Kucing termasuk salah satu fauna yang dijadikan hewan piaraan. Beberapa orang bahkan merawatnya dengan sepenuh hati. Memperhatikan kesehatannya adalah hal yang paling terpenting, apalagi saat masa mengandung. Oleh karena itu, berikut beberapa jenis makanan kucing hamil agar tetap sehat

Merk Makanan Kucing Hamil Terbaik

Banyak sekali merk-merk makanan yang dapat diberikan kepada kucing. Tetapi, dalam memilih Anda harus mengetahui kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Nah, berikut rekomendasi yang dapat Anda berikan selama proses kehamilan kucing :

Adverstisment

Royal Canin

Merk ini mengeluarkan 2 produk untuk kucing. Pertama yaitu Royal Canin Queen, diberikan kepada kucing yang masih menjadi calon indukan atau masa birahi. Makanan ini berguna sebagai pendukung kehamilan kucing, memperkuat rahim selama masa kehamilan dan memeliharanya agar tetap kuat.

Produk kedua yaitu Royal Canin Mother Anda Baby. Varian ini diberikan kepada induk dan anak kucing saat setelah melahirkan. Makanan ini diberikan kepada bayi sampai mencapai umur kurang lebih 1 bulan. Setelah itu, dapat memberikan makanan pendamping lainnya.

Whiskas

Pasti Anda tidak asing lagi dengan merk satu ini. Whiskas menjadi makanan yang sering diberikan kepada hewan peliharaan. Selain harganya yang relatif murah, kandungan gizi di dalamnya juga terjamin sehingga membuat kucing tetap sehat dan kuat.

Kucing hamil dapat diberikan makanan ini juga karena kandungan nutrisi yang baik cocok untuk masa kehamilannya. Selain itu, Whiskas terbuat dari bahan-bahan alami yang pastinya terjaga gizi dan kebersihannya. walaupun memiliki banyak manfaat, pemberian berlebihan dapat memberikan efek samping bisa baca disini:efek samping whiskas 

Blackwood

Rekomendasi makanan kucing yang sedang hamil selanjutnya yaitu Blackwood. Produk ini dapat diberikan kepada kitten dan induk pada masa kehamilan. Kandungan nutrisi di dalamnya selalu terjaga dengan baik sehingga akan membuat hewan selalu sehat.

Produk tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang sedikit sehingga membuat kucing lebih sehat. Proses pemasakan dengan slow cooked atau memasak secara perlahan sehingga kandungan gizi di dalamnya tidak rusak atau berkurang. Makanan ini sangat baik untuk proses kehamilan.

Pemberian Makanan bagi Kucing Hamil

Makanan Kucing Hamil yang Sehat dan Bergizi

Makanan Kucing Hamil yang Sehat dan Bergizi

Kucing adalah hewan yang mengandung dan melahirkan. Selama masa kehamilan membutuhkan makanan yang sehat dan tercukupi kebutuhan gizinya. Nutrisi dan vitamin yang kurang akan berakibat pada keadaan janin dan juga induknya. Maka, makanan yang di berikan harus selalu diperhatikan.

Makanan Harus Tercukupi

Pemberian makanan pada kucing yang hamil harus tercukupi. Pada saat hewan mengandung, pastinya membutuhkan jumlah makan yang cukup. Oleh karena itu, dalam memberikan asupan nutrisi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memberikan air minum.

Makanan kucing hamil juga tidak boleh terlalu berlebihan dalam pemberian karena mengakibatkan anak kucing yang masih di dalam kandungan berlebihan berat badannya. Jika terlalu besar janinnya, saat proses kelahiran akan sulit keluar dan menyakiti induknya.

Bentuk Makanan Kucing

Bentuk makanan sangat bervariasi. Kucing yang sedang hamil dapat diberi makanan basah maupun kering. Kedua jenis tersebut sama baiknya sehingga bisa memberi yang berbeda-beda setiap harinya. Tidak perlu khawatir dalam pemberian kepada hewan yang sedang mengandung.

Makanan yang diberikan walaupun basah maupun kering haruslah dalam keadaan bersih. Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara dalam menjaga kucing tetap sehat. Pemberian makan pun bisa dari olahan yang dibuat sendiri.

Berikan Makanan Favorite

Kucing pasti mempunyai makanan favorite. Saat masa kehamilan di sarankan untuk selalu memberikan kesukaannya. Hal tersebut bertujuan agar menambah nafsu makan induknya sehingga janin yang di kandung juga sehat sampai masa melahirkan.

Makanan favorite kucing pastilah makanan yang sering diberikan kepadanya. Maka dari itu, jika Anda mempunyai hewan peliharaan seperti ini harus paham mana kesukaannya. Tetapi, harus tetap melihat kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

Frekuensi Pemberian Makan

Makanan kucing hamil harus tetap dilihat frekuensi seberapa sering dan banyak yang diberikan. Kucing yang sedang hamil pasti akan menambah porsi makan. Oleh karena itu, dalam pemberian harus tahu kapan mengisi kotak makannya.

Frekuensi pemberian makan sebaiknya jangan terlalu sering. Memberikannya saat dirasa kotak makannya sudah kosong saja. Jika belum habis dan kucing masih merasa kenyang akan menyebabkan makanan sudah tidak fresh sehingga mungkin tidak disukai lagi.

Perhatikan Hal Lainnya

Selain memperhatikan makanan pada kucing yang hamil. Anda juga diharuskan untuk selalu memberikan perhatian ekstra saat hewan mengandung. Caranya dengan memberikan tempat nyaman, makan yang bergizi serta di jauhkan dari hewan lain akan menghambat proses kehamilannya.

Memberi perhatian lebih kepada kucing yang sedang hamil akan membuatnya lebih sehat dan terhindar dari stress. Proses kelahiran yang lancar juga dapat di pengaruhi oleh hal-hal semacam ini. Maka dari itu, selalu perhatikan hewan peliharaan Anda dan bantu saat melahirkan.

Kandungan Nutrisi pada Makanan Kucing

Makan yang diberikan kepada kucing saat hamil harus memiliki kecukupan nutrisi dan gizi di dalamnya. Memilihnya harus sesuai dengan kebutuhan hewan ketika hamil. Jadi, berikut ini adalah kandungan nutrisi ideal yang sebaiknya ada pada makanan kucing hamil :

Vitamin

Beberapa vitamin yang harus ada pada makanan kucing hamil, seperti : A sebagai pembentuk hormon reproduksi agar kandungan sehat serta mengatur pertumbuhan sel untuk membentuk organ janin. B1, B3, B6 dan B12 yang dijadikan asupan energi induk dalam melakukan aktivitas.

Vitamin C untuk memperkuat sistem imun pada kucing. E sebagai Antioksidan atau penangkal penyakit sehingga kucing akan tetap sehat. K dapat mempercepat pembekuan darah saat proses melahirkan. D3 berguna memperkuat tulang gigi agar nafsu makannya terjaga.

Magnesium dan Fosfor

Kucing yang hamil dapat mengalami stress sehingga untuk menghindari keadaan tersebut di butuhkan makanan yang mengandung Magnesium. Pemberian ini dapat menormalkan detak jantung induk dan juga anaknya sehingga kucing akan merasa rileks.

Fosfor juga diperlukan pada makanan kucing hamil karena dapat membantu proses pendistribusian nutrisi ke seluruh tubuh dan menyerap pada usus dengan baik. Selain itu, berguna juga untuk memaksimalkan sistem kerja vitamin dan gizi yang ada di dalam tubuh.

Protein dan Hemoglobin

Kebutuhan protein pada tubuh kucing hamil harus selalu di perhatikan. Karena itu sangat berfungsi dalam pembentukan jaringan atau sel-sel baru yang ada pada tubuh janin. Selain itu, juga dapat membantu dalam pertumbuhan kandungan.

Hemoglobin sangat dibutuhkan. Kucing yang mengalami kekurangan sel darah merah akan menjadi lemas dan seperti tidak sehat. Hal ini sangat berbahaya jika terjadi dalam masa kehamilan. Dengan demikian, asupan makanan yang memiliki kandungan tersebut harus selalu diperhatikan.

Pemberian kecukupan nutrisi saat masa kehamilan sangatlah penting. Jadi, Itulah beberapa rekomendasi beberapa makanan kucing hamil yang dapat Anda berikan. Selalu perhatikan kandungan gizi di dalamnya dan menjaga kebersihannya.

 

Admin