Ini Manfaat Semangka Kuning yang Perlu Diketahui
Ini Manfaat Semangka Kuning yang Perlu Diketahui

7 Manfaat Semangka Kuning yang Perlu Diketahui

Diposting pada

Manfaat Semangka KuningBuah-buahan tidak hanya menyegarkan, namun bahan makanan ini mampu menyehatkan tubuh juga. Bahkan buah tertentu memiliki khasiat sangat ampuh untuk melawan berbagai penyakit yang ada , tak terkecuali semangka kuning. pasti pernah dari anda memakan buah yang satu ini , ternyata selain kaya akan vitamin semangka kuning juga bisa mengobati berbagai macam penyakit dan terntunya memperkuat imunitas tubuh seseorang, nah agar kesehatan tubuh anda juga semakin terjaga, ada baiknya anda juga mengetahui manfaat semangka kuning yang lain.

Mengenal Semangka Kuning Lebih Dekat

Buah semangka ini sangat unik karena berbeda dari tipe lainnya. Warna dagingnya kuning dan bijinya jarang-jarang. Rasanya menyegarkan serta manis sehingga banyak fruit lover memburunya. Sayangnya, keberadaannya tak sebanyak tipe biasanya. Tidak semua penjual memiliki produk tersebut.

Semangka kuning ini laris di pasaran karena lezat dan menyegarkan tubuh. Banyak orang setuju bahwa rasanya jauh lebih manis dibandingkan yang warna merah. Bahkan, buah tersebut mampu menyehatkan badan apabila dikonsumsi secara rutin. Apalagi buah itu dijual dengan harga cukup terjangkau.

Di Indonesia memang budidaya semangka kuning tidak sebanyak yang merah. Namun keberadaannya mulai dipertimbangkan oleh para petani, apalagi buah lezat ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Berbagai penyakit dapat disembuhkan hanya dengan mengonsumsi setiap hari.

Beberapa Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan

Buah semangka kuning memiliki rasa yang lebih enak daripada tipe biasanya. Alhasil, banyak orang menginginkan buah ini. Buah ini juga terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh seseorang. Nah, berikut adalah beberapa Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan.

  1. Menyembuhkan Sembelit

Salah satu manfaat yang diperoleh apabila sering mengonsumsi semangka berwarna kuning yakni mampu menyembuhkan sembelit. Sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat pada tubuh sehingga jika tidak ditangani dengan baik akan memberikan efek buruk. Sebagai solusinya, Anda disarankan banyak mengonsumsi buah semangka kuning.

Baca Juga :   11 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Kesehatan!

Karena kandungan serat pada buah semangka kuning mampu memberikan efek positif bagi pencernaan terutama untuk menngobati sembelit, kandungan cairan pada semangka kuning juga mampu membantu pembentukan feses, sehingga memberikan dampak yang positif bagi pencernaan anda.

  1. Mengatasi Nyeri Otot

Ada lagi manfaat yang diperoleh apabila Anda rajin mengonsumsi semangka kuning, yakni otot terasa nyeri. Adanya sakit ini bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya menjalani aktivitas terlalu berat. Agar penyakit dapat sembuh, sebaiknya makanlah buah tersebut setiap hari.

Dengan rajin mengonsumsi semangka kuning, badan tidak hanya segar, namun nyeri otot pun bisa segera hilang. Memang, gigitan pertama mungkin takkan langsung memberikan efek sebab diperlukan waktu. Umumnya tubuh akan mengalami perubahan lebih baik setelah beberapa hari.

  1. Menjaga Mulut Tetap Sehat

Manfaat semangka kuning selanjutnya ialah menjaga kesehatan mulut. Buah ini ternyata dapat menjaga area itu tetap sehat karena mengandung banyak vitamin C. Zat tersebut mampu mencegah iritasi serta infeksi. Alhasil, Anda tetap sehat dan jarang terkena sariawan serta gusi.

Kekurangan vitamin C bisa memberikan dampak buruk, salah satunya penyakit gusi. Meskipun terdengar sepele, namun ini secara otomatis mengganggu Anda saat melakukan rutinitas terutama makan atau minum. Agar kesehatan terjaga, sebaiknya perbanyak mengonsumsi semangka kuning.

  1. Menyehatkan Mata

Jika ingin indera penglihatan terjaga, sebaiknya jagalah kesehatannya dengan cara banyak mengonsumsi semangka kuning. Buah yang lezat ini tak hanya kaya vitamin C, namun vitamin A juga bisa ditemukan pada buah tersebut. Oleh karena itu, disarankan rajin memakannya secara rutin.

Kesehatan mata akan semakin terjaga bila Anda memasukkan semangka kuning sebagai makanan harian. Buah ini dapat ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Meskipun keberadaannya tidak sebanyak yang warna merah, namun pembeli bisa mendapatkannya jika jeli mencari.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Buah yang memiliki daging warna kuning ini ternyata memiliki antioksidan sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas. Zat berbahaya terkadang menghampiri tubuh tanpa permisi. Hal itu kerap terjadi jika seseorang sering terkena polusi udara.

Baca Juga :   15+ Manfaat Sari Kurma Sahara

Jika radikal tersebut tidak ditangani secara serius, tubuh akan gampang terkena penyakit. Untuk mengananinya, sebaiknya Anda banyak mengonsumsi semangka kuning. Buah ini mengatasinya dengan baik. Dijamin, badan pun jauh lebih segar usai memakannya.

  1. Mengurangi Nyeri pada Ibu Hamil

Ibu hamil terkadang merasakan nyeri yang teramat sangat pada bagian perut. Cara mudah untuk mengurangi rasa itu adalah mengonsumsi semangka berwarna kuning. Dijamin, buah ini mampu memberikan rasa nyaman sehingga secara perlahan bumil akan merasa lebih baik.

Rasa mulas yang dirasakan ibu hamil akan segera menghilang secara perlahan jika semangka kuning dikonsumsi teratur. Cara itu cukup praktis, apalagi buah ini memiliki rasa sangat manis. Selain itu, badan bumil menjadi lebih segar sehingga rugi rasanya bila tidak membelinya.

  1. Mencegah Dehidrasi

Manfaat semangka kuning lainnya ialah mampu mencegah dehidrasi. Adanya khasiat tersebut sungguh membantu orang yang sedang kekurangan cairan. Faktanya kandungan air dalam semangka kuning mencapai 92%,  hal Ini bisa dijadikan alternatif jika tidak ada air, bahkan memakan semangka kuning sudah bisa memenuhi kebutuhan air pada tubuh ketika beraktivitas.

Semangka kuning ini cukup praktis karena bijinya sedikit sehingga bisa langsung dimakan dengan nyaman. Anda takkan menyesal mengonsumsinya, apalagi rasanya sangat lezat. Selain itu, harganya pun relatif terjangkau jadi takkan membuat kantong bolong.

Perbedaan Semangka Kuning dan Semangka Merah

seteleh mengetahui 7 manfaat semangka kuning diatas ternyata semangka kuning dengan merah memiliki perbedaan yang mencolok. Selain memiliki warna sangat berbeda, kedua buah ini pun memiliki kandungan gizi sedikit berbeda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Vitamin C

Semangka kuning memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga buah ini kerap disarankan bagi penderita sakit sariawan serta gusi. Hal ini bertolak belakang dengan jenis yang berwarna merah  sebab kandungannya ada, namun tidak begitu banyak. Tak heran, buah ini disukai banyak orang.

Baca Juga :   7 Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam Secara Alami dan Medis

Meskipun semangka merah tidak mengandung banyak vitamin C, namun buah tersebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti gangguan pada saluran kencing. Selain itu, buah itu bisa menangkal radikal bebas akibat polusi udara.

  1. Biji

Perbedaan mencolok selain warna dagingnya yaitu semangka kuning memiliki biji jauh lebih sedikit dibandingkan yang merah. Keadaan ini membuat orang memilihnya sebagi opsi terbaik saat berada di toko buah. Larisnya tipe itu dikarenakan si kecil lebih mudah memakannya.

Sementara itu, semangka merah umumnya memiliki biji yang cukup banyak. Memang, ada varian tertentu yang isinya sedikit, namun keberadaannya jarang. Hal itu membuat buah berdaging kuning lebih disukai oleh masyarakat. Tak heran, harganya sedikit lebih mahal dibanding varian yang warna merah.

  1. Rasa

Salah satu keunggulan jika makan semangka kuning yakni rasanya jauh lebih manis dibandingkan yang merah. Kenikmatan ini tentu memberikan poin plus pada buah tersebut. Apalagi buah itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain mengatasi sembelit dan dehidrasi.

Perbedaan antara keduanya memang terlihat mencolok. Meskipun semangka merah tidak semanis yang kuning, namun jika pintar memilih, Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan alternatif. Dapat dikatakan, buah berdaging kuning tersebut sedikit lebih unggul dibandingkan varian satunya.

Demikian beberapa manfaat semangka kuning bagi kesehatan tubuh. Berbagai gangguan dapat ditangani dengan mudah mulai dari nyeri otot hingga sembelit. Tentu untuk memperoleh manfaatnya, Anda perlu mengonsumsinya secara teratur sehingga khasiatnya bisa segera dirasakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *