manfaat sirih cina
manfaat sirih cina

10 Manfaat Sirih Cina yang Harus Anda Tahu!

Diposting pada

Manfaat sirih cina -Tanaman liar yang mungkin ada di sekitar bisa jadi sangat berguna. Beberapa jenisnya juga biasanya dijadikan sebagai obat herbal kesehatan maupun kecantikan seperti Sirih Cina. Namun itu semua juga harus disesuaikan dengan takaran dan cara pengolahannya agar merasakan beberapa manfaat sirih cina secara maksimal. sebelum kita menuju ke inti artikel yuk mengenal sirih cina lebih dulu.

Apa itu Sirih Cina?

Sirih Cina adalah sebuah tanaman dengan ciri khas berwarna hijau serta berbentuk hati. Memiliki nama lain asing Peperomania Pellucida, biasanya dapat hidup di tempat-tempat lembab seperti area perkarangan rumah maupun sawah.

Selain itu Sirih Cina memiliki nama sebutan juga yang berbeda pada setiap daerah seperti Ketumpang Air, Suruhan atau Seladan, Rangu-rangu dan Gofu Goroho. Tanaman ini tidak bisa hidup jika langsung terpapar sinar matahari, karena akan menyebabkan layu sehingga mengering serta cepat mati .

Untuk perkembangbiakan Sirih Cina itu sendiri bisa dilakukan melalui bijinya yang dapat mengalami dormansi. Sehingga bisa bertahan hidup meskipun dalam kondisi tidak menguntungkan sekalipun atau generatif yaitu tumbuh secara pembuahan.

10 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan dari tanaman hijau kecil satu ini. Mengandung zat baik sangat bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, alkaloid, tanin, aksalat, lemak serta minyak atsiri. Selain itu juga memiliki khasiat antinflammatory dan antibiotik berguna untuk pengobatan. Berikut manfaatnya:

  1. Untuk Obat Demam

Ada 2 cara mengolah tanaman ini untuk pengobatan sakit demam, yaitu yang pertama ambil sekitar 10 -15 daun suruh Cina kemudian cuci hingga bersih, lalu tumbuk halus atau lumatkan. Tempelkan ramuan tersebut ke pelipis kanan dan kiri.

Baca Juga :   Anda Jarang BAB? Ini 4 Cara agar Bab Lancar Tiap Hari

Cara Kedua yaitu bisa Anda lakukan dengan memetik 2-3 batang tanaman Sirih Cina kira-kira ukuran 7-10 cm kemudian cuci sampai bersih dan rebus pada air 300ml atau sekitar 1,5 gelas lalu tunggu mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin minum ramuan tersebut 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

  1. Mengobati Asam Urat

Manfaat sirih cina yang lain dipercaya mampu meredakan rasa nyeri sendi akibat penyakit asam urat yang kerap sekali menyerang persendiran. Hal tersebut bisa terjadi akibat penumpukan purin, Alhasil persendian akan merasakan hal tidak nyaman.

Untuk Mengatasi kondisi yang seperti ini, Sirih Cina bisa Anda andalkan sebagai pengobatan masalah persendian. Cara pengolahannya sendiri masih sama dengan pengobatan obat demam yaitu cukup merebusnya dengan takaran air seperti diatas dan minum jika sudah dingin atau hangat.

  1. Sebagai Antiseptik dan Mencegah Peradangan

Tanaman ini dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang cukup luar biasa. Karena kandungan di dalamnya kaya akan polifenol terutama chavicol  yang mampu memberikan perlindungan ganda dari kuman atau bakteri.

Kandungan polifenol pada Sirih Cina bisa digunakan untuk mengurangi peradangan seperti orikitis atau radang sendi. Kemudian juga mengandung minyak astiri berfungsi sebagai antibakteri, dapat membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

  1. Obat Jerawat

Selain untuk kesehatan, manfaat Sirih Cina juga bisa sebagai kecantikan alami kulit wajah yaitu dapat sebagai obat jerawat. Karena memiliki sifat antijamur tanaman ini sangat bagus digunakan. Caranya pun sangat mudah cukup dengan mencuci wajah Anda dengan rebusan daunnya tanpa di bilas air.

Atau Anda juga bisa membuat masker alami menggunakan daun Sirih Cina ini, caranya yaitu dengan menumbuh tanaman tersebut dan menambahkan kunyit lalu di oleskan ke wajah. Tunggu hingga 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan rutin ini minimal 3 kali seminggu untuk hasil lebih maksimal.

  1. Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Kecantikan dari dalam diri seseorang tidak hanya dilihat dari luar saja, namun juga dari dalam. Daun Sirih Cina adalah penyegar alami, bisa dimanfaatlan untuk mengusir bau mulut. Sebab pasti tidak percaya diri bukan jika berbicara di depan umum dengan aroma yang tidak sedap.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu di Apotik

Sirih Cina ini sejak zaman kuno memang telah digunakan sebagai penghilang bau mulut alami. Karena tanaman ini mudah di dapatkan di sekitar pekarangan rumah atau sawah. Daun ini dapat meredakan pendarahan pada gusi atau rongga mulut.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Siapa yang tidak kesal jika setiap mensisir rambut sering patah atau rontok berjatuhan. Namun Anda tak perlu kawatir, tanaman ini memang tidak bisa diragukan lagi khasiatnya. Gunakan ramuan Sirih Cina sebagai penceganya.

Cara membuat ramuan untuk perawatan rambut rontok sangat mudah, cukup membuatnya di rumah sendiri dengan menggiling daun tersebut dan menambahkan minyak wijen hingga halus. Bisa gunakan bantuan blender maupun tumbuk tradisional, kemudian oleskan sebagai masker lalu cuci hingga bersih.

  1. Untuk Membersihkan Vagina

Vagina adalah area yang sangat penting dijaga kesehatan serta kebersihannya. Karena jika tidak bersih akan mengganggu kepercayaan diri seseorang. Adanya bau tidak sedap, keputihan, rasa gatal, dan masih banyak masalah lainnya bisa diatasi dengan menggunakan Sirih Cina.

Daun Sirih Cina sendiri memang sudah lama dipercaya mampu membuat kesat vagina. Penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus bebrapa helai daun sirih kemudian tunggu hingga dingin dan gunakan air rebusan tersebut untuk membilas area vagina setelah mandi ataupun buang air kecil.

  1. Mengobati Luka Bakar

Manfaat sirih cina selanjutnya adalah bisa untuk mengobati luka bakar. Hal ini dikaitkan dengan adanya kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Tanaman ini akan memberikan perlindungan ganda dari infeksi karena kandungan polifenol nya tinggi.

Untuk menggunakan tanaman ini, Pertama cuci daun Sirih Cina terlebih dahulu kemudian tumbuk, letakan pada kain tipis lalu peras airnya hingga keluar, tambahkan madu, aduk hingga rata, oleskan ke luka bakar tersebut.

  1. Mengatasi Sembelit

Daun Sirih Cina dapat membantu kinerja antioksidan untuk membersikan radikal bebas pada tubuh serta mengembalikan PH normal dalam tubuh. Sehingga tanaman ini dapat mengatasi sakit perut seperti sembelit yang terkadang sangat mengganggu karena kesulitan buang air besar.

Baca Juga :   7 Produk dan Manfaat Serum Hanasui

Mengkonsumsi tanaman ini setiap pagi hari dapat meringankan sakit sembelit. Caranya cukup mudah, hancurkan daun Sirih Cina lalu masukan ke dalam gelas dan tuangkan air panas kemudian biarkan semalaman. Minumlah air tersebut di pagi harinya ketika perut masih dalam keadaan kosong belum sarapan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Air rebusan daun Sirih Cina memang memiliki banyak sekali kegunaan dan efek positifnya karena dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.Tidak hanya itu, tanaman ini bisa membuat sekresi pencernaan ikut meningkat serta sekaligus menghilangkan racun atau kadar air yang berlebihan pada tubuh.

Sedangkan untuk serat tanaman ini mampu membantu menurunkan kadar lemak sehingga membuat berat badan menjadi cepat turun. Caranya rebus 40 lembar daun Sirih Cina dengan 11 gelas air dan 1 sendok makan garam lalu didihkan di atas api kecil hingga mendidih, saring dan ambil airnya. Minumlah 3 kali sehari.

Demikinlah 10 manfaat sirih cina untuk kesehatan serta kecantikan yang bisa diperoleh. Agar mendapatkan hasil maksimal jangan lupa gunakan secara rutin. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *