Merk Minuman Keras-Konsumsi alkohol seringkali hadir dalam perayaan tertentu bagi beberapa kalangan terutama jika mereka hidup di negara yang melegalkannya. Tidak hanya itu, alasan lainnya juga dipercaya untuk menghilangkan kepenatan sementara. Setidaknya ada beberapa merk minuman keras paling umum dijumpai di Indonesia.

Kelompok Merk Minuman Keras Berdasar Kadar Alkohol

Meskipun memiliki efek untuk menurunkan stress, namun mengonsumsi minuman keras juga bisa berdampak negatif jika kadar alkohol di dalamnya cukup tinggi. Beberapa di antaranya yakni gangguan mental, berperilaku dan berpikir. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengenali 3 kelompok berikut:

Adverstisment

Golongan C

Golongan C ini memiliki kadar alkohol paling tinggi yaitu 20 sampai 55%. Tentunya efek samping yang ditimbulkan juga lebih parah jika dibandinkan dengan jenis lainnya. Oleh karena itu, konsumsi dari minuman keras kelompok ini perlu dibatasi.

Beberapa merk minuman keras terkenal termasuk dalam kelompok ini adalah whiskey, vodka, tequila dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda mengonsumsinya tanpa mengetahui berapa kadar alkohol yang dikandungnya.

Golongan B

Kelompok selanjutnya yang memiliki kadar alkohol lebih rendah yakni golongan B dengan kisaran 5 sampai 20%. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun jumlah kandungan tersebut sudah menyebabkan efek mabuk bagi konsumennya.

Beberapa merk minuman keras yang masuk kelompok ini adalah anggur Orang Tua, anggur Malaga, Crème Cacao, Shochu dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki kadar alkohol cukup rendah daripada golongan C, namun Anda tetap perlu membatasi jumlah konsumsinya.

Golongan A

Sedangkan kelompok terakhir yaitu golongan dengan kadar alkohol paling rendah yakni hanya 1 sampai 5%. Hal ini membuat beberapa merk minuman keras yang memiliki kandungan tersebut dijual bebas di minimarket.

Meskipun tidak memiliki efek mabuk yang cukup tinggi, namun golongan ini tetap berdampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa merk diantaranya yaitu bir Bintang, Greensand, San Mguel dan masih banyak lagi.

6 Jenis dan Merk Minuman Keras yang Sering Dijumpai

Berbagai industri minuman keras tentunya memiliki rasa yang berbeda-beda bagi konsumennya. Salah satu faktornya yakni kadar alkohol di dalamnya. Pastinya hal ini juga menjadi pertimbangan setiap orang sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa merk paling sering dikonsumsi:

Beer

Beer

Merk pertama yang tentu sudah sering Anda dengar yaitu Beer. Brand kenamaan minuman keras ini dibuat dari proses fermentasi berbagai biji-bijian seperti sorgum, barley, jagung, beras dan lain-lain. Selama pembuatannya, dikenal tahap brewing yakni teknik pemasakan bir paling umum diaplikasikan.

Sementara kadar alkohol yang terdapat di dalam Beer biasanya berada pada kisaran 4 sampai 6%. Selain itu, merk ini juga memiliki barian rasa berbeda sehingga konsumennya dapat bebas memilih sesuai selera. Nama-namanya pun akan disesuaikan berdasar asal negara pembuatannya.

Merk Beer : Bali, Indonesia; Bir Carlsberg, Bali Hai, Bintang dan Anker.

Vodka

Vodka
foto : MI/Bagus Suryo Miras Ilegal : Petugas kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai tipe madya Kota Malang, Jawa Timur, menunjukkan barang bukti minuman keras yang diproduksi oleh industri ilegal, Kamis (12/5). Petugas berhasil menyita 953 botol miras merek Mc Donald, Mansion House, dan Vodka yang merugikan negara Rp37,526 juta. Tiga tersangka dibekuk terancam hukuman 5 tahun penjara.

Selain Beer, tentu Anda sudah sering mendengar merk ini dalam dunia minuman keras. Bahkan Vodka merupakan salah satu jenis yang paling dikenal. Sebenarnya brand ini telah lama dikenal dan diproduksi semenjak abad pertengahan terutama di beberapa negara bagian Eropa seperti Polandia.

Berbeda dengan Beer, Vodka diambil dari hasil fermentasi kentang dan serealia. Komposisinya pun terdiri dari alkohol serta air. Hingga saat ini, merk minuman keras terkenal ini sudah mulai diproduksi oleh pabrik modern yang dilengkapi teknologi canggih selama pembuatannya.

Merk Vodka : Seagram Extra Smooth Vodka,Iceland Vodka, Mansion Vodka, Absolut Vodka. Smirnoff Vodkam

Wine

Wine

Siapa yang tidak kenal dengan Wine? Merk ini seringkali dikonsumsi ketika orang-orang sedang merayakan sebuah pesta besar. Oleh karena itu, salah satu minuman keras ini dipercaya menjadi simbol kemewahan karena hanya bisa dirasakan oleh beberapa kalangan saja.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi wine yang diambil dari fermentasi buah anggur dapat mengurangi resiko dari penyakit jantung. Proses pembuatannya memakai bantuan ragi yaki Saccharomyces cerevisiae. Sementara kandungan alkohol di dalamna bisa mencapai 8 sampai 14%.

Merk Wine : Anggur Merah, Hatten Wines,TWO ISLAND WINES,ARTISAN ESTATE WINES,Sababay Reserve White,Plaga Carbenet Sauvignon, Cape Discovery

Brandy

Brandy

Merk minuman keras selanjutnya yang seringkali dikonsums adalah Brandy. Berbeda daripada sebelumnya, jenis ini dihasilkan dari proses penyulingan atau destilasi buah anggur. Selain itu juga menghasilkan warna coklat seperti caramel.

Proses penyulingan tersebut membuat kadar alkohol di dalamnya juga semakin tinggi, yakni 35 sampai 60%. Oleh karena itu, mengonsumsi Brandy seringkali dilakukan sesudah melaksanakan makan malam agar efek setelahnya tidak mengganggu efek seharian.

Merk Brandy : Brandy Rochedo, Coronet,Armagnac,Applejack,Calvados,Calvados,St. Remy Authentic Brandy,Three Barrels VSOP Brandy,Christian Brothers 750ml

Whiskey

Whiskey

Selain Brandy, Whiskey juga menjadi salah satu merk minuman keras yang memanfaatkan proses penyulingan selama pembuatannya. Jenis ini telah populer di kalangan masyarakat sehingga banyak dari mereka mengonsumsinya karena rasanya diakui sudah familiar di lidah orang-orang.

Whiskey memanfaatkan dua proses yakni fermentasi dan destilasi. Setelah tahapan tersebut, hasilnya akan disuling kemudian dikemas. Ciri khasnya yaitu selama pengolahan dibuat dalam gentong atau tong kayu dari pohon oak putih. Sementara kadar alkoholnya pun cukup tinggi yaitu sebesar 40%.

Merk Whiskey : Imperial Black Whiskey, Mr dowells whiskey honey,Scotch whiskey ,JACK DANIELS,Mansion House Whisky,Tenjaku Whisky

Tequila

Tequila

Merk minuman keras yang seringkali dikonsumsi masyarakat adalah Tequila. Nama tersebut diambil dari dari kota asalnya yaitu Tequila, Meksiko. Jenis ini dibuat dari bahan Agave tequilana atau tanaman blue agave dengan dibantu fermentasi mikroba.

Tequila bisa saja menghasilkan warna yang berbeda-beda dari putih sampa caramel kecoklatan. Sementara kadal alkoholnya pun juga cukup tinggi sekitar 35%. Beberapa variannya adalah Bianco, Reposado, Juven dan masih banyak lagi.

Merk Tequila : Rey Sol Anejo,Crystal tequila, Jose Cuervo Tequila, Corzo,Sierra Tequilla,Casa Dragones,Casa Noble,Partida Elegante Extra Anejo Tequila.

Itulah tadi penjelasan mengenai kelompok dan 6 merk minuman keras yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat di dunia. Perlu diingat, meskipun memiliki kadar alkohol cukup rendah, namun konsumsi berlebhan pun tetap memiliki dampak buruk bagi tubuh.

Admin