Memiliki tubuh ideal tentu menjadi impian setiap wanita. Terlebih mereka yang berkarir dalam bidang tertentu dan sangat mempedulikan penampilannya. Maka tidak heran jika diet menjadi hal yang lazim dilakukan untuk mewujudkan impian tersebut. Ada berbagai macam cara diet yang bisa Anda lakukan jika ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan sehat, salah satunya dengan menerapkan menu diet yang sehat untuk 30 hari.

Cara Menerapkan Menu Diet Sehat Selama 30 Hari

Untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal tentu bukanlah sesuatu yang bisa diperoleh secara instan. Anda perlu melakukan diet secara bertahap dan dalam waktu yang cukup lama untuk bisa meraihnya. Untuk memulainya Anda bisa menerapkan menu diet sehat selama 30 hari berikut ini.

Adverstisment

Menu sehat untuk hari Senin

Mengingat hari Senin merupakan hari yang cukup sibuk, maka tubuh harus mendapatkan asupan yang cukup agar stamina tetap terjaga sepanjang hari. Adapun menu diet sehat yang direkomendasikan untuk hari Senin adalah oatmeal. Anda cukup memakan 3 kali sehari di waktu pagi, siang, dan malam.

Makanan satu ini memuat beberapa nutrisi yang sangat diperlukan untuk meyuplai kebutuhan energi tubuh, meliputi serat, karbohidrat, dan mineral. Sebagai hidangan tambahannya, Anda perlu menambah beberapa menu sehat lainnya. Kombinasikan hidangan oatmeal Anda dengan memadukannya bersama susu atau yoghurt yang rendah lemak secukupnya.

Sebagai pelengkap tambahkan beberapa irisan buah seperti apel atau pir dalam hidangan utama. Anda juga bisa membuat jus dari buah-buahan btersebut apabila ingin mendapat sensasi diet yang berbeda. Jika memungkinkan, buatlah cemilan ringan dari sayur untuk Anda konsumsi ketika waktu senggang.

Menu sehat untuk hari Selasa

Untuk menu diet yang sehat di hari selanjutnya Anda bisa mengkonsumsi nasi merah. Nasi merah dikenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, jadi meskipun Anda hanya mengkonsumsinya dalam porsi sedikit, nasi merah mampu membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang relatif lama.

Tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi nasi merah saja, sayuran hijau juga penting untuk membantu proses diet Anda. Adapun porsi yang dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi merah ini 5 sendok nasi merah ditambah kukusan sayur hijau serta segelas jus buah segar. Kursi ini bisa Anda terapkan untuk waktu sarapan dan di siang hari.

Pada waktu malam hari, Anda bisa membuat kreasi yang lebih menarik dengan memperbanyak hidangan sayurnya. Untuk nasi merah cukup setengah porsi saja, sedangkan sayurnya Anda bisa membuat sop atau tumis. Agar masakan memiliki cita rasa yang berbeda, tambahkan kombinasi bahan lain seperti tahu dan sebagainya.

Menu sehat untuk hari Rabu

Jika dua hari sebelumnya makanan yang Anda konsumsi didominasi oleh hasil masakan pokok, khusus di hari Rabu ini Anda bisa menerapkan menu diet sehat yang berbeda. Perbanyaklah memakan buah-buahan dan sayuran segar, paling tidak Anda harus mengkonsumsinya dengan persentase sebesar 50% dari jumlah porsi makanan sehari-hari.

Banyak jenis buah-buahan untuk diet sehat yang bisa Anda konsumsi di hari Rabu ini, beberapa diantaranya yaitu nanas, jeruk, pisang, semangka, anggur, alpukat, dan masih banyak lainnya. Kalau perlu buatlah rujak atau hidangan lain yang berasal dari buah-buahan. Anda bisa mengkonsumsinya kapanpun baik di waktu pagi, siang, sore, atau malam hari.

Selanjutnya tambahkan aneka sayuran atau biji-bijian dalam hidangan utama Anda. Sawi dan bayam merupakan sayuran yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi. Bila ingin membuat jus, tomat juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Terakhir, kacang-kacangan juga mungkin menarik untuk Anda coba.

Menu sehat untuk hari Kamis

Menginjak hari Kamis, Anda perlu sajian baru untuk membuat menu diet yang aman untuk kesehatan. Meskipun harus mengurangi porsi makan secara menyeluruh, namun Anda juga tetap membutuhkan asupan yang cukup sebelum memulai beraktivitas. Karena itu hidangan smoothies mungkin cocok untuk Anda konsumsi di waktu siang dan malam hari.

Salah satu buah yang memiliki beragam nutrisi untuk memenuhi kebutuhan di atas bisa Anda peroleh dari alpukat. Buah ini kaya akan nutrisi lengkap yang diperlukan oleh tubuh selama beraktivitas. Nutrisi yang dimiliki meliputi kandungan multivitamin, mineral, dan lemak sehat. sehingga ketika Anda membuatnya menjadi smoothies alpukat, tentu bisa mencukupi kebutuhan energi selama seharian.

Agar smoothies alpukat ini dapat memberikan pengaruh yang yang cukup signifikan terhadap stamina tubuh, buatlah secara alami tanpa menambahkan gula. Sebagai selengkapnya cobalah untuk membuat salad sayur untuk memastikan kebutuhan nutrisi no di hari Kamis benar-benar terpenuhi.

Menu sehat untuk hari Jum’at

Berbeda dengan menu diet yang cocok untuk hari Jumat. Khusus untuk hari tersebut, Anda disarankan agar mengkonsumsi si hidangan sereal yang dipadukan dengan susu rendah lemak dan sandwich. Lebih baiknya lagi jika sandwich tersebut dibuat dari bahan-bahan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Adapun bahan yang dimaksud merupakan salah satu diantara selai kacang, pisang, terong, jamur, keju, atau salad tuna.

Dalam membuat sandwich yang cocok untuk proses diet Anda, pastikan roti yang digunakan adalah roti gandum. Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sandwich lebih dari 2 kali dalam sehari, tujuannya agar proses diet dapat berjalan secara maksimal.

Khusus untuk malam hari menjelang tidur, minumlah infused water agar bisa membantu proses pembakaran kalori. Dengan minuman ini energi dalam tubuh Anda juga dapat meningkat sebelum beraktivitas kembali di hari berikutnya.

Menu sehat untuk hari Sabtu

Di hari Sabtu ini Anda cukup mengkonsumsi yoghurt sebagai salah satu makanan yang mampu mendorong stamina lebih lama dari makanan lainnya. Yogurt mengandung banyak probiotik sehingga siapapun yang mengkonsumsinya akan merasa kenyang untuk waktu yang relatif lama.

Banyak kreasi yang bisa Anda lakukan dalam membuat hidangan yoghurt agar terlihat menarik serta memiliki cita rasa yang lebih nikmat. Salah satunya dengan menambahkan buah segar berupa irisan atau juz. Bila memungkinkan buatlah sereal untuk menemani setiap hidangan Dayak Anda

Menu sehat untuk hari Minggu

Jika di hari biasanya Anda dilarang untuk mengkonsumsi beberapa makanan tertentu, khusus di hari minggu ini Anda bebas mengatur serta menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Namun Anda juga perlu membatasi jumlah porsinya agar tidak berlebihan.

Dalam menerapkan menu diet sehat 30 hari ini, penting untuk Anda barengi dengan aktivitas berolahraga setidaknya satu kali dalam seminggu. Atur intensitas olahraga sebaik mungkin, sebab dapat mempengaruhi kualitas diet Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal terapkan menu diet mingguan di atas selama 30 hari.