Manfaat dan Bahaya Bunga Telang untuk Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Bunga Telang untuk Kesehatan

7 Manfaat dan Bahaya Bunga Telang untuk Kesehatan

Diposting pada

Manfaat dan Bahaya Bunga Telang-Bunga telang atau yang bisa disebut juga Clitorea ternatea adalah tanaman hias berwarna ungu yang terkadang dapat kita jumpai di pinggir pinggir jalan, warna khas yang di miliki pada bunga ini juga menjadi alasan kenapa tanaman ini juga dijadikan sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk mempercatik halaman rumah. namun tidak hanya sekedar membuat tempat menjadi indah , ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

tanaman ini memang sudah terkenal dari dulu sebagai salah satu tanaman herbal yang mampu mengobati berbagai penyakit, terutama pada bunga nya. dengan sedikit racikan , bunga telang bisa menjadi obat ajaib yang mampu menyebuhkan beberapa penyakit secara alami. bagi anda yang penasaran dengan berbagai manfaat bunga telong yang lain terutama untuk tubuh, saya sudah merangkumn 7 manfaat bunga telang untuk kesehatan dibawah ini.

 1. Menjadi Obat Depresi

Para peneliti ternyata pernah melakukan studi tentang bunga telang yang di publikasikan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, 2013, dengan melakukan ekstrak pada 25 senyawa phtyochomp, dari ekstrak etanol tersebut, bunga telang ternyata memiliki beberapa senyawa seperti asam linolenat dan asam palmitat.

Bagi yang belum tahu, asam linolenat memiliki manfaat untuk mengontrol kadar kolestrol yang ada didalam darah. tidak hanya itu asam ini juga memiliki karakter neuroprotektif yang bisa melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan.  sedangkan asam palmitat memiliki karakter antioksidan , yang jelas sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan

Baca Juga :   Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Pencegahannya

2. Meningkatkan Daya Kongnitif Otak

Ada sebuah studi dari Journal of Natural Remedies mengatakan bahwa bunga telang ini bisa berpotensi meningkatkan daya ingat kita dan mampu mambantu untuk memahami lebih cepat pemahaman pembalajaran.

3. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Selain mampu menjadi obat depresi, bunga ini juga pernah di teliti mampu menekan lemak dalam darah(triglyceride) dan mrngontrol jumlah kolestrol total yang ada pada tubuh kita. penelitan yang memiliki judul Antihyperlipidemic activity of Clitoria ternatea and Vigna mungo in rats menyebutkan bahwa bunga telang memiliki kandungan anthocyanin yang terbukti bisa membuat efek yang positif pada kesehatan jantung manusia.

4. Mampu Mencegah Diabetes

Sebuah Jurna yang ada di terbitkan dalam BMC Complement Altern Medicine menyebutkan bunga telang mampu dimanfaatkan untuk mencegah penyakit diabetes melitus , kenapa? ketika seseorang meminum teh dari bunga telang setelah makan, maka kandungan dari bunga telang ini akan memperlambat penyerapan glukosa sehingga membuat gula darah tubuh kita tetap stabil.

5. Obat peradangan

Bunga telang ini juga memiliki 51-52% asam oleat, dimana asam ini sering ditemui pada minyak zaitun, beberapa peneliti mengatakan bahwa asam oleat adalah obat yang memapu mengurangi peradangan, dan memiliki dampak positif untuk meminimalisi terkena penyakit kanker.

6. Menjadi Obat Luka

Ada studi juga yang menyebutkan bahwa biji dari bunga telang mengandung flavonol glikosida dan senyawa fenolik pada ekstrak tumbuhanya. peneliti melakukan uji coba pada hewan dengan mengoles ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang pada luka di hewan tersebut, hasilya luka dapat sembuh dengan cepat. hasil dari uji coba inilah yang membuat mereka yakin kalau bunga telang bisa menjadi obat penyembuh luka.

Baca Juga :   7 Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam Secara Alami dan Medis

7. Menjadi Obat Mata

Manfaat yang satu ini sepertinya sudah diketahui oleh banyak orang jaman dulu, sebelum adanya obat khusus mata, bunga telang sudah lebih dulu menjadi obat herbal yang mampu mengobati berbagai penyakit mata, seperti mata lelah, mata merah dan membuat mata menjadi bening. cara membuat bunga telang menjadi obat mata pun mudah, kita hanya perlu mencampurkan 5 bunga telang dengan 50 ml air, proses ini akan membuat air menjadi warna biru kental, saat warna sudah menjadi biru kemudian saring agar serpihan serpihan dari bunga ini tidak tercampur. sebelum benar benar di gunakan, kita bisa menaruh air hasil saringan ini kedalam botol obat tetes mata.

Bahaya Bunga Telang untuk Mata Bayi ?

walaupun obat herbal dari bunga telang ini sudah terkenal dengan berbagai manfaatnya seperti mengobati mata untuk bayi sampai orang dewasa, tapi kita tetap perlu kewaspadaan kalau perlu saat akan membuat obat untuk mata bayi konsultasikan terlebih dahulu kepada orang yang benar benar tahu tentang bunga telang ini jadi anda tidak perlu takut akan bahaya bunga telang yang bisa terjadi pada si kecil. seperti yang kita tahu bahwa sensivitas mata setiap orang memiliki perbedaan, ada yang cocok bahkan mungkin ada yang tidak, apalagi bayi , yang imunitasnya masih rapuh dan belum sekuat orang dewasa , jadi tetap hati hati.

Selain memiliki manfaat pada bunga nya, akar dari tanaman ini juga memiliki khasiat yang tak kalah bermanfaat , beberapa diataranya bisa untuk mengobati :

  • Demam
  • Busung Air
  • Sakit Telinga
  • Sebelit
  • Bronhitis Kronis
  • Iritasi Kandung Kemih dan Saluran Kencing
  • Bisul dan Borok

Semua manfaat dari akar tanaman diatas tentu harus ditakar dengan porsi yang pas karena jika tidak, ada bahaya dan efek samping yang dimbulkan seperti sakit perut , menyebakan turun nya kesadaran disertai rasa gelisah dan bisa kehilangan daya ingat.

Baca Juga :   7 Manfaat Semangka Kuning yang Perlu Diketahui

demikian manfaat dan bahaya bunga telang untuk kesehatan, semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *