Pahami 13 Cara Melancarkan Haid Yang Terlambat 2 Bulan  - VELINA.INFO      
Jangan Takut, Pahami 13 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Berikut

Pahami 13 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan 

Bagi para wanita, terlambat datang bulan bisa menjadi masalah, bahkan apabila haid telat hingga 2 bulan. Jika siklus ini tidak lancar akan banyak masalah yang diakibatkan olehnya, misalnya mood berubah ubah. Namun ini bukanlah hal yang sulit untuk mengatasinya, sebab cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan cukup mudah.

Cara Mengatasi Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar haid. Siklus bulanan yang tidak teratur dan berbeda-beda dialami oleh banyak wanita. Berikut ini adalah beberapa cara alaminya:

  1. Meditasi

Salah satu cara untuk memperlancar haid yang terlambat adalah dengan meditasi. Aktivitas ini merupakan hal yang sederhana untuk membantu siklus terlambat bulan. Hal ini dapat mengurangi stres dan juga menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh.

Cobalah luangkan waktu untuk bermeditasi setiap hari di pagi atau malam sebelum tidur. Kegiatan ini dapat mempengaruhi tidur menjadi lebih nyenyak dan memulai hari Anda menjadi lebih bersemangat lagi.

  1. Yoga

Yoga dapat mengurangi nyeri haid. Olahraga ini cukup efektif sebagai salah satu cara memperlancar terlambat bulan. Berdasarkan riset ditemukan bahwa, aktivitas ini mampu membantu mengendalikan kadar hormon di dalam tubuh yang membuat siklus bulanan tidak teratur.

Untuk melakukan yoga Anda tidak harus ke gym atau pusat kebugaran. Cukup dirumah menonton melalui jaringan internet, misalnya membuka dari channel Youtube. Lakukanlah secara rutin di rumah dan rasakanlah perbedaannya di tubuh.

  1. Menjaga Berat Badan

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan selajutnya adalah menjaga berat badan,Mempunyai berat badan yang terlalu kurus atau gemuk bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur. Oleh sebab itu, dengan menjaga tubuh tetap ideal mampu menjadi cara memperlancar haid.

Biasakan untuk makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam menjaga berat badan tetap stabil, mintalah bantuan dari dokter atau ahli gizi. Mereka akan mencari metode paling tepat untuk membantu.

  1. Terapi Hormon

Terapi ini dilakukan dengan cara memberikan obat yang mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu. Pada umumnya langkah medis ini diberikan untuk wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, bahkan terkadang sampai membuat sulit hamil.

Terapi hormon bisa anda dapatkan dengan bantuan dokter. Carilah rumah sakit atau klinik terpercaya dan juga tenaga medis yang sudah berpengalaman. Selalu konsultasi langkah-langkahnya dan dapatkanlah informasi lengkapnya sebelum mencobanya.

  1. Konsumsi Daun Pepaya

Daun pepaya yang memiliki rasa pahit bisa dijadikan salah satu cara untuk memperlancar haid secara alami. Makanan ini mempunyai manfaat dari kombinasi vitamin dan mineral kalsium yang di kandungnya.

Konsumsi daun ini secara rutin, caranya rebuslah dengan ditambahkan 2 gelas air, lalu masukan garam dan sedikit asam jawa. Setelah mendidih, minum airnya. Lakukan ini secara rutin setiap harinya.

  1. Konsumsi Jahe

Jahe mengandung vitamin A, B, C, karbohidrat, mineral, serat serta minyak atsiri. Oleh karena kandungan nya itu jahe banyak dikonsumsi saat siklus haid tidak teratur. Dengan mengkonsumsi secara rutin Anda akan kembali memiliki tamu bulanan normal.

Caranya sangat mudah, seduhlah air rebusan jahe setelah itu bisa ditambah gula atau madu. Minumlah setiap hari hingga siklus haid dapat kembali teratur dan Anda jauh dari terlambat datang bulan.

  1. Air Kelapa Hijau

Cara memperlancar haid yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi air kelapa hijau. Cairan ini mengandung senyawa laurat yang memiliki sifat sebagai antijamur, antibakteri dan juga antivirus.

Dengan nutrisi lainnya yang terkandung di dalam air kelapa hijau dapat menghasilkan banyak manfaat alami untuk kesehatan tubuh, tanpa terkecuali memperlancar haid. Untuk mengkonsumsinya bisa langsung anda minum.

  1. Kunyit

Kunyit asam sudah menjadi minuman yang tidak asing lagi bagi banyak wanita. Cairan ini mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat penahan sakit, yaitu kurkumin. Selain itu juga dapat memperlancar darah haid.

Kunyit sangat terkenal sebagai antioksidan dan antiinflamasi.Sangat mudah menemukan minuman ini. Konsumsilah secara teratur, Anda bisa juga menambahkannya ke dalam teh atau langsung meminumnya sebagai jamu.

  1. Obat Hormon Sintetik

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan secara medis bisa Anda tempuh untuk mengatasi terlambat datang bulan. Obat hormon sintetik dapat digunakan untuk mengatasi masalah haid.

Zat yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat untuk membuat indung telur menghasilkan sel telur dengan lancar sehingga terjadi proses menstruasi. Hormon yang diproduksi di dalam tubuh tidak cukup sehingga menjadi penyebab seseorang telat haid selama 2 bulan.

  1. Obat Pendorong Ovulasi

Obat pendorong ovulasi memiliki fungsi untuk membuat indung telur bisa menghasilkan sel telur dengan cepat dan lancar sehingga terjadi menstruasi. Setelah Anda mengkonsumsinya maka ovum akan bekerja normal untuk menghasilkan sel telur dan haid menjadi teratur.

Zat yang terdapat di obat ini mengatasi peradangan pada sistem reproduksi mengakibatkan aliran darah ke organ reproduksi menjadi lebih lancar.Untuk cara ini sebaiknya anda mengkonsultasikan dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan dosis dan takaran.

  1. Banyak Minum Air Putih

Kurang minum dapat mengakibatkan dehidrasi, begitu pula yang anda rasakan apabila kurang asupan cairan saat haid. Akibatnya darah hanya akan keluar sedikit. Maka, pastikan banyaklah minum setiap hari minimal 8 gelas.

Metabolisme tubuh akan tetap terjaga, begitu pula dengan hormon yang bekerja di dalam badan. Siklus menstruasi dapat berubah dengan normal dan sesuai jadwal. Selain itu Anda tetap selalu bugar dan sehat.

  1. Hilangkan stres

Keadaan psikis dapat pula mempengaruhi metabolisme dan juga hormon di dalam tubuh. Di saat keadaan tenang dan rilex, semua bekerja sesuai dengan fungsinya. Hindarilah stress dan juga kondisi pikiran yang lelah.

Stress dapat mempengaruhi hormon dan metabolisme tubuh. Disaat Anda mengalami stress maka menstruasi akan menjadi tidak teratur, bisa saja darah haid tidak lancar mengalir atau bahkan dapat keluar dengan deras jadi menghilangkan stress juga termasuk salah satu cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan.

  1. Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat

Bagi anda yang telah menikah dan sedang dalam program KB, alat kontrasepsi dapat menjadi salah satu kemungkinan penyebab telat menstruasi. Alat kontrasepsi yang tidak cocok dapat menyebabkan terlambatnya haid.

Menurut penelitian, wanita yang mengalami siklus menstruasi teratur pada umumnya menggunakan alat kontrasepsi B suntik, KB implan atau IUD. Jika Anda menggunakan salah satu yang disebutkan, segeralah konsultasi dengan dokter.

Demikianlah cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan, semoga dapat membantu Anda yang memiliki masalah dengan tamu bulanan. Tetaplah menjaga kesehatan agar metabolisme tubuh selalu terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *