Beranda Kesehatan Dampak Kolesterol dan Cara Mengatasinya

Dampak Kolesterol dan Cara Mengatasinya

15
0

Mungkin kita sering mendengar kata Kolestrol, lantas apa itu Kolesterol? Kolestrol adalah satu zat lemak yang beredar di dalam darah, yang diproduksi oleh hati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun ternyata memiliki kolesterol berlebihan itu tidak baik, karena dapat menyebabkan permasalahan seperti pada pembuluh darah jantung dan otak.

Pada dasarnya Kolestrol adalah zat senyawa lemak kompleks. Kolesterol 80% dihasilkan dari dalam tubuh, khusuxnya pada organ hati kemudian untuk 20% sisanya dari luar tubuh yang terbentuk dari zat makanan yang berfungsi sebagai pembentuk dinding sel.

Apa dampak Kolestrol Bagi Kesehatan? dan Apa saja Jenis kolesterol Tersebut?
Disarankan agar kita tidak untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kadar kolestrol tinggi. Sebab jika makanan yang kita konsumsi memiliki kolesterol berlebihan, maka dapat mengakibatkan penumpukan lemak dalam darah yang akhirnya dapat menyumbat pembuluh darah kita. Penyumbatan pembuluh darah dapat mengakibatkan jantung dan otak kita akan kekurangan pasokan darah yang pada akhirnya dapat menimbulkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah disebut juga dengan hiperkolesterolemia. Sebagaimana kita ketahui bahwa ada beberapa macam kolesterol, yang pertama adalah Low Density Lipoprotein (LDL) yang umum kita disebut sebagai kolesterol jahat. LDL mengandung 75 persen kolesterol dan hanya mengandung sedikit protein. Low Density Lipoprotein (LDL) berperan untuk mengalirkan kolesterol ke seluruh aliran darah dalam tubuh. Jika tubuh memiliki banyak kadar LDL maka dapat menyebabkan penumpukan lemak di dinding arteri.

Selanjutnya ada yang namanya kolesterol High Density Lipoprotein atau (HDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. HDL adalah kolestrol baik yang mengandung banyak protein dan mengalirkan 20-30 persen kolesterol ke seluruh tubuh. HDL berperan untuk membuang kelebihan kolesterol dari sel dan dinding arteri serta membawa kolesterol kembali ke hati untuk dibuang.

Bagaimana Cara atau Tips Mengatasi Kolestrol Tinggi?

1. Pilih Makanan yang Sehat untuk Jantung
Memilih makanan yang sehat adalah salah satu kunci agar banda Anda selalu sehat. Memperhatikan pola makan tentunya dapat mengontrol resiko terserang penyakit. Mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran sebagyak 5 sampai 9 porsir perhari dapat membantu Anda untuk menurunkan kolestol ”low density lipoprotein” (LDL) Atau Kolestrol buruk. Karena buah dan sayur banyak mengandung Antioksida yang bermanfaat untuk mencegah resiko terserangnya kolestol jahat. Selain itu kurangi juga makanan yang mengandung banyak berlemak. Beberapa makanan yang mengandung banyak kolestrol seperti : jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan, daging, santan, minyak, margarin, cokelat, dan gula.

2. Olahraga dan Tidur Teratur
Dengan olahraga serta diimbangi dengan tidur teratur, maka dapat menurunkan kolestol Anda, lakukan olahraga setiap pagi hari selama kurang lebih 20 sampai 30 menit, jika di pagi hari Anda sangat sibuk, maka coba luangkan waktu di sore hari. Karena dengan olahraga yang teratur dapat menurunkan resiko kolestrol tinggi. Selain itu imbagi aktivitas Anda dengan tidur yang cukup.

3. Jangan Sering Marah
Stress dan sering marah dapat memicu naiknya darah tinggi atau kolestrol, oleh karena itu jangan sering stress dan marah-marah. Carilah pelampiasan yang aman dan tidak merugikan Anda seperti membaca buku, mendengarkan music, jalan santai. Bersosialisasi.

Itulah tadi beberapa tips yang mungkin bisa memberikan Anda informasi seputar Kolestrol tinggi, semoga kita selalu sehat, yaitu tentunya dengan mengatur pola makan dan istirahat cukup.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini