Mata Buram Sebelah
Mata Buram Sebelah

Cara Mengatasi Mata Buram Sebelah

Diposting pada

Kondisi mata buram sebelah terkadang sangat mengganggu aktivitas entah itu pada mata sebelah kanan atauapun mata kiri. Apabila tidak segera diobati, gangguan kesehatan ini dapat berakibat fatal. Untuk menanganinya, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalaha mengetahui penyebab sakit tersebut , karena penanganannya pun berbeda-beda.

Penyebab Tiba-tiba Mata Buram Sebelah

Bila mata tiba-tiba buram, maka Anda harus sedikit waspada. Siapa tahu, itu adalah tanda-tanda penyakit serius. Memang, terkadang indera penglihatan iritasi karena kemasukan benda asing. Namun, gangguan pada area tersebut bisa pula pertanda sakit kronis. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. Lensa Kontak

Salah satu penyebab mata tiba-tiba buram ialah karena penggunaan lensa kontak. Jika indera penglihatan tersebut terasa kabur sebelah, maka lakukan pengecekan apakah sudah dicopot atau belum. Mayoritas orang lupa mencopotnya saat tidur sehingga efeknya buram.

Penggunaan kontak lensa memang perlu perhatian khusus. Jika pengguna tak memperhatikannya secara jeli, hal itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti mata buram. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda pun dapat menghindari efek buruk yang dihasilkan.

  1. Infeksi pada Mata

Apabila mata buram namun tidak sedang menggunakan kontak lensa, maka mungkin sedang terjadi infeksi ringan. Adanya gangguan kesehatan ini umumnya ditandai penglihatan nampak kabur dan terasa sangat sakit. Selain itu, warna sedikit kemerahan karena iritasi maupun virus.

Adanya infeksi ini bisa berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik. Selain rasanya sangat mengganggu, kondisi tersebut juga membuat aktivitas harian sedikit terkendala sebab infeksi pada mata sungguh menyiksa.

  1. Hipertensi

Jika mata buram pada salah satu bagian, maka bisa jadi itu gejala hipertensi. Kondisi ini masih berupa kemungkinan karena untuk pengecekan akurat perlu datang ke dokter. Tekanan darah tinggi yang berada di atas normal umumnya memicu reaksi anggota tubuh lainnya seperti indera penglihatan.

Baca Juga :   Segudang Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Apabila tekanan darah tinggi ini tidak ditangani, tentu kondisi mata yang buram akan semakin sering dirasakan. Diperlukan penanganan lebih lanjut agar gangguan kesehatan itu bisa segera dihentikan. Hal itu demi kenyamanan beraktivitas.

  1. Diabetes

Salah satu penyebab mata buram yakni gejala diabetes. Peningkatan gula darah memberikan reaksi pada tubuh sehingga Anda perlu mewaspadai hal tersebut. Apabila indera penglihatan tiba-tiba mengabur tanpa sebab iritasi atau kontak lensa, bisa jadi penyebabnya karena sakit gula.

Tingginya gula darah pada seseorang dapat memicu penglihatan menjadi buram. Apabila ini tidak dilakukan penanganan, tentu ia akan mendapat berbagai masalah. Oleh karena itu, mengetahui penyebab mata buram itu sangat penting sebab bisa memberikan informasi terkait gangguan kesehatan.

  1. Mata Tegang

Selain diabetes, penyebab mata kabur ialah ketegangan pada syaraf area tersebut. Hal itu umumnya dikarenakan terlalu lama menatap layar TV atau gadget. Adanya kondisi ini cukup sering dirasakan oleh orang yang pekerjaannya berkutat di depan laptop.

Mata yang terlalu lama berada di depan komputer akan kelelahan sehingga tak heran indera penglihatan kabur. Ketegangan syaraf tersebut terjadi karena dibiarkan bekerja keras tanpa istirahat mencukupi. Jika buram tanpa diikuti iritasi, bisa jad penyebabnya adalah laptop.

Baca Juga: Khasiat Semangka Kuning

Solusi Saat Menderita Mata Buram Sebelah

Ketika mata terasa buram sebelah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Kondisi ini jangan disepelekan karena bisa jadi gangguan tersebut merupakan gejala penyakit serius. Untuk itu, diperlukan pengetahuan terkain penanganannya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Konsultasi Dokter

Bila mata buram sebelah selama beberapa hari dan tidak ada kemajuan meskipun telah mengisitirahatkannya, segeralah konsultasikan ini kepada dokter. Dengan memeriksakannya pada petugas medis, Anda akan mendapatkan solusi terkini baik berupa obat tetes atau pil.

Baca Juga :   7 Cara Mengobati Luka yang Terlihat Dagingnya

Adanya konsultasi kepada dokter ini penting sebab pasien jadi mengetahui apa penyebab mata terasa buram tiba-tiba. Jika ternyata Anda menderita penyakit serius, maka hal itu bisa segera ditangani sebelum memburuk. Dengan mengonsultasikan hal tersebut pada dokter dijamin akan membaik.

  1. Hentikan Pemakaian Kontak Lensa

Jika mata buram ketika Anda masih menggunakan kontak lensa, maka segeralah mencopotnya dan hentikan pemakaian sementara waktu. Apabila ini tidak dihentikan, ditakutkan bisa menyebabkan iritasi lebih parah. Untuk itu diperlukan penghentian sementara.

Pemakaian kontak lensa ini bisa membahayakan kesehatan apabila digunakan dalam tempo lama, apalagi jika tak sengaja tidur. Agar mata cepat sembuh, sebaiknya hentikan penggunaan contact lens untuk sementra waktu. Apabila tak kunjung sembuh, segera datangi klinik terdekat.

  1. Pemberian Obat Tetes

Mata buram tanpa sebab bisa diakibatkan oleh iritasi ringan. Apabila ini terjadi, maka pasien disarankan memberikan obat tetes yang dijual bebas di apotek. Itu merupakan solusi terbaik terutama jika gangguan tersebut disertai rasa gatal dan warnanya kemerahan.

Pemberian obat tetes bisa dilakukan secara rutin namun konsultasikan dengan dokter apabila dalam beberapa hari tidak ada perubahan sama sekali. Metode ini cukup praktis dan kerap berhasil untuk sakit yang ringan. Jangan sepelekan kondisi tersebut serta segera tetesi agar keadaannya normal kembali.

Cara Mencegah Sakit Mata Buram Sebelah

Bisa dikatakan, ada banyak penyebab mengapa seseorang tiba-tiba pandangan terasa kabur tanpa sebab yang jelas. Agar tidak mengakibatkan penyakit serius, segera konsultasikan pada klinik kesehatan terdekat. Selain itu, hindari beberapa hal berikut supaya Anda tak mengalaminya:

  1. Penggunaan Kacamata Anti Radiasi

Supaya mata tetap jernih dan terjaga kesehatannya, sebaiknya gunakan kacamata anti radiasi saat menatap gadget atau laptop dalam waktu lama. Penggunaan alat ini akan sedikit banyak mengurangi efek buruk yang dihasilkan oleh sinar biru. Meskipun sedikit ribet, tapi itu sangat membantu.

Baca Juga :   TERBAIK ! Rekomendasi 7 Merk Susu Penambah Berat Badan yang Bagus

Menatap layar komputer dalam tempo lama tanpa pengaman akan sangat membahayakan kesehatan karena bisa memicu pandangan mengabur. Apabila tak ingin mengalaminya maka lakukan tips tersebut, apalagi harga kacamata itu tidak terlalu mahal.

  1. Mengonsumsi Vitamin A

Salah satu tips ampuh agar mata sehat bercahaya yakni banyak mengonsumsi vitamin A. Zat ini dapat ditemukan di berbagai buah-buahan dan sayuran. Dengan makan-makanan yang mengandung bahan bahan tersebut, dijamin indera penglihatan makin terlindungi.

Mencegah jauh lebih mudah dibandingkan mengobati. Meski hal ini terlihat sepele, namun banyak mengonsumsi vitamin A dapat memberikan efek bagus untuk tubuh terutama bagi kesehatan mata. Dijamin, Anda akan jarang merasakan pandangan buram atau kabur.

  1. Batasi Penggunaan Kontak Lensa

Tips lainnya yang dapat digunakan untuk menghindari mata buram ialah membatasi penggunaan kontak lensa. Apabila mata tiba-tiba iritasi usai menggunakannya, ini menandakan benda tersebut kurang cocok. Selain itu, jangan sekali-kali memakainya hingga tidur sebab itu bisa membahayakan.

Dengan membatasi penggunaan kontak lensa, dijamin kesehatan Anda lebih terjaga. Mata akan terasa lebih segar sebab tidak harus kedatangan benda asing tersebut. Khusus yang indera penglihatannya sensitif, sebaiknya jangan menggunakannya karena bisa berdampak buruk.

Itulah beberapa informasi penting terkait mata buram sebelah. Kini Anda mengetahui bagaimana cara menanganinya. Agar kesehatan tetap terjaga, konsumsilah banyak vitamin A secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *