Ini 6 Jenis Obat Melancarkan BAB Di Apotik - VELINA.INFO      
Ini 6 Jenis Obat Melancarkan BAB di Apotik

Ini 6 Jenis Obat Melancarkan BAB di Apotik

obat melancarkan bab di apotik-Mengalami masalah buang air besar memang sangat tidak mengenakkan. Meskipun bukan masalah serius, tapi Anda harus segera memberikan penanganan dengan minum obat melancarkan bab di apotik. Selain itu, juga ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya sembelit.

Rekomendasi Obat Melancarkan BAB di Apotik

Sudah berhari-hari tidak lancar BAB atau bahkan tidak bisa melakukannya? Jangan khawatir, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi berikut:

  1. Dulcolax – Harga Rp 9000 an

Dulcolax merupakan obat sembelit yang sangat populer. Ada dua jenis bentuk, yaitu tablet dan sirup. Ini mengandung bahan Bisakodil yang mampu merangsang kerja serta kontraksi usus besar. Dengan begitu akan mengeluarkan feses sekaligus.

Untuk jenis tablet biasanya akan bekerja setelah -12 jam setelah konsumsi dan jangan berikan kepada anak usia di bawah 4 tahun. Sedangkan Dulcolactol Laktulosa yang berbentuk sirup, Anda bisa mencampurkannya dengan air, susu, atau buah agar hilang pahitnya. Anak-anak bisa minum obat ini.

  1. Microlax – Harga Rp 18000 an

Selain dalam bentuk tablet dan sirup, obat sembelit juga ada yang berbentuk tube berisikan gel. Microlax akan menurunkan tegangan pada permukaan feses. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkannya dalam dubur atau anus.

Kandungan utama dalam Microlax adalah sorbitol, natrium lauril sulfoasetat, serta PEG 400. Jenis obat ini biasanya berguna untuk mengobati enema, tetapi juga ampuh dalam mengatasi masalah sulit buang air besar. Anda bisa memberikannya pada anak mulai usia 3 tahun.

  1. Vegeta Herbal – Harga Rp 2700 an 

Vegeta herbal merupakan jenis obat pencahar yang berbentuk serbuk untuk kemudian menyeduhnya dengan air. Suplemen ini memiliki kandungan serat serta laktasit alami berasal dari tumbuhan herbal. Dengan begitu, mampu melancarkan kerja usus dan menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

Jenis obat sembelit ini memiliki rasa unik, yaitu anggur merah yang segar. Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu campurkan satu bungkus Vegeta Herbal ke dalam segelas air. Kemudian aduk-aduk dan segera minum. Cocok untuk Anda yang tidak suka rasa pahit saat mengkonsumsi obat tablet.

  1. Laxing – Harga Rp 7000 an

Jika Anda mengalami sembelit bisa membeli obat melancarkan bab di apotik yaitu Laxing. Ini merupakan tablet dengan berbagai bahan alami herbal, seperti ekstrak Senna dan lidah buaya. Sehingga aman untuk mengkonsumsinya.

Keunggulan dari tablet Laxing adalah dapat mengatasi rasa sembelit tanpa mulas dan diare. Anda bisa mengkonsumsinya dengan jumlah 1-2 kapsul sebelum tidur untuk membantu mengatasi masalah kesulitan buang air besar.

  1. Laxadine – Rp Harga 55000 an

Jenis obat berikutnya ini berbentuk sirup yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil, anak usia 6 tahun kebawah, laktasi, hingga lanjut usia. Namun, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk menemukan solusi terbaiknya.

Kandungan yang ada pada Laxadine antara lain Parafin cair, Phenolphtalein, serta Gliserin. Bahan zat aktif tersebut mampu mendukung kinerja usus dan melicinkan jalan dan menambahkan volume feses. Dengan begitu, masalah sembelit bisa teratasi.

  1. Koloklin Capsule – Harga Rp 185000 an

Obat ini merupakan jenis dari hasil produksi menggunakan teknologi canggih sehingga telah teruji secara klinis mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Koloklin Capsule sudah masuk ke dalam lebih dari 20 negara.

Kandungan dalam obat ini berasal dari bahan alami, seperti Aloe Vera, Cassia dan Polygonum. Kombinasi material herbal tersebut mampu menghilangkan racun dalam usus serta memperkuat kinerjanya.

Penyebab Terjadinya Sembelit

Agar tidak mengalami sembelit dan BAB bisa lancar, maka pahami dahulu apa saja penyebabnya seperti ulasan di bawah ini:

  1. Kurang Konsumsi Serat

Serat memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan, terutama pencernaan. Kandungan gizi ini bisa dengan mudah mendapatkannya pada buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian. Zat tersebut mampu mencegah terjadinya kesulitan buang air besar.

Jika Anda kekurangan serat, maka selain bisa membuat terjadinya susah buang air besar, juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, selalu konsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat.

  1. Akibat Minum Obat-obatan Tertentu

Dengan mengkonsumsi beberapa obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab terjadi susah bab lho. Contohnya adalah obat anti nyeri, anti depresan, anti kejang, anti depresi, serta yang mengandung aluminium dan diuretic.

Konstipasi atau susah buang air besar akibat konsumsi obat-obatan tertentu tentu akibat dari kandungan yang ada di dalamnya. Anda bisa mengetahui hal ini dengan melihat pada indikasi atau efek samping pada kemasan. Dengan begitu, jika harus tetap minum, lakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Sering Menunda BAB

Ada banyak orang yang sengaja menunda untuk buang air besar. Mungkin mereka memiliki alasan tertentu. Tapi, hal tersebut bukanlah pilihan yang bagus. Menurut ahli, jika semakin lama tinja berada dalam usus, maka kandungan air akan semakin berkurang.

Dengan begitu, justru bakteri dan limbah hasil pencernaan menumpuk. Keadaan tersebut mengakibatkan terjadinya sembelit. Bahkan terdapat saraf pada rektum bisa rusak sehingga otak akan berhenti merespon keinginan BAB. Jika menahan buang air besar terlalu sering maka akibatnya sangat fatal.

  1. Terdapat Masalah Pada Usus Besar

Dalam sistem pencernaan, buang air besar merupakan proses terakhir berupa pembuangan kotoran. Masalah konstipasi pada orang-orang tentu saja berbeda satu sama lainnya. Ada yang biasa saja sampai keadaan mulai serius atau kronis.

Jika sudah berlangsung hingga beberapa kali dalam kurun waktu 3 bulan, maka bisa masuk kondisi kronis. Ini bisa terjadi akibat dari masalah kesehatan organ pencernaan, seperti pada usus besar. Penyakit tersebut juga pasti muncul karena adanya pola makan kurang baik.

  1. Kekurangan Minum Air Putih

Selain konsumsi makanan dengan kandungan serat, ternyata minum air putih juga berpengaruh terhadap terjadinya masalah buang air besar. Rasa yang muncul akibat konstipasi sangatlah tidak nyaman, seperti nyeri dan bahkan mengakibatkan penderitanya frustasi.

Dengan minum air putih yang cukup, maka tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Dengan begitu hal tersebut akan membuat mudahnya kotoran keluar. Sebaiknya hindari minuman dengan kandungan kafein atau soda karena merupakan diuretic (menyebabkan masalah konstipasi).

  1. Gaya Hidup Kurang Sehat

Penyebab yang paling sering terjadi berikutnya adalah gaya hidup kurang sehat. Ini bisa akibat dari pola makan tidak teratur, jam tidur berantakan dan jarangnya berolahraga. Masalah-masalah tersebut bisa memicu terjadinya konstipasi.

Jenis makanan yang menjadi penyebab sembelit seperti produk olahan susu. Sedangkan, jika Anda memiliki gangguan makan, juga sangat berisiko terkena masalah buang air besar karena kurangnya asupan serat. Malas gerak atau tidak suka berolahraga juga menjadi pemicu konstipasi.

Demikian informasi mengenai rekomendasi obat melancarkan bab di apotik, pastikan Anda tidak panik dan mengkonsumsinya sesuai takaran.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *