Efek Samping Kianpi Pil, Berbahayakah? - VELINA.INFO
efek samping Kianpi Pil

Efek Samping Kianpi Pil, Berbahayakah?

Saat mengkonsumsi obat apapun itu, pasti akan menimbulkan efek samping yang dikarenakan bahan di dalamnya. Karena itu lebih berhati-hati dalam menggunakan sebuah produk sangat diperlukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh efek samping Kianpi Pil.

Apa itu Kianpi Pil?

Produk keluaran perusahaan dari Tiongkok ini merupakan sejenis obat tradisional yang diramu khusus dari bahan herbal. Jenis ini berkhasiat untuk menambah berat badan 2 sampai 3 kilogram dengan kisaran waktu satu minggu.

Jenis obat herbal tersebut mengandung beberapa bahan yakni dong quai (Angeliaca sinesis), ba ji tian (Morinda officinialis), serta akar panax ginseng. Dalam bahan-bahan tersebut tentunya memiliki kegunaan dan efek samping masing-masing.

Beberapa Efek Samping Kianpi Pil   

Sesuatu yang instan sering kali memberi dampak yang tidak baik bagi tubuh, apa lagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama bisa jadi akan membuat ketergantungan. Meski produk ini dinilai sebagai obat herbal, namun banyak efek samping yang ditimbulkan dari bahan di dalamnya. Seperti:

  1. Sering Mengantuk dan Lemas

Tubuh yang terlalu kurus sering kali menjadi masalah, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Karena tubuh sendiri dipandang dapat menambah penampilan agar lebih menarik. Untuk itu, banyak orang melakukan usaha agar memiliki tubuh sesuai yang diinginkan.

Namun karena hal tersebut, dampak bagi kesehatan menjadi tidak diperhatikan. Seperti halnya mengkonsumsi pil ini dapat mengakibakan sering mengantuk dan tubuh menjadi lemas sehingga hanya ingin digunakan untuk istirahat saja dan malas melakukan kegiatan apapun.

  1. Pemicu Diabetes

Saat mengkonsumsi obat ini, nafsu makan akan bertambah drastis, sehingga makanan yang dikonsumsi tidak diperhatikan kandungannya. Bahkan terkadang, tidak diatur kadar yang tepat sesuai anjuran kesehatan. Seperti halnya jika kalori dalam tubuh terlalu banyak maka kadar gula dalam darah pun akan naik.

Baca Juga :   Manfaat dan Bahaya Cream Temulawak Yang Mengandung Mercury

Saat mengkonsumsi makanan secara berlebihan tentu akan berdampak buruk bagi tubuh, gangguan kesehatan pun bisa saja menyerang, disebabkan pola makan yang tidak sesuai serta kadarnya melebihi kebutuhan yang diperlukan.

  1. Berjerawat

Jerawat adalah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati sehingga menyumbat pori-pori pada wajah. Selain itu, penyebab lainnya yakni dikarenakan reaksi dari alergi makanan, obat, kandungan minyak berlebih, genetis, dan sebagainya.

Tubuh dapat mengeluarkan berbagai reaksi untuk memberi respon pada ketidak cocokan saat memakai atau mengkonsumsi sesuatu. Seperti halnya konsumsi pil ini dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat yang berlebih.

  1. Menjadikan Moonface

efek samping kianpi pil selanjutnya adalah menjadiikan moonface, Saat mengkonsumsi obat ini rasa lapar akan sangat sering datang, sehingga nafsu makan pun bertambah drastis. Kalori yang masuk dalam tubuh tentunya akan mengalami peningkatan juga, berakibat pada lemak menjadi tersimpan pada wajah.

Moon face sendiri adalah keadaan wajah yang menimbun banyak lemak sehingga menyebakannya pipi terlihat lebih tembam. Bagi sebagian orang, keadaan ini tentunya mengakibatkan ketidak nyamanan dan jika pada kadar yang berlebihan dapat membuat kesehatan tubuh menurun.

Efek Samping Kianpi Pil dari Bahan yang Digunakan

Hasil uji lab di Amerika pada pil jenis ini terdapat beberapa kandungan bahan kimia berbahaya yang tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Menurut Food and Drugs Administration (FDA) memperingatkan agar masyarakat tidak mengkonsumsi Kianpi ini. Berikut ulasannya:

  1. Dexamethasone

Bahan kimia jenis ini tergolong dalam kortikosteroid biasanya dimanfaat untuk mengobati peradangan. Akibatnya jika dikonsumsi dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang, persendian terasa sakit, mual dan muntah, serta tumbuhnya jamur dan bakteri.

Baca Juga :   Manfaat Bio Oil dan Bahaya Bio Oil Palsu

Pada tahap lebih lanjut senyawa kimia tersebut dapat menyebabkan sakau jika pemakaian tiba-tiba dihentikan, disebabkan karena kerja kelenjar adrenal terhambat. Untuk itu, saat mengkonsumsi jenis obat apapun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

  1. Cyproheptadine

Jenis ini merupakan obat yang sering difungsikan untuk mengatasi reaksi alergi dan tergolog dalam antihistamin. Mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak tentu mengakibatkan efek buruk yakni gelisah, rasa lapar berlebih, gugup, dan masih banyak lainnya.

Sering kali ketika minum obat disarankan tidak saat dalam keadaan sedang berkendara. Seperti halnya Kianpi pil ini, kandungan antihistaminnya dapat meyebabkan kantuk dan juga berpengaruh pada kewaspadaan mental.

Kenapa di Indonesia Telah Dilarang Peredarannya?

Pada tahun 2015 lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) mengumumkan bahwa, Kianpi pil dinyatakan sebagai salah satu dari 54 merk obat herbal yang dilarang peredarannya dan tidak memiliki nomor izin edar.

Dengan banyaknya dampak negatif bagi tubuh pengkonsumsian obat sejenis harus hati-hati dan lebih selektif lagi. Sebab yang ditakutkan tujuannya ingin sehat namun ternyata malah merusak tubuh, jadi teliti dalam membeli akan menguntungkan, dan jangan lupa untuk mengecek izin edar dari BPOM RI.

Bagaimana Cara Menggemukkan Badan Tanpa Kianpi Pil?

Pola makan yang sehat tentunya akan membawa pengaruh besar pada pertumbuhan, usahakan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Untuk menjaga kebugaran tubuh imbangi dengan rutin berolahraga, agar lebih aman konsultasikan kepada dokter yang ahli dalam bidangnya.

Makan dengan menu yang disukai serta porsi yang lebih besar juga dapat menjadi solusi agar berat badan bertambah. Untuk lebih maksimal, imbangi dengan tambahan lemak dan protein tinggi. Namun jangan lupa untuk memperhataikan kandungan nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh.

Baca Juga :   8 Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat Paling Ampuh

Efek samping Kianpi pil telah diketahui sangat tidak baik untuk kesehatan, jika menginginkan berat badan bertambah alangkah lebih baiknya konsumsi makanan sehat atau sebelumnya konsultasikan kepada dokter, agar tidak salah dan mebahayakan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *