Waspada! 10 Daftar Makanan Yang Dihindari Saat HB Rendah

Waspada! 10 Daftar Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah

  • 4 min read
  • Jun 28, 2020
Waspada! Ini Daftar Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah

Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah-HB atau hemoglobin adalah zat yang membawa protein kaya zat besi melalui sel darah merah yang tugasnya adalah membawa oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Nah, karena fungsinya yang cukup penting bagi tubuh, maka usahakan supaya HB Anda normal. Namun, sebaiknya pastikan Anda tahu makanan yang dihindari saat HB rendah supaya senantiasa dalam keadaan baik!

10 Daftar Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah

1.Gorengan

Siapa yang tidak suka pisang goreng, mendoan, atau bakwan yang baru diangkat dari penggorengan? Hangat dan jadi teman minum teh yang nikmat. Walau begitu, jika keadaan HB Anda sedang rendah, sebaiknya kurangi mengonsumsi apapun yang digoreng. Kenapa? Karena makanan berminyak bisa memperburuk kondisi HB.

Adanya lemak trans yang terkandung dalam gorengan dipercaya bisa menghambat aliran darah yang ada pada tubuh. Jika terlalu sering makan gorengan, tidak menutup kemungkinan untuk terserang hipotensi.

2.Kafein

makanan yang dihindari saat HB rendah  selanjutnya adalah kafein, kenapa kafein? Saat menunda kantuk, Anda mungkin biasa membuat segelas kopi atau teh hangat sebagai teman. Namun, jika Anda memiliki riwayat HB rendah, sebaiknya hindari menikmati minum atau makanan yang mengandung kafein. Kafein ini menyebabkan kehilangan fe yang yang bisa menyebabkan anemia. Nah, jika kemudian kekurangan fe, hemoglobin bisa jadi menurun.

Ini juga patut dipahami bagi perempuan yang sedang hamil karena rawan terkena anemia. Jika sudah terkena anemia, orang tersebut akan menjadi mudah lemas dan lesu, bahkan bisa mempengaruhi kerja otak. Selain itu, konsumsi kafein yang membuat susah tidur justru memperparah keadaan jika sudah terkena hipotensi yang seharusnya banyak istirahat.

3.Makanan yang mengandung tannin

Memang jika sudah terlanjur terkena sebuah penyakit, banyak hal dalam tubuh yang perlu dijaga, termasuk makanan. Tidak semua makanan bisa disantap agar tidak memperparah kondisi tubuh yang HB terlanjur rendah. Seperti makanan yang mengandung tannin, ini perlu Anda hindari untuk dikonsumsi. Dikabarkan, tanin menyebabkan penyerapan zat besi jadi terganggu.

Tanin biasanya banyak ditemukan di bahan makanan nabati. Sebut saja makanan yang dihindari saat HB rendah yang mengandung tannin adalah bayam, sayuran berwarna gelap, anggur, kopi, dan bahkan teh.

4.Makanan yang tinggi kalsium

Berhati-hati sangat perlu dilakukan jika Anda terkena anemia. Perasaan tidak tenang dan lemas pasti akan menghampiri Anda. anemia disebabkan karena kekurangan zat besi, maka sebaiknya juga hindari makanan atau minuman yang kaya akan kalsium. Hal ini disebabkan karena konsumsi makanan dengan tinggi kalsium bisa mengganggu penyerapan zat besi sehingga mampu menyebabkan anemia atau HB rendah.

Makanan tinggi kalsium yang perlu dihindari saat HB sedang turun adalah seperti susu, yogurt, keju, pisang dan aneka kacang. Banyak sekali bukan pantangannya?

5.Makanan dengan asam oksalat

Selain harus memperhatikan dan mengurangi makanan yang banyak kandungan zat besinya, Anda juga perlu hati-hati dengan makanan yang ada asam oksalat di dalamnya. Sebut saja seperti peterseli, cokelat, kacang tanah, dan beberapa makanan lainnya.

Adanya asam oksalat sama halnya dengan keberadaan kalsium yang bisa mengganggu zat besi sehingga membuat HB makin menurun dan memperparah anemia.

6.Aneka macam Teh

Minum segelas teh saat sore hari memang menyenangkan, apalagi saat hujan. Sayangnya, jika Anda adalah penderita HB rendah,  minum teh perlu dihindari dalam beberapa waktu akrena teh termasuk juga dalam minuman/makanan yang dihindari saat HB rendah .  Apapun jenis tehnya, mau itu teh hijau, teh hitam, ini bisa memperburuk keadaan Anda. kenapa? Karena ada tannin di dalam setiap teh.

Ciri khas makanan dan minuman yang terkandung tannin di dalamnya adalah memiliki rasa pahit. Walau baik sebagai antioksidan, sayangnya teh membuat tubuh Anda menjadi kurang maksimal dalam menyerap zat besi.

7.Beras Merah

Di dalam beras merah, terkandung asam fitat yang sama dengan adanya di kacang-kacangan. Meski baik untuk diet, tapi jika HB Anda sedang rendah, mungkin bisa diganti dengan makanan yang lain lebih dulu. Asam fitat tersebut mengikat zat besi ketika masuk ke dalam tubuh dan hal ini menyebabkan jadi sulit untuk penyerapannya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, setidaknya ada 5-10 mg asam fitat yang bisa menghambat zat besi dan mencapai 50 persen. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengurangi asam fitatnya dengan cara merendam beras merahnya sebelum kemudian dicuci dan dimasak.

8.Gluten

Gluten adalah bahan yang biasanya ada pada makanan seperti kue, gandum, dan biji-bijian. Apabila Anda sedang dalam keadaan HB yang rendah, maka hindari untuk makan makanan yang terdapat gluten di dalamnya. Ini karena adanya gluten bisa merusak dinding usus yang menyebabkan nutrisi seperti folat dan zat besi sukar untuk diserap oleh tubuh.

Ini juga termasuk mie instan. Walau bisa cepat dibuat dan lezat, dalam mie instan tidak terkandung zat besi. Selain itu, makanan instan seperti mie ini juga sukar dicerna tubuh. Apalagi, dalam mie instan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Maksudnya, makanan yang menekan rasa lapar bisa menyebabkan tekanan darah jadi menurun.

9.Mentimun

Makan nasi, sambal, dan lauk, sepertinya kurang tanpa adanya lalapan seperti mentimun yang menyegarkan. Apalagi di dalam mentimun terkandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh juga Anda pasti tahu bahwa timun mampu mendinginkan sehingga baik untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

Sebaliknya, mentimun juga menjadi makanan dihindari saat HB rendah dan juga bagi seseorang yang memiliki penyakit darah rendah karena mentimun memiliki Kandungan kalium dan rendah natrium yang bisa menurunkan tekanan darah.

10.Makanan pedas

Bagi Anda yang memiliki HB rendah, jangan terlalu sering makan makanan yang pedas, ya! Terlebih jika sejak awal Anda juga memiliki penyakit asam lambung. Semakin tergerusnya lambung dan berkurangnya nafsu makan justru berbahaya. Ini karena jika Anda menunda makan, penyerapan nutrisi juga terhambat sehingga tidak bisa segera mengembalikan HB ke kondisi normal.

Kesimpulan Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah

Memang perlu perhatian dan rasa hati-hati jika sedang dalam kondisi HB yang rendah. Hindari makan makanan di atas dan cari informasi makanan yang bisa meningkatkan HB dengan cepat. Sangat disayangkan bukan jika kemudian Anda dalam kondisi yang lemas dan tidak bisa beraktifitas seperti sedia kala? Jangan lupa, kebersihan makanan juga patut diprioritaskan , untuk coba menaikan hb anda juga bisa dengan meminum susu , anda bisa membacanya di sini merk susu untuk menaikkan hb.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: