Menyambut kelahiran sang buah hati merupakan momen paling menyenangkan. Namun seringkali kondisi tersebut berubah menjadi panik ketika anak terus mengeluarkan belek hingga berbulan-bulan. Di keadaan itu, banyak orang tua yang mencari cara mengobati mata belekan secara tradisional untuk bayi.

Beberapa Bahan Alami dan Cara Mengobati Mata Belekan secara Tradisional untuk Bayi

Pada dasarnya gangguan mata pada bayi merupakan masalah umum. Hal ini sering terjadi dengan berbagai faktor penyebab. Jika buah hati Anda mengalami kondisi tersebut tidak perlu terlalu khawatir. Berikut ini terdapat cara pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan alami, diantaranya seperti:

Adverstisment
  1. Air Hangat

Salah satu tindakan dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi masalah belekan pada bayi yakni memakai air hangat. Anda bisa membersihkan dan mengompres bagian mata anak memakai handuk bersih yang sudah dibasahi, namun pastikan agar tetap steril.

Tindakan mengompres menggunakan handuk tersebut akan meringankan rasa pegal dan perih pada bagian mata yang belekan. Terapi air hangat ini merupakan cara tradisional yang terbukti cukup efektif dapat melunturkan lemak alami serta mengontrol sirkulasi darah.

  1. Madu

Selain memakai media air hangat, cara mengobati mata belekan secara tradisional untuk bayi juga bisa menggunakan madu murni. Karena terbukti cukup efektif, metode tersebut kini banyak diteliti oleh para ilmuwan.

Jika selama ini madu terkenal baik untuk kesehatan tubuh, ternyata hasil lebah tersebut juga dapat digunakan sebagai obat belekan pada anak. Caranya cukup mudah, oleskan pada area sekitar mata. Kemudian tunggu hingga mengering lalu bersihkan.

  1. Daun Sirih

Berikutnya obat alami lainnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan belekan pada bayi yakni memakai daun sirih. Dalam dunia kesehatan, bahan ini sangat terkenal memiliki kandungan anti kuman.

Berbekal kandungan anti kuman tersebut, obat alami  terbukti cukup ampuh menyembuhkan belekan pada bayi yang disebabkan karena bakteri dan mencegah terjadinya infeksi lebih parah. Cara penggunaannya cukup mudah, pakailah air rebusan  daun sirih untuk membersihkan area mata.

  1. Kentang

Mungkin banyak orang yang tidak percaya jika bahan makan satu ini juga dapat digunakan untuk mengobati belekan pada bayi. Meskipun tergolong cara tradisional namun metode ini terbukti memberikan efek penyembuhan, seperti meredakan rasa sakit dan mengurangi bengkak

Cara menggunakan bahan yang satu ini untuk obat belekan cukup mudah. Anda tinggal mengolah kentang menjadi sebuah jus. Berikutnya, oleskan cairan tersebut layaknya masker ke area sekitar mata.

  1. Mentimun

Selain untuk lalapan, sayur yang satu ini juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan sebagai masker wajah. Namun jarang orang mengetahui, jika mentimun juga dapat dipakai sebagai obat belekan pada bayi.

Perlu diketahui bahwa sayur ini memiliki kandungan antioksidan alami yang dapat meredakan rasa nyeri akibat iritasi ketika belekan. Cara menggunakan mentimun untuk obat cukup sederhana, tinggal potong saja tipis-tipis dan tempelkan pada mata tertutup.

  1. Tomat

Tidak mau kalah dengan jenis sayuran lainnya. Tomat terkenal memiliki kandungan vitamin  yang sangat tinggi, selain bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ternyata bahan ini juga dapat digunakan sebagai obat belekan pada bayi.

Pertama, pilihlah tomat yang segar dan cuci hingga bersih. Kemudian potong tipis-tipis lalu letakkan ke bagian mata dengan kondisi tertutup. Terapi seperti ini terbukti efektif untuk menetralkan racun serta bakteri penyebab belekan.

  1. Bawang Putih

Tidak hanya sayur saja yang dapat dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan belekan pada bayi. Pasalnya, bahan dapur satu ini juga memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan termasuk mengobati gangguan mata.

Umumnya belekan pada bayi disebabkan karena bakteri. Untuk membasmi kuman-kuman jahat tersebut, bawang putih adalah ahlinya. Cara penggunanya cukup mudah, pertama kupas dan potong kecil dibagian ujungnya kemudian oleskan pada kelopak mata setelah itu bilas dengan air bersih.

  1. Air Mawar

Jika tidak menyukai bau bawang putih, Anda dapat menggunakan air mawar yang memiliki aroma wangi untuk dijadikan obat belekan pada bayi. Cara mendapatkannya juga tidak mudah, karena produk ini banyak dijual di berbagai tempat.

Metode pengobatan tradisional ini terbilang cukup efektif membunuh bakteri-bakteri jahat penyebab belekan. Selain itu, langkah-langkahnya juga sederhana. Tinggal campurkan beberapa tetes cairan mawar tersebut ke dalam air bersih di baskom. Kemudian gunakan untuk membasuh mata.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya memiliki khasiat bagus untuk perawatan rambut. Faktanya tumbuhan ini juga banyak digunakan oleh masyarakat sebagai obat herbal dalam mengatasi gangguan mata seperti belekan.

Berdasarkan beberapa penelitian, senyawa yang terkandung dalam lidah buaya terbukti efektif menyembuhkan belekan. Caranya, tinggal oleskan saja bagian gelnya ke area kelopak namun hati-hati jangan sampai terkena mata karena akan terasa perih dan bilas setelah mengering.

  1. Buah Pir

cara mengobati mata belekan secara tradisional untuk bayi lainnya yang dapat dilakukan untuk bisa menggunakan pir. Kandungan buah ini dipercaya dapat membunuh bakteri jahat dan memberikan nutrisi tambahan.

Langkah-langkah pengobatan menggunakan buah ini tidak jauh berbeda dengan metode lain. Tinggal potong kecil-kecil pir tanpa perlu dikupas. Kemudian masukkan ke dalam air baskom dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, gunakan untuk membasuh area mata secara berulang-ulang.

Demikianlah ulasan seputar cara mengobati mata belekan secara tradisional untuk bayi. Semoga informasi di atas dapat menjadi sumber solusi dan menjawab kebingungan para orang tua ketika sang buah hati yang masih kecil mengalami gangguan mata.

Admin