Cara Mengobati Luka yang Terlihat Dagingnya – Luka fisik bisa datang kapanpun saat kita sedang beraktifitas seperti jatuh tersandung atau kecelakaan dengan sepeda motor, biasanya kerjadian tersebut akan meninggalkan dampak yang cukup bervariasi apalagi kalau menyangkut kulit ,kulit merupakan organ tubuh yang cukup rentan,goresan sedikit saja bisa menimbulkan luka ringan, dalam kondisi jatuh yang cukup parah , kulit akan mengalami luka yang bisa terlihat dagingya,    Sebenarnya ada cara mengobati luka yang terlihat dagingnya, sebab goresan akan lekas sembuh bila dirawat rutin.

Berbagai Metode Cara Mengobati Luka yang Terlihat Dagingnya

Kecelakan kendaraan yang ada di jalan raya terkadang membuat seseorang menderita terluka hingga berdarah sangat parah, bahkan hingga terlihat bagian dagingnya. Jika ini sedang Anda alami sekarang, jangan khawatir karena solusinya cukup mudah. Berikut adalah penanganannya:

Adverstisment
  1. Bersihkan Luka

Tips pertama yang harus dilakukan ialah membersihkan luka terlebih dahulu. Jangan sampai membiarkan kotoran masih menempel di area sekitarnya sebab jika ini terjadi akan berpotensi menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, bersihkanlah menggunakan lap bersih atau kapas basah.

Dengan membersihkannya, hal itu sedikit mengurangi resiko terjadinya infeksi luka. Jika Anda tak bisa melakuannya secara mandiri, pasien bisa meminta bantuan keluarga atau teman. Jangan skip langkah ini sebab apabila tidak dibersihkan, ditakutkan sakit luar itu akan makin parah hingga akhirnya memburuk.

  1. Hentikan Pendarahan

Setelah luka dibersihkan, silakan menghentikan pendarahan. Jatuh dari sepeda motor terkadang memberikan sakit cukup serius sehingga banyak darah yang mengucur. Gunakan kapas dan tekanlah untuk mengurangi jumlahnya. Jangan ditekan terlalu keras terutama jika dagingnya keliatan.

Apabila kapas telah penuh oleh luka, gantilah dengan yang lainnya dan ulangi metode tersebut. Tekanlah secara perlahan, jika perlu lakukan ini selama beberapa menit. Pastikan darah sudah tidak mengucur deras saat akan diobati. Bila tak terlalu parah, umumnya pendarahan pada kulit itu dapat berhenti.

  1. Beri Antibiotik

Usai dibersihkan dan darah sudah tak mengucur deras, silakan berikan antibiotik. Anda pun dapat memberikan obat berbentuk salep yang mengandung antibakteri. Cukup mudah menemukannya karena dijual bebas di apotek. Ada berbagai merk terbaik antara lain: neosporin, bacitracin serta betadine.

Sebelum memberinya antibiotik, sebaiknya baca kandungan serta efek sampingnya, terutama apabila pasien memiliki alergi obat-obatan. Jika asal memberikan antibiotik, ditakutkan ia akan mendapatkan dampak buruk seperti gatal-gatal. Oleh karena itu, penting memperhatikan kemasan pada salep itu.

  1. Tutup Kasa

Luka yang terlihat dagingnya umumnya agak dalam sehingga dibutuhkan kasa untuk menutupinya. Dengan menggunakan cover dari bahan tersebut, sakit yang diderita bisa cepat sembuh karena terhindar udara dan bahan asing lainnya. Dilakukannya langkah ini agar kulit terasa lembab serta membaik.

Kasa mampu membantu proses penyembuhan sehingga ada baiknya menutupnya dengan bahan berwarna putih tersebut. Penutupan luka ini diperlukan agar bakteri tak bisa menyentuhnya langsung jadi pasien dapat sembuh sesegera mungkin. Jika tidak ditutup, itu akan sangat membahayakan.

  1. Minum Obat Penahan Nyeri

Luka ringan umumnya bisa sembuh dalam beberapa hari, namun jika sobekan pada kulit cukup parah, umumnya memberikan nyeri teramat sangat. Banyak pasien yang tak tahan dengan kondisi ini sehingga membutuhkan obat khusus. Bila itu juga sedang alami, maka segera konsumsi pengurang rasa sakit.

Apabila Anda takut dengan efek samping yang diberikan obat, maka pasien bisa mengonsumsi parasetamol untuk sedikit mengurangi nyeri. Minumlah hanya saat merasa sakit agar tidak mendapatkan dampak buruk. Umumnya, luka dalam memerlukan langkah ini sehingga penderita merasa lebih tenang.

  1. Konsumsi Makanan Penyembuh

Cara mengobati luka yang terlihat dagingnya cukup mudah dan praktis. Anda harus mengonsumsi makanan bergizi agar sakitnya bisa segera sembuh. Ada beberapa bahan terbaik untuk membantu proses pembentukan jaringan baru pada kulit antara lain: semangka, daging, labu, ikan serta lemon.

Labu mengandung magnesium yang bisa membantu proses penyembuhan pada luka. Secara perlahan, bahan makanan tersebut akan memicu kulit untuk segera membuat jaringan baru. Alhasil, Anda pun bisa lebih cepat sembuh dari kecelakaan. Selain sayuran itu, perbanyak juga mengonsumsi daging serta ikan.

  1. Datangi Dokter

Apabila ternyata sakita pasien tidak mengalami perubahan secara signifikan, berarti ini memerlukan penanganan khusus dari dokter. Bagaimana cara mengetahui hal tersebut? Cukup mudah, pertama, darah nampak susah berhenti. Kedua setelah beberapa hari, bagian sakit tak kunjung mengering.

Jika itu terjadi, jangan ragu pergi dokter sebab pihak medis akan memberikan penanganan terbaiknya. Umumnya pasien diberikan antiseptik beserta obat dalam yang harus diminum. Dijamin, cara ini sangat ampuh dalam mengobati luka berdarah tersebut. Anda hanya perlu rutin mengonsumsinya.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Mengobati Luka dengan Daging Terlihat

Jatuh dari kendaraan motor terkadang menyebabkan luka parah hingga penderita harus diobati secara khusus. Agar sakit yang dirasakan ini cepat sembuh dan penderita cepat melakukan rutinitas kembali, sebaiknya pasien menghindari beberapa hal. Berikut adalah berbagai larangannya:

  1. Menggunakan Kasa Dalam Waktu Lama

Salah satu hal yang harus dilakukan ialah mengganti kasa secara teratur. Apabila luka sangat besar dan parah, gantilah setiap hari. Namun, bila sudah mulai mengering, pasien bisa melakukan penggantian 2 hari sekali. Melakukan tips ini penting sebab jika penutupnya kotor, kuman akan berkembang.

Saat mengobati sakit tersebut, pastikan kasa benar-benar rapat agar kuman atau bakteri tak bisa masuk. Jika luka ditutupi dengan baik, sakit pun bisa segera sembuh. Itulah mengapa orang selalu menyarankan mengganti cover secara rutin.

  1. Mengobati Luka Tanpa Mencuci Tangan

Cara mengobatinya sebenarnya cukup mudah. Namun, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu. Jika keadannya kotor dan dipakai untuk merawat luka, ditakutkan akan memicu infeksi karena tercampur bakteri. Hal ini pun berlaku pada orang yang membantu memberikan antibiotik pada sakit pasien.

Jika pasien tak bisa mengobati lukanya sendiri, tentu orang lain harus membantunya. Nah, agar prosesnya aman serta nyaman, sarankan pada keluarga atau teman Anda untuk mencuci tangannya terlebih dahulu sehingga penyembuhan dilakukan secara higienis dan tak memberi efek buruk.

  1. Melakukan Perjalanan Jauh

Jika Anda memiliki luka yang dagingnya terlihat, sebaiknya istirahat di rumah dan jangan berpergian terlebih dahulu. Melakukan perjalanan akan memicu masuknya kuman atau bakteri, terutama bila kasa tenyata kurang rapat. Daripada melakukan hal-hal beresiko, ada baiknya menundanya.

Orang yang sedang sakit disarankan tetap berada di dalam rumah agar proses penyembuhannya cepat. Apabila tips ini dilakukan, dijamin pasien bisa segera pulih sehingga bisa beraktivitas kembali. Oleh karena itu, tundalah kegiatan berpergian kecuali saat penting. Hal itu demi pemulihan kondisi Anda.

Itulah beberapa Cara Mengobati Luka yang Terlihat Dagingnya. Apabila tips di atas dilakukan secara rutin, maka penderita pun akan segera sembuh seperti sedia kala. Tak hanya obat luar, makanan pun dapat membantu proses penyembuhan. Jika sakit berlanjut, jangan ragu ke dokter untuk perawatan khusus. Selamat mencoba dan sesuaikan dengan ulasan di atas.