HATI HATI!! 2 Bahaya Salep Pi Kang Shuang - VELINA.INFO      
Ini Bahaya Salep Pi Kang Shuang

HATI HATI!! 2 Bahaya Salep Pi Kang Shuang

Bahaya Salep Pi Kang Shuang-Pi Kang Shuang merupakan salah satu produk salep ternama yang sering dikonsumsi oleh masyarakat untuk mengatasi permasalahan kulit akibat bakteri. Salep ini diklaim memberikan hasil terbaik dalam mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut. Selain itu, salep ini kerap digemari sebab aman dan memiliki harga yang murah.

Namun, siapa sangka ternyata penggunaan salep ini jika berlebihan justru turut menimbulkan bahaya?

Hal ini bukan disebabkan secara langsung oleh salep Pi Kang Shuang tersebut, melainkan disebabkan oleh kandungan yang terdapat pada salep tersebut. Adapun kandungan yang terdapat pada salep tersebut dimana digolongkan penggunaannya secara berlebihan menimbulkan bahaya adalah Triamcinolone.

Triamcinolone adalah kandungan atau obat yang dikhususkan untuk mengobati peradangan kulit atau alergi. Cara kerja dari kandungan atau obat tersebut adalah dengan menekan kerja sistem pertahanan tubuh atau leukosit dan cytokine penyebab terjadinya peradangan tersebut.

Beberapa Bahaya Salep Pi Kang Shuang

Triamcinolone ini termasuk ke dalam golongan Kortikosteroid dan cukup aman digunakan. Akan tetapi, untuk dosis yang memiliki ukuran tertentu diperlukan resep dokter. Triamcinolone ini bukan hanya dimiliki oleh salep Pi Kang Shuang, tetapi turut dimiliki oleh jenis salep lain, seperti Ziloven, Cincort, Opicort, Amtocort, dan lain – lain. Bentuknya juga tidak sepenuhnya berbentuk salep, melainkan dapat berupa tablet, suntuk, krim, bahkan cairan semprot.

Pada takaran umum yang biasanya diterapkan dalam penggunaan jenis salep ini adalah 0,025 – 0,5% ke bagian kulit yang terdampak bakteri atau alergi. Takaran tersebut merupakan takaran penggunaan salep kulit bagi orang dewasa, jika anak – anak mungkin anda dapat mengurangi takaran tersebut. Pastikan, takaran tidak terlalu berlebihan sebab tentunya dapat menimbulkan efek samping.

Lalu, apa sajakah Bahaya Salep Pi Kang Shuang yang berbahan Triamcinolone ini?

  1. Dapat Menyebabkan Vaksinasi Tidak Berfungsi

Hal pertama yang turut menjadi bahaya salep Pi Kang Shuang berbahan Triamcinolone secara berlebihan adalah menyebabkan tidak berfungsinya vaksinasi secara efektif. Hal ini disebabkan oleh penahanan leukosit atau sel darah putih yang turut menjadi penyembuh dan pengaktif vaksinasi oleh Triamcinolone itu sendiri. Sehingga, vaksinasi tidak akan berfungsi dan tidak memberikan kesembuhan bagi anda.

Baca Juga :   Cara Meluruskan Rambut Dengan Bedak Bayi,Pisang,Seledri dan Lain Lain

Oleh sebab itu, jika anda ingin melakukan sebuah vaksinasi, anda harus mantap memastikan bahwa tidak ada perawatan atau pengobatan Triamcinolone yang sedang anda lakukan, contoh simpelnya adalah dalam tahap penggunaan Pi Kang Shuang secara rutin. Jika tidak ada, maka anda dapat melakukan vaksinasi tetapi jika ada sebaiknya anda menghentikan pengobatan Pi Kang Shuang tersebut, lalu menetralkan tubuh dan mendapatkan vaksinasi agar berfungsi secara efektif.

  1. Dapat Mengurangi Tingkat Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa cara kerja dari Triamcinolone adalah dengan menahan sel darah putih yang bekerja sebagai sistem kekebalan tubuh atau bahkan membuat vaksinasi tidak berfungsi dengan baik maka dapat dipastikan penggunaan obat ini secara berlebihan dan jangka Panjang akan mengurangi daya tahan tubuh.

Hal tersebut tentu saja dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh seseorang. Seperti yang kita tahu, bahwa sistem kekebalan tubuh adalah hal utama yang harus dimiliki oleh seluruh orang. Jika sistem kekebalan tubuh menurun bahkan tidak aktif lagi maka berbagai penyakit akan datang dan memberikan penyakit – penyakit buruk bagi anda. Selain itu, tidak ada sistem kekebalan tubuh yang aktif maka seluruh vaksinasi atau pengobatan tidak akan berjalan dengan baik bahkan berpotensi tidak menyembuhkan.

Kedua bahaya salep Pi Kang Shuang di atas merupakan perolehan apabila menggunakan Triamcinolone secara berlebihan. Oleh sebab itu, gunakanlah Triamcinolone secara tepat dan baik, dimana sesuai takaran dan dengan langkah yang benar. Berbicara tentang langkah yang benar, berikut ini adalah beberapa langkah yang benar dalam menggunakan salep Pi Kang Shuang berbahan Triamcinolone dalam bentuk krim.

Cara Menggunakan Salep Pi Kang Shuan Yang Benar 

  1. Pastikan tangan yang digunakan untuk pengaplikasian dan daerah kulit yang kerap diaplikasikan bersih dari kotoran. Jika belum, maka cuci lah menggunakan air yang bersih.
  2. Oleskan krim salep tersebut secara perlahan dan merata pada bagian kulit yang ditujukan tersebut.
  3. Diamkan sejenak. Jangan tutup bagian yang telah diolesi krim tersebut agar krim dapat menyerap secara sempurna.
  4. Pengaplikasian krim ini secara umum hanya dapat digunakan pada bagian kulit rata dimana lipatan paha, ketiak, atau bahkan wajah tidak diizinkan pengaplikasiannya selain dari konsultasi dokter terlebih dahulu.
  5. Dalam melakukan pengobatan, pastikan anda tidak sedang melakukan vaksinasi atau akan melakukan vaksinasi.
  6. Gunakanlah obat ini secukupnya dengan takaran yang sewajarnya.
Baca Juga :   Impossibly High Beauty Standards Are Ruining My Self Esteem

Selain daripada itu, Triamcinolone tidak diizinkan untuk digunakan bersamaan dengan jenis obat lain. Hal tersebut disebabkan oleh efek – efek samping yang ditawarkannya selain dari efek samping akibat penggunaan jangka panjang. Adapun efek – efek samping yang diberikan oleh Triamcinolone akibat dipakai bersamaan dengan obat jenis.

Efek Samping Penggunaan Salep Pi Kang Shuang

  1. Penggunaannya jika dibarengi dengan antiinflamasi nonsteroid dapat menyebabkan pendarahan pada sistem pencernaan. Hal ini sangat berbahaya meskipun Triamcinolone hanya dikenakan pada kulit tetapi jika penggunaannya tersebut dibarengi dengan obat tersebut akan mengganggu organ dalam sistem pencernaan. Sehingga, perlu diperhatikan kehati – hatian ekstra dalam menggunakan pengobatan ini.
  2. Penggunaan kedua adalah jika dibarengi dengan salbutamol, bisoprolol, amphotericin B, dan teofilin dapat menyebabkan risiko hyperkalemia. Hiperkalemia adalah penyakit yang diakibatkan oleh jumlah kalium yang terlalu tinggi di dalam darah. Hal tersebut dapat berakibat langsung pada detak jantung, dimana jumlah detakannya akan menurun dan melambat. Hal ini tentu saja sangat berbahaya sebab bisa berpotensi kematian.
  3. Penggunaan kedua adalah jika digabungkan dengan antidiabetik. Obat ini dapat membuat penggunaan obat tersebut tidak berfungsi secara efektif dalam mengatasi permasalahan darah tinggi. Oleh sebab itu, kedua obat tersebut jika digabungkan akan menambah masalah darah tinggi atau bahkan tidak memperbaikinya.
  4. Efek samping lainnya adalah penggunaan obat tersebut secara mandiri tetapi berdasarkan bentuk obatnya sendiri. Dalam hal ini, Triamcinolone digunakan dalam bentuk salep sehingga salep krim tersebut jika penggunaannya berlebihan dapat menimbulkan gangguan kulit sendiri. Contohnya seperti rasa terbakar pada kulit, pengelupasan kulit, kulit kering, bersisik, gatal, memerah, dan terasa perih sehingga mengurangi rasa kenyamanan.
  5. Penggunaan obat ini bagi seorang ibu hamil dan menyusui juga turut perlu diperhitungkan. Hal ini disebabkan oleh kandungannya dalam takaran yang berlebihan atau berkepanjangan menimbulkan bahaya. Oleh sebab itu, untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya apabila ingin menggunakan obat bertemakan Triamcinolone haruslah sesuai dengan perintah dokter yaitu dengan cara melakukan konsultasi terlebih dahulu.

Hal – hal di atas adalah hal yang perlu anda ketahui mengenai efek samping atau bahaya salep Pi Kang Shuang dari kandungan Triamcinolone. Namun, selama anda menggunakan obat tersebut secara terarah dan takaran yang pas maka efek samping tersebut tidak akan menghampiri anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *