Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Kesehatan!
Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Kesehatan!

11 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Kesehatan!

Diposting pada

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah-Setiap orang tentu ingin memiliki wajah yang cantik dan tubuh yang sehat, terutama pada bagian wajah yang terkadang menjadi sorotan utama dalam penampilan. Tak jarang mereka rela merogoh kocek cukup banyak agar terlihat sempurna, banyak produk diluar sana yang terkadang bisa membuat anda lebih cantik dengan resiko yang kita tidak tahu, maka untuk mengurangi resiko tersebut anda bisa menggunakan bahan alami. Seperti cuka apel, selain mudah di cari  cuka apel memiliki manfaat yang positif untuk wajah, dan banyak kegunaan lain bagi kesehatan

Mengenal Sekilas Tentang Cuka Apel

Cuka Apel sendiri adalah salah satu herbal yang cocok digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Banyak wanita berhasil menggunakannya sebagai perawatan. bisa dibilang memang sangat manjur serta membuat hasil maksimal. Bahan alami ini sangat terjangkau dan tidak begitu menguras kantong semua kalangan.

Di samping itu, cuka apel terkenal sudah digunakan terkait masalah Kesehatan sejak Yunani Kuno dan terbukti memberikan efek positif pada kulit. Sebab, mengandung Vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, Kalsium, Magnesium, Asam Setrat serta potassium yang kaya sekali manfaat untuk tubuh.

Jenis Minuman satu ini di hasilkan dari proses fermentasi jus buah apel dan hanya di ambil cairannya saja. Kemudian di proses dengan memasukan ragi serta bakteri baik untuk menjadikannya alkhohol hingga menjadi cuka yang kaya manfaat.

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Kesehatan

Ada banyak manfaat cuka apel untuk wajah, kecantikan dan kesehatan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan di bawah ini:

  1. Untuk Menghilangkan Jerawat

Banyak wanita menginginkan kulit wajah bebas dari jerawat. Untuk yang memiliki kulit normal tidak sensitif, cuka apel ini bisa Anda gunakan sebagai pengganti toner. Akan tetapi harus berhati-hati juga dalam mengaplikasikannya. Jangan di gosok cukup di tepuk-tepuk saja hingga meresap.

Baca Juga :   Waspada! 10 Daftar Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah

Anda bisa menggunakan perbandingan air dan cuka 1:2 untuk menjadikannya toner. Namun setelah itu sebaiknya langsung di bilas. Gunakan cuka apel sesuai aturan, Apalagi jika yang memiliki kulit kering, harus teliti dalam kompilasi perbandingannya.

  1. Mengurangi Bintik-bintik di Wajah Akibat Penuaan Dini

Beberapa Ahli mengatakan Senyawa yang aktif pada cuka apel sendiri berfungsi untuk menghilangkan kulit mati, serta mampu mendorong membentuk sel kulit baru sehingga mencegah penuaan. Dengan begitu kulit wajah tampak awet muda dan bitnik-bintik hitam perlahan menghilang.

Senyawa tersebut bukan lain adalah Alpha Hydroxy Acid atau AHA. Inilah senyawa aktif biasanya ditemukan pada cuka apel. Jika Anda sedang mencari produk perawatan wajah untuk mengurangi bintik hitam dan penuaan, sebaiknya cari produk kecantikan yang mengandung kedua bahan tersebut.

  1. Sebagai Obat Kutil

Masalah kulit satu ini terkadang memang sangat mengganggu, apalagi jika dalam jumlah banyak atau bentuknya yang semakin hari berubah membesar. Namun Anda tak perlu khawatir, cukup gunakan Cuka Apel sebagai obat alami untuk menghilangkan kutil.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengkompres pada bagian-bagian yang terdapat kutil dengan kapas. Sebelumnya celupkan dahulu atau diremdam menggunakan cuka apel. Lalu biarkan hingga meresap kedalam kulit Anda. Gunakan dengan teratur setiap hari untuk hasil maksimal.

  1. Bisa untuk Menghilangkan Racun di Kulit

Jika Anda sering bepergian atau terpapar polusi serta sinar matahari, mungkin itu salah satu penyebab mengalami kerusakan pada kulit. Sebab radikal bebas bisa saja menimbulkan masalah yang cukup besar seperti kanker kulit dan lainnya.

Pasti Anda tidak ingin hal itu terjadi, sekarang saatnya mencegahnya dengan rutin menggunakan cuka apel untuk membersihkan kulit wajah. Mengandung beta karotin berfungsi sebagai antioksidan yang tentunya bisa menghambat timbulnya penyakit kronis. Gunakan secara rutin pada wajah.

  1. Ampuh Mengatasi Gigitan Serangga

Serangga memang hewan kecil menjengkelkan, gigitanya slalu membuat merah dan terkadang juga gatal. Tetapi masalah ini ternyata bisa di atasi hanya dengan cuka apel. Cukup menepuk lembut pada bagian yang digigit dengan mengaplikasikannya ke kapas. Biarkan hingga terasa reda.

Baca Juga :   BAB Tak lancar? Coba 8 Minuman Pelancar Bab Ini!

Asam setrat pada cuka apel ini bisa meredakan rasa gatal dan memiliki khasiat menyeimbangkan Ph kulit. Sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan kulit serta membantu mengembalikan keseimbangan kulit.

  1. Sebagai Masker Wajah

Manfaat cuka apel untuk wajah berikutnya adalah sebagai masker. Cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Campurkan 1 sendok cuka apel dan 2 sendok madu, aduk kemudian oleskan ke wajah hingga merata. Tunggu 20 menit lalu bilas dengan air suam-suam kuku hingga bersih.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat cuka apel untuk Kesehatan juga sangat penting. Ternyata bahan alami ini juga dapat digunakan sebagai obat herbal yang tentunya berfungsi mengatasi masalah Kesehatan. Banyak studi mengatakan bisa menjaga kesehatan jantung.

Namun meski begitu, cuka apel bukanlah obat paling utama. Untuk itu bagi Anda yang ingin menggunakannya sebaiknya tetap harus berhati-hati, lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis jantung. Agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

  1. Menurunkan Berat Badan

Memiliki badan langsing dan ideal mungkin harapan bagi semua orang. Mungkin banyak yang tidak percaya, bahwa cuka apel ini ternyata memang bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Meskipun harus dalam jumlah tidak terlalu banyak.

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari herbal alami satu ini. Namun cuka apel tidak boleh di konsumsi sembarangan, harus tahu resep dan takaran karena memiliki keasaman cukup tinggi sehingga tidak boleh di konsumsi sembarangan serta terlalu banyak dalam penggunaannya.

  1. Mengatasi Diare

Diare memang salah satu penyakit sangat mengganggu, Karena selain membuat bolak-balik ke kamar mandi juga badan menjadi lemas tak berdaya. Keberadaan bakteri salmonella dan E-Colli di dalam perut kita bisa kita musnahkan dengan bantuan cuka apel saja.

Baca Juga :   Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Peneliti banyak yang menjelaskan bahwa bahan herbal ini bisa memperlambat pencernaan, karena memberikan waktu untuk fases mengeras sebelum di keluarkan. Sehingga menghambat terjadinya diare.

  1. Meningkatkan Energi

Bagi Anda yang sering merasa lemas, Cuka apel ini bisa dijadikan alternative untuk meningkatkan energi. Caranya sangat mudah, cukup campurkan bahan alami ini ke dalam segelas air putih dan minum sebagai pengganti cairan tubuh.

Dengan Rutin mengkonsumsi setiap pagi, maka badan akan terasa lebih bugar berenergi. Namun Anda dilarang meminumnyanya tanpa ada campuran air di dalamnya. Karena kadar keasaman pada cuka apel tersebut cukup tinggi dan bisa merusak sistim pencernaan dalam tubuh.

  1. Menghilangkan Bau Ketiak dan kaki

Sebagian orang mungkin memiliki bau keringat yang tidak enak. Cuka apel bisa menjadi solusinya. Campurkan bahan tersebut dengan air kemudian celupkan handuk kedamnya lalu usapkan ke bagian ketiak dan kaki. Cuka Apel juga bisa digunakan sebagai pengganti deodorann.

Nah, setelah mengenal manfaat cuka apel untuk wajah dan kesehatan. kini Anda tahu ada banyak sekali khasiat serta kegunaannya. Untuk Itu tetap gunakanlah bahan alami tersebut dengan sangat hati-hati, tidak boleh sembarangan. Pastikan pula menggunakan tata cara yang benar dan sesuai prosedur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *