosoknya terlalu keras, adanya penumpukan karang, merokok dan aktivitas tidak sehat lainnya.

Ketika ada gangguan pada gusi seperti ini, maka Anda akan merasakan rasa ngilu. Selain itu, biasanya juga muncul tanda-tanda lainnya, yaitu gusi berdarah, mengeluarkan nanah, begkak dan masih banyak lainnya yang pasti sangat mengganggu.

  1. Tidak Memakai Pasta Gigi dengan Fluoride

Penyebab berikutnya adalah akibat dari gigi berlubang. Tidak menggunakan pasta gigi berfluoride akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Hal ini karena fluoride memiliki kandungan senyawa yang mampu merawat dan mencegah masalah tersebut.

Fluoride punya peranan sangat penting untuk gigi, seperti menjaga email sehingga tidak rapuh. Selain itu, zat tersebut juga memiliki manfaat lain, yaitu membunuh bakteri penyebab plak, dan mengurangi tingkat kelarutan asam email. Oleh karena itu, pastikan pasta gigi Anda mengandung mineral alami ini.

  1. Jarang Membersihkan Gigi

Penyebab masalah gigi yang paling umum adalah berawal dari kebiasaan kurang baik dalam merawatnya. Salah satunya adalah jarang membersihkannya. Ini terjadi biasanya sejak masih kecil yang mana aktivitas menggosok gigi tidak menjadi disiplin.

Akibat dari jarang membersihkan gigi adalah gigi menjadi berlubang. Dengan begitu, maka risiko terjadinya sakit, nyeri bahkan ngilu akan semakin besar. Kalau sudah seperti ini, maka merugikan diri sendiri pada masa mendatang. Dengan begitu, gosok dan bersihkan secara teratur.

5 Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik

Mengalami masalah kesehatan gigi akibat berlubang maupun ngilu sama-sama membuat rasa tidak nyaman. Untuk menghilangkan sakitnya, maka Anda bisa mengonsumsi obat-obatan yang tersedia pada apotik terdekat. Apa saja itu? Simak daftar obat ampuh untuk meredakan sakit gigi berikut ini:

  1. Ponstan

Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik yang pertama adalah Ponstan, obat Ini merupakan obat sakit gigi paling populer di kalangan masyarakat. Rasa nyeri saat mengalami gigi berlubang maupun ngilu bisa teratasi dengan minum ponstan tablet ini. Pada Ponstan terdapat kandungan asam mefenamat yang ampuh meredakan sakitnya.

Anda bisa menemukan ponstan di apotik terdekat. Namun, perlu menjadi pengingat bahwa obat ini tidak menyembuhkan secara keseluruhan, tapi hanya sementara. Dengan begitu, jaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok dan membersihkannya.

  1. Antalgin

Selanjutnya ada Antalgin yang juga sudah akrab dengan masyarakat Indonesia. Obat ini mudah sekali menemukannya pada apotik bahkan warung-warung kecil sekitar pedesaan. Harganya juga sangat terjangkau yaitu Rp. 500 per tabletnya.

Antalgin mampu meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang maupun ngilu dalam sekejap. Hal ini karena obat ini merupakan jenis analgetik yang bisa menghilangkan peradangan. Gunakan sesuai dengan takaran dan aturan agar tidak menimbulkan efek samping berlebihan.

  1. Dentasol Obat Kumur

Dentasol merupakan jenis obat sakit gigi yang berbentuk cairan untuk berkumur. Ini bisa menjadi cara lain jika meminum tablet belum juga meredakan rasa sakit. Terdapat pilihan ukuran botol, seperti 10 ml dengan harga Rp. 9.000.

Kandungan zat anestesi topikal serta antiseptik yang ada pada Dentasol mampu membantu mengurangi rasa sakit gigi berlubang. Dengan begitu bakteri dan jamur pada gigi bisa hilang. Namun, jika masih mengalami rasa sakit, sebaiknya segera datang ke dokter.

  1. Zentri

Obat sakit gigi ampuh berikutnya adalah Zentri. Ini merupakan jenis obat tetes yang sangat aman dan mudah menggunakannya. Anda hanya perlu meneteskan pada bagian gigi berlubang maupun ngilu. Tunggu beberapa saat dan hasilnya akan bisa terasa.

Bahan eugenol pada obat tetes Zentri mampu membunuh bakteri atau kuman yang menjadi penyebab gigi terasa nyeri dan sakit. Jenis ini sangat aman untuk ibu hamil karena mempunyai kandungan alami berupa virgin clove bud oil sehingga tidak akan mengganggu kesehatan janin.

  1. Kalium Diclofenac

Kalium Diclofenac merupakan obat  sakit gigi berlubang dan ngilu di Apotik yang terakhir. obat ini memiliki bentuk tablet dan memiliki harga sangat terjangkau, yaitu Rp. 1.000. Selain itu, obat ini juga mampu meredakan nyeri ringan dan berat pada gusi.

Namun, Anda perlu mewaspadainya karena Kalium Diclofenac masuk ke dalam jenis obat keras yang tidak bisa dikonsumsi secara terus menerus. Oleh karena itu, minum sesuai dengan aturan. Jangan gunakan pada penderita asma, lambung, dan gangguan jantung.

Gigi merupakan komponen penting yang ada pada tubuh manusia. Oleh karena itu, Anda harus mampu merawatnya, seperti menggosok secara benar dan teratur. Apabila hal tersebut tidak melakukannya, maka akan terjadi sakit. Jika sudah begini segera beli obat sakit gigi berlubang dan ngilu melalui apotik. nah jadi itu 5 obat sakit gigi berlubang dan ngilu di Apotik beserta penyebabnya , semoga bisa mengatasi masalah anda , terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *