Manfaat Daun Kelor untuk Mata yang Tidak Banyak Diketahui
Manfaat Daun Kelor untuk Mata yang Tidak Banyak Diketahui

8 Manfaat Daun Kelor untuk Mata yang Tidak Banyak Diketahui

Diposting pada

Manfaat Daun Kelor untuk MataAnda pasti sudah sering mendengar salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Populer karena bentuknya kecil namun dipercaya menyimpan manfaat luas jauh melebihi permukaan daunnya. Manfaat daun kelor untuk mata memang lebih banyak dikenal karena sudah terbukti.

Apa Itu Daun Kelor?

Tanaman yang konon berasal dari India dan sudah ada sejak 2000 Sebelum Masehi ini memiliki khasiat dalam dunia kesehatan. Sudah dipercaya dari dahulu karena keberadaannya selalu dimanfaatkan untuk ramuan dan obat-obatan. Daunnya unik berbentuk bulat kecil mirip telur, hanya saja teksturnya pipih.

Warna daun kelor cenderung unik, pasalnya dominan putih kekuningan. Namun saat ini mayoritas berwarna hijau tua layaknya daun tanaman kebanyakan. Meski ukurannya sangat kecil bahkan diameternya tidak sampai 1 cm, tetapi berbanding terbalik dengan manfaatnya yang banyak.

Konon selain bermanfaat di dunia kesehatan, daun kelor juga memiliki unsur mistis. Hal ini karena mitos yang berkembang di masyarakat, jika Ada orang mengidap penyakit dalam waktu lama namun tidak kunjung meninggal maka bisa jadi memiliki kesaktian. Untuk melepaskannya bisa menggunakan daun kelor.

Kandungan Daun Kelor

Sepertinya kalimat “Pohon Ajaib” sudah melegenda di kalangan masyarakat tentang fakta dan mitos tanaman kelor. Hampir seluruh bagian tubuhnya, terutama daun memiliki manfaat sangat banyak. Bahkan kandungan di dalamnya pun terbukti menyimpan segudang nutrisi.

Seperti vitamin A yang ada dalam daun kelor sehingga ketika dikonsumsi akan membentuk imunitas tubuh sangat baik dan kuat. Ada pula vitamin C yang dipercaya berkhasiat menciptakan kulit terawat jika memakannya secara rutin. Anda juga bisa menangkal diabetes dengan kandungan Flavonoid.

Baca Juga :   Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Daun kelor ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti Fitosterol sebagai penangkal kolesterol, bahkan zat Kalsium yang terkenal ada dalam produk susu pun dapat Anda jumpai di daun kelor. Tidak kalah penting lainnya, kandungan zat besi yang diperlukan oleh tubuh banyak tersimpan di sini.

Beberapa Manfaat Daun Kelor untuk Mata

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Dan Untuk Pengobatan
Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Dan Untuk Pengobatan

Mata menjadi salah satu organ tubuh paling penting yang harus dijaga kesehatannya. Hal ini karena hampir seluruh proses kehidupan membutuhkan peran penglihatan untuk dapat melakukan berbagai aktivitas. Salah satu cara terbaik merawatnya atau mengobati penyakit adalah dengan mengonsumsi daun kelor.

  1. Mata Minus

Penyakit mata paling ringan yang hampir dialami oleh banyak orang ini sering diabaikan. Padahal timbul akibat kebiasaan kecil yang buruk namun berulang kali dilakukan sehingga lama-kelamaan menimbulkan sesuatu serius seperti minus. Tetapi masyarakat hanya menanganinya dengan memakai kacamata.

Padahal sebetulnya Anda bisa mengembalikan mata ke kondisi normal. Penglihatan minus menciptakan penangkapan cahaya, objek kurang jelas atau blur. Mengonsumsi daun kelor secara rutin dipercaya mampu membuat mata melihat secara jernih dalam waktu selama mungkin.

  1. Rabun Senja

Gangguan penglihatan yang cukup banyak terjadi berikutnya ini biasanya baru terasa saat malam hari. Bahkan ketika siang, sore atau pagi pun membuat penderitanya sulit melihat jelas jika dalam keadaan gelap atau minim cahaya. Meski tidak terlalu serius, namun bila dibiarkan akan fatal.

Rabun senja bisa jadi menyerang orang berusia berapa saja. mulai dari yang muda hingga paling tua. Biasanya disebabkan karena penderita kurang memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Maka dari itu, Anda bisa mengisinya melalui daun kelor secara rutin untuk mengembalikan ke kondisi normal.

  1. Katarak

Kondisi mata yang cukup berbahaya ini bisa terjadi saat penderita terserang katarak. Lensa menjadi keruh sehingga tidak bisa melihat objek di sekelilingnya secara sempurna. Bahkan banyak pula kejadian berujung kebutaan karena membiarkan keadaan seperti ini terus-menerus.

Baca Juga :   Rekomendasi 6 Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Awalnya hanya karena kebiasaan sepele yang dilakukan terus-menerus. Seperti membaca di tempat-tempat gelap, memforsir mata untuk beraktivitas melebihi durasi dalam sehari serta lain-lainnya. Jika sudah parah, maka diharuskan untuk dioperasi. Maka dari itu, mengonsumsi daun kelor dapat mengembalikan ke kondisi semula.

  1. Glukoma

Manfaat daun kelor untuk mata lainnya adalah bisa menyembuhkan penyakit cukup serius seperti Glukoma. Pasalnya, kondisi saraf pada mata sudah rusak sehingga tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini diakibatkan oleh kelelahan berlebih pada bola mata karena sering mengalami tekanan.

Konsumsi daun kelor secara langsung dipercaya mampu menyembuhkan Anda dari penyakit Glukoma. Cara yang paling sering dilakukan adalah kebanyakan penderita hanya memasaknya seperti sayur berkuah hanya ditambahkan sedikit garam, gula serta rempah lain untuk mempersedap.

  1. Konjungtivitis

Anda mungkin masih asing terhadap salah satu jenis penyakit ini. Tetapi justru paling sering terjadi di kalangan masyarakat umum. Menampilkan kondisi mata berwarna merah muda kemudian disertai rasa gatal cukup parah. Tidak jarang pula penderita yang disertai gejala keluarnya cairan mata secara berlebih.

Penyebabnya beragam, mulai dari debu hingga infeksi lainnya. Namun jika tidak segera diatasi, konjungtivitis bisa menularkan ke penglihat lainnya yang berada di sekitar penderita. Anda dapat mengobatinya secara alami, hanya memanfaatkan daun kelor yang direbus dan diambil airnya untuk cuci mata.

  1. Ablasi Retina

Penyakit mata yang cukup terdengar serius ini ternyata dapat diobati hanya dengan daun kelor. Meski kondisi ini menyebabkan jaringan khusus pada mata yang mengirimkan sinyal penangkapan gambar ke otak keluar dari posisinya. Tetapi pengobatan herbal dari tanaman alam ini mampu mengatasinya.

Cara kerja daun kelor berangsur dapat menjernihkan penglihatan yang perlahan mulai blur dari samping kemudian melebar ke seluruh mata. Anda tidak membutuhkan resep khusus karena apapun hasil olahannya tetap ampuh mengatasi penyakit ablasi retina. Hanya perlu rutin agar perubahan lebih terlihat.

  1. Degenerasi Makula

Memang sedikit asing di kalangan banyak orang karena makula merupakan bagian terkecil dari retina mata. Namun perannya sangat penting untuk menampakkan penglihatan jelas hingga jernih. Meski sering terjadi tanpa gejala khusus, namun bila kondisinya parah dapat mengakibatkan kebutaan.

Baca Juga :   BAB Tak lancar? Coba 8 Minuman Pelancar Bab Ini!

Untuk tidak meremehkannya, sebaiknya Anda mengobati bahkan mencegah dengan cara mengonsumsi daun kelor secara rutin. hal ini karena tanaman tersebut tidak menimbulkan efek samping namun memiliki banyak manfaat serta telah terbukti aman dikonsumsi oleh siapa saja.

  1. Mata Silinder

Kondisi mata silinder belakangan banyak dialami tidak hanya oleh orang tua saja, melainkan juga menyerang kalangan muda. Biasanya bermula dari minus kemudian karena bertambah menjadi silinder. Jika sudah demikian, penderita akan kehilangan kejelasan dalam melihat.

Daun kelor dipercaya mampu menyehatkan mata. Baik mencegah timbulnya penyakit hingga mengobati mata silinder yang harus memakai kacamata tebal. Caranya mudah hanya perlu mengonsumsi rutin sebagai masker di area mata ditambah memakan sayur matangnya dalam bentuk masakan.

Manfaat daun kelor untuk mata memang tidak perlu diragukan lagi. Sudah sangat terbukti aman bahkan telah banyak digunakan oleh berbagai macam penderita mulai dari penyakit paling ringan hingga berat. Cara konsumsinya pun mudah, Anda bisa mengolah melalui beragam cara sesuka hati.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *