Memasuki usia ke satu tahun, sudah saatnya si kecil diperkenalkan dengan berbagai macam jenis makanan bertekstur berbeda. Tujuannya yaitu agar mereka lebih suka saat mengkomsumsi. Nah, oleh karena itu ketahui beberapa menu makan anak 1 tahun agar tidak bosan yang bisa Anda coba.

Beberapa Pilihan Menu Makan Anak 1 Tahun agar Tidak Bosan

Bingung harus memberikan menu makanan kepada buah hati yang sudah menginjak usia 1 tahun? Anda tak perlu khawatir, ada banyak berbagai macam menu makanan yang bisa coba untuk dibuat. Tentu saja si kecil akan menyukainya dan tidak akan mudah bosan dengan menu yang baru ini.

Adverstisment

Menu Buah Pisang

Pisang(foto : Grid.id)

Pisang(foto : Grid.id)

Salah satu pilihan menu baru yang bisa Anda coba buat ialah, dengan menggunakan bahan dasar buah pisang. Perlu diketahui, bahwa buah ini kaya akan karbohidrat tinggi yang berguna untuk menambah energi berkelanjutan bagi sebuah hati.

Di samping itu, buah pisang merupakan salah satu jenis makanan untuk bayi yang sangat simpel atau sederhana. Namun perlu diketahui bahwa, saat akan menyajikannya pastikan pisang sudah matang lalu dihaluskan.

Menu Buah Alpukat

Alpukat(foto : Mpasi.org)

Alpukat(foto : Mpasi.org)

Tidak hanya buah pisang saja, alpukat pun bisa menjadi salah satu hidangan baru yang enak untuk buah hati yang telah menginjak usia ke 1 tahun. Perlu Anda ketahui bahwa dengan memberikan buah ini kepada si kecil, maka mereka akan memenuhi kandungan protein yang cukup tinggi.

Bahkan buah alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang merupakan suatu hal baik untuk dapat membantu pencegahan penyakit jantung. Jadi, sebelum dihidangkan kepada si kecil pastikan buah alpukatnya telah matang. Cuci bagian luar buah lalu lepas kulitnya dan tumbuh hingga halus.

Menu Kentang Manis

Kentang Manis(foto : arla.co.id)

Kentang Manis(foto : arla.co.id)

Masa percobaan makanan baru untuk si kecil yang telah menginjak usia 1 tahun memang dibutuhkan, apalagi supaya mereka tak mudah bosan karena selalu diberi makanan tetap sejak masih bayi. Nah, Anda bisa mengubah menu makanan dengan kentang manis ini.

Kentang manis dikenal kaya akan vitamin C, kalsium, serat dan bahkan ada beta karoten yang merupakan antioksidan. Yaitu sangat baik untuk dapat mencegah penyakit kanker tertentu serta bisa membersihkan radikal bebas. Jadi, sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang sehat si kecil.

Menu Berbahan Dasar Yogurt

Yogurt(foto : Yoyic.id)

Yogurt(foto : Yoyic.id)

Dalam masa pertumbuhannya, si kecil pastilah membutuhkan banyak asupan vitamin. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan mereka yogurt yang kaya akan kalsium, protein dan juga fosfor. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan serta kekuatan tulang dan giginya.

Tidak hanya itu saja, untuk usia si kecil yang telah menginjak 1 tahun yogurt sangat bermanfaat karena memiliki kandungan probiotik / sejenis bakteri baik yang bagus untuk pencernaannya. Pilihlah yogurt yang terdapat di dalam susu murni. Hindari yang mempunyai aroma tinggi gula.

Menu Berbahan Dasar Keju

Keju( foto : theasiaparent)

Keju( foto : theasiaparent)

Keju merupakan salah satu makanan untuk si kecil berusia 1 tahun yang patut untuk Anda berikan. Itu karena keju memiliki kandungan vitamin yang begitu banyak seperti halnya protein, kalsium bahkan dosis riboflavin atau vitamin B2 pun juga ada yang dikenal bisa membantu mengubah lemak, protein serta karbohidrat menjadi energi.

Salah satu jenis keju yang direkomendasikan untuk Anda berikan kepada si kecil di usianya yang ke 1 tahun ialah keju swiss. Rasanya yang sedikit manis pasti akan mudah disukai mereka. Sebelum disajikan, potong kecil-kecil terlebih dahulu agar saat dikonsumsi bayi tak mudah tersedak.

Menu Dengan Bahan Dasar Telur

Beragam Menu Makan Anak 1 Tahun agar Tidak Bosan

Beragam Menu Makan Anak 1 Tahun agar Tidak Bosan

Telur terkadang menjadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan masakan yang menciptakan rasa enak dan lezat. Nah, dalam makanan untuk si kecil, Anda bisa menambahkannya telur sebagai hidangan utamanya. Bahkan ada banyak vitamin untuk kesehatannya.

Telur dikenal kaya akan kandungan protein, seng, vitamin D, A, E serta B12. Kuning telur pun juga terdapat kandungan kolin yang bermanfaat untuk perkembangan otak si kecil. Jadi, mengkonsumsi telur baik itu putih dan kuningnya selama tak ada riwayat alergi, hal ini dibutuhkan di masa kembang.

Menu Wortel

Wortel(foto : theasiaparent)

Wortel(foto : theasiaparent)

Makanan bayi untuk usia 1 tahun selanjutnya yang bisa Anda berikan adalah wortel. Perlu diketahui bahwa wortel memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil, seperti halnya beta karoten cukup tinggi, antioksidan dan juga vitamin A yang bagus untuk penglihatan.

Bila Anda ingin memberikan si kecil asupan wortel, lebih baik dimasak saja. Rasa yang dihasilkan akan muncul rasa manis secara alami yang pastinya membuat bayi tertarik. Pastikan wortelnya sudah dimasak sampai teksturnya lunak. Lalu haluskan dan sajikan wortel dengan memotong bentuk dadu.

Menu Berbahan Ayam

Ayam(foto : Mpasi.org)

Ayam(foto : Mpasi.org)

Menu makan anak 1 tahun agar tidak bosan lainya adalah makanan berbahan dasar ayam, Ayam dikenal mengandung banyak vitamin bermanfaat untuk kebaikan tumbuh kembang si kecil. Itu karena terdapat kandungan protein serta vitamin B6 yang dapat membantu fungsi tubuh agar mengekstrak suatu energi dari makanan yang dikonsumsi.

Jadi, sangat penting untuk si kecil yang telah menginjak usia 1 tahun dengan mengonsumsi kandungan protein, mineral dan vitamin tinggi dari ayam. Bila si kecil tak menyukai rasa ayam, Anda bisa mencampurkannya dengan menu lain atau buah-buahan hingga sayuran kesukaan mereka.

Demikian penjelasan secara detail dari pembahasan mengenai Menu Makan Anak 1 Tahun agar Tidak Bosan yang bisa Anda coba buat di rumah. Salah satu tujuannya yaitu sebagai menu baru bagi si kecil agar mereka juga mengenali berbagai makanan yang memiliki tekstur berbeda dari sebelumnya.

Admin