Kenali Manfaat Dan Bahaya Jamu Cap Wayang - VELINA.INFO      
Manfaat dan Bahaya Jamu Cap Wayang

Kenali Manfaat dan Bahaya Jamu Cap Wayang

Manfaat dan Bahaya Jamu Cap Wayang-Jamu merupakan minuman tradisional yang mana banyak masyarakat meyakini bisa menyehatkan tubuh. Salah satu jenis terkenal sejak zaman dulu adalah cap wayang. Untuk lebih lengkapnya ketahui manfaat dan bahaya dari jamu cap wayang sebelum mengkonsumsinya.

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Jamu Cap Wayang 

Formulasi jamu ini berasal dari bahan alami untuk menyembuhkan berbagai jenis masalah kesehatan. Namun, dalam penggunaannya harus sesuai dengan takaran serta jenis gangguan atau sakitnya. Namun, apa saja manfaat lengkap dari jamu dengan gambar khas budaya Indonesia yaitu wayang ini?

  1. Mengobati Pegal Linu

Apabila Anda sering mengalami keluhan pegal linu ataupun sakit pinggang dan tidak mau minum obat, bisa mencoba mengkonsumsi jamu cap wayang ini. Cocok untuk para pekerja yang sering bergerak serta melibatkan persendian, seperti tukang becak.

Kandungan alami yang ada pada jamu cap wayang terbukti ampuh untuk mengobati pegal linu. Oleh karena itu, konsumsi sesuai dengan takaran. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan makanan serta pola hidup sehat agar penyakit tidak datang lagi.

  1. Meredakan Masuk Angin

Kandungan bahan yang ada pada jamu cap wayang akan membuat hangat dan nyaman pada tubuh. Sehingga bisa meredakan Anda ketika mengalami masuk angin. Seperti yang banyak orang tahu, saat terjadi penyakit tersebut tubuh akan menggigil kedinginan.

Apabila Anda terserang masuk angin, maka segera siapkan jamu cap wayang dengan menyeduhkan memakai air hangat. Maka tidak lama lagi dalam beberapa saat, khasiatnya akan sangat terasa, yaitu tubuh menjadi hangat serta tidak kedinginan lagi.

  1. Mengurangi Rasa Nyeri Haid

Ketika datang bulan datang para perempuan akan menjadi khawatir dengan adanya nyeri haid. Dua kondisi tersebut seperti sudah tidak dapat dipisahkan lagi. Oleh karena itu, sering menjadi momok menakutkan saat masa itu hadir. Rasa sakit karena menstruasi memang membuat tidak nyaman.

Kini Anda tidak perlu risau lagi jika haid datang. Telah hadir jamu cap wayang yang akan membantu mengurangi rasa nyeri saat datang bulan. Bahan alami dalam jamu tersebut akan memberikan rasa hangat pada bagian sakit. Mengonsumsinya dengan rutin, maka gangguan ini akan hilang.

  1. Menambah Nafsu Makan

Kandungan temulawak yang ada pada jamu cap wayang memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan. Jika Anda memiliki pola makan tidak baik serta sering pilih-pilih makanan, bisa mencoba mengkonsumsi jenis jamu ini.

Selain itu, bagi Anda yang baru saja sakit serta memiliki selera makan belum stabil bisa mengkonsumsi jamu cap wayang ini. Minum sesuai dengan takaran serta anjuran, maka tubuh akan kembali sehat setelah mendapatkan asupan makanan lagi.

  1. Membuat Pencernaan Menjadi Lancar

Manfaat berikutnya dari jamu cap wayang adalah memperlancar sistem pencernaan. Cocok buat Anda yang sering mengalami gangguan seperti, buang air besar. Dengan mengkonsumsi jamu ini, maka masalah tersebut bisa segera teratasi.

Tidak hanya itu saja, ternyata jamu cap wayang juga menyimpan khasiat untuk mencegah obesitas (kelebihan berat badan), wasir dan masih banyak lagi lainnya. Dengan begitu sangat komplit sekali manfaatnya untuk kesehatan pencernaan Anda.

Apa saja Bahaya Mengkonsumsi Jamu Cap Wayang?

Setelah mengetahui Manfaat Jamu Cap Wayang, kita harus mengenali bahayanya juga karena jamu cap wayang Tidak hanya mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, jamu cap wayang juga memiliki bahaya jika minum tanpa resep. Berikut adalah beberapa efek sampingnya untuk kesehatan:

  1. Sakit Kepala

Mengkonsumsi jamu dalam jumlah yang tidak tepat juga bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan sildenafil dengan kadar tinggi. Dengan begitu, akan mengakibatkan iritasi saraf dan menyebabkan kepala terasa sakit.

Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit kepala sejak dulu, lebih tidak mengkonsumsi jamu cap wayang dalam kadar banyak. Hal ini untuk menghindari masalah kesehatan lebih parah lagi. Jika memerlukannya, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya.

  1. Infeksi Lambung

Meskipun kandungan alami dalam jamu ini dapat menyembuhkan masalah pencernaan, tetapi ada tambahan bahan kimia yang justru akan membuat lambung iritasi. Dengan begitu, Anda harus berhati-hati sebelum mengkonsumsinya. Jika sudah punya riwayat sakit tersebut, sebaiknya pertimbangkan dulu.

Jenis bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi ini antara lain, fenilbutazon dan matenamat. Olahan dari kandungan tersebut akan membuat masalah kesehatan pencernaan seperti, diare, hingga infeksi pada bagian dinding lambung. Maka, Anda harus lebih bijak sebelum meminumnya.

  1. Nafsu Makan Bahkan Hilang

Kandungan temulawak pada jamu cap wayan memang bagus untuk meningkatkan nafsu makan. Tetapi, tidak ada jamu yang berasal dari 100% bahan alami. Didalamnya pasti terkandung campuran material kimia. Contohnya adalah dexamethasone dan CTM.

Contoh dari kedua kandungan kimia yang ada pada jamu ini akan menyebabkan nafsu makan justru menghilang. Oleh karena itu, dapat kelanjutannya bisa membuat berat badan turun dan daya tahan tubuh melemah. Sehingga membuat penyakit lain mudah menjangkit.

  1. Sembelit

Bahaya dari jamu cap wayang berikutnya adalah terjadinya sembelit. Meskipun, pada kandungan bisa menemukan manfaat melancarkan BAB, tetapi nyatanya zat kimia akan mengikat serta menyerap cairan tubuh dan air ke kandung kemih.

Karena hal tersebut, maka feses akan menjadi kering serta sulit untuk BAB. Alhasil, Anda harus memastikan mengkonsumsi jamu sesuai dengan takaran sehingga masalah seperti ini tidak akan membuatnya semakin parah.

  1. Terjadinya Penyakit Gagal Ginjal Akut

Jamu memang memiliki bahan-bahan alami, tetapi dalam proses pembuatannya ada yang menggunakan zat kimia, contohnya fenilbutazon. Oleh karena itu, konsumsi dalam jangka waktu panjang serta kadar yang cukup besar bisa menyebabkan terjadinya penyakit gagal ginjal akut.

Penyakit gagal ginjal akan membuat penderita merasakan sakit pada ginjal yang luar biasa. Hal ini karea organ tersebut mengalami kelelahan dalam melakukan penyaringan racun atau zat kimia itu. Untuk menghindari risiko ini, konsumsilah jamu secara bijak.

Demikian informasi mengenai manfaat dan bahaya jamu cap wayang. Anda bisa meminumnya untuk memperoleh khasiat untuk menyehatkan tubuh. Namun harus mengonsumsi sesuai dengan aturan dan anjuran agar meminimalkan risiko masalah kesehatan lainnya. Jika masih binggung, tanyakan langsung pada petugas kesehatan setempat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *