12 Solusi Aman Cara Agar Menstruasi Cepat Mampet - VELINA.INFO      
12 Solusi Aman Cara Agar Menstruasi Cepat Mampet

12 Solusi Aman Cara Agar Menstruasi Cepat Mampet

Datang bulan ialah aktivitas yang alami terjadi pada seorang wanita. Pada beberapa perempuan, mereka kurang nyaman kehadiran haid ini, karena menimbulkan nyeri dan berlangsung cukup lama. Untuk itu, ketahui cara agar menstruasi cepat mampet supaya segera bebas melakukan kegiatan apapun.

Beberapa Cara Agar Menstruasi Cepat Mampet

Terkadang, lama keluarnya darah haid tidak tentu. Tidak jarang sebagian kaum Hawa mencari informasi terkait bagaimana solusi terbaik. Untuk itu, perhatikan beberapa ulasan di bawah ini:

  1. Pakai Alat Kontrasepsi

Masa haid biasanya berlangsung selama 5 hingga satu minggu lebih. Untuk bisa mempercepatnya, Anda bisa memakai alat kontrasepsi. Alat ini bekerja dengan cara menghambat ovulasi. Ada sejumlah pilihan pemasangan, seperti suntik KB, pil KB, implant, dan spiral.

Penggunaan alat kontrasepsi ini tentu harus berdasarkan anjuran dokter untuk meminimalisir dampaknya. Beberapa efek yang timbul antara lain, sakit kepala, timbulnya penyakit kardiovaskular, terjadi ketidakseimbangan hormone dalam tubuh, dan resiko mengidap kanker.

  1. Gunakan Menstrual Cup

cara agar menstruasi cepat mampet yang kedua adalah menggunakan menstrual cup ,Menstrual cup menjadi populer beberapa saat terakhir. Alat tersebut berupa seperti cangkir yang cara menggunakannya adalah memasukkan lewat vagina untuk menampung darah haid. Benda ini diklaim ramah lingkungan jika membandingkan dengan pembalut.

Menstrual cup bisa menampung hingga 12 jam pemakaian. Alat ini bisa mempercepat keluarnya darah dengan tanpa menimbulkan efek samping hormone maupun obat-obatan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sembari beraktivitas tanpa takut bocor.

  1. Jangan Menggunakan Tampon

Tampon merupakan alat berbentuk silinder yang terbuat dari kapas halus. Gunanya sama dengan pembalut yaitu untuk menyerap aliran darah haid. Jika pembalut, maka penggunaannya adalah dengan menempelkan pada celana dalam. Sedangkan alat ini harus dimasukkan ke dalam lubang vagina.

Penggunaan tampon justru malah memperpanjang masa haid. Sebaiknya pilih saja pembalut, karena bekerja secara baik dalam menyerap aliran darah menstruasi. Dengan begitu, masa datang bulan akan cepat berlalu.

  1. Olahraga Secara Teratur

Rajin berolahraga tidak hanya membantu menjaga kesehatan, tetapi juga bisa meringankan aliran darah haid. Jika tidak rajin menjaga pola hidup sehat, maka seringkali masa menstruasi menjadi sangat lama dari bulan-bulan sebelumnya.

Olahraga dapat mengurangi retensi air dalam tubuh sehingga mampu meringankan nyeri, kram dan kembung pada perut ketika menstruasi terjadi. Namun, agar hasilnya optimal, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Konsumsi Vitamin C

Berikutnya adalah cara agar menstruasi cepat mampet dengan mengonsumsi vitamin c. Hal tersebut karena mampu mengurangi kadar progesterone sehingga dapat membantu meluruhkan lapisan rahim. Dengan begitu, darah haid akan cepat mengalir.

Minumlah vitamin c sesuai dengan kadar yang telah dianjurkan oleh dokter. Hal ini karena jika mengkonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan terjadinya sejumlah efek samping, seperti insomnia, diare, sakit perut, dan lain sebagainya.

  1. Minum Obat

Agar masa menstruasi segera berhenti, maka Anda bisa melakukan cara selanjutnya yaitu, mengonsumsi obat tertentu. Namanya adalah Asam traneksamat yang berbentuk tablet. Sistem kerjanya adalah dengan menginduksi pembekuan darah pada rahim.

Anda bisa mengkonsumsi jenis obat lainnya, seperti ibuprofen dan naproxen yang mampu menghilangkan rasa sakit saat menstruasi. Selain bisa mengatasi kram dan nyeri, juga dapat mengurangi pendarahan hingga 20-50% sehari. Dengan begitu, minum setiap hari sampai haid berhenti.

  1. Mandi Air Hangat

Jika Anda menginginkan cara yang lebih simple tapi sangat nyaman, pilihlah untuk mandi menggunakan air hangat. Hal ini dapat memperlambat atau menghentikan aliran darah ketika menstruasi datang. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil optimal.

Anda bisa mandi air hangat pada saat hari pertama datang bulan terjadi. Selain dapat menghambat aliran darah haid, juga bisa memberikan efek menenangkan dan menghilangkan rasa capek-capek pada tubuh. Namun, tanyakan pada dokter untuk kombinasi metode yang tepat lainnya.

  1. Hindari Stress

Apapun alasannya, stress merupakan hal yang tidak sehat. Dengan begitu, sebisa mungkin kendalikan diri supaya tidak mengalaminya. Anda bisa melakukan kegiatan relaksasi untuk menyegarkan pikiran, seperti yoga.

Stress yang berlebih bisa menghambat siklus menstruasi. Selain itu, juga berdampak pada jumlah aliran darah yang keluar. Ada saatnya menjadi sangat banyak pada bulan tertentu. Sehingga pasti akan sangat mengganggu. Dengan begitu, lakukan penyegaran agar terhindar dari stress tersebut.

  1. Minum Cuka Apel dan Lemon

Cuka apel memiliki kandungan yang mampu mengurangi volume aliran darah ketika menstruasi. Ini bisa Anda rasakan dari sensasi asam dari cuka tersebut. Caranya adalah siapkan satu gelas air dan 2 sdm cuka kemudian campurkan. Lalu minum ramuan itu secara teratur selama masa datang bulan.

Selain cuka apel, Anda bisa mengonsumsi lemon karena sama-sama memiliki rasa asam sehingga mampu mengurangi jumlah perdarahan serta mempercepat masa menstruasi. Caranya adalah dengan memotong satu buah dan peras. Kemudian minum air perasan tersebut selama haid berlangsung.

  1. Jangan Melakukan Aktivitas Fisik yang Terlalu Berat

Para wanita karir atau atlet profesional pasti sering melakukan kegiatan fisik yang cukup berat. Dengan begitu, maka tidak jarang masa menstruasi mereka menjadi kurang teratur. Ini terjadi karena turunnya hormon estrogen dalam tubuh.

Agar aliran darah cepat keluar pada masa yang singkat, maka Anda dapat mengurangi atau menghindari aktivitas fisik berat jika bisa. Dengan begitu, kadar hormone estrogen dalam tubuh seorang wanita bisa kembali seimbang sehingga datang bulan pun jadi lebih teratur.

  1. Kompres Perut Menggunakan Air Hangat

Saat menstruasi terjadi, kebanyakan perempuan akan merasakan nyeri atau kram yang sangat sakit. Anda bisa melakukan pengompresan air hangat pada area perut untuk merilekskan otot serta meredakan stress akibat emosi tidak seimbang.

Selain memberikan efek rileks, dengan mengompres memakai air hangat juga bisa melancarkan aliran darah menuju rahim. Dengan begitu, aliran darah haid akan cepat keluarnya dan Anda bisa segera melakukan aktivitas lainnya.

  1. Pertimbangkan Jalan Operasi

Cara terakhir yang cukup beresiko ini bisa Anda pilih adalah dengan melakukan jalan operasi. Dokter akan memberikan penanganan untuk menghentikan laju menstruasi seorang perempuan. Namun, ada pengecualian, yaitu pada kondisi medis, seperti mioma, endometriosis atau fibroid uterus.

Oleh karena itu, untuk melakukan cara ini lakukan konsultasi secara mendalam dengan dokter. Biasanya, dokter akan menyarankan pengangkatan rahim yang akan menghentikan haid selama-lamanya. Kegiatan ini, tentu menggunakan prosedur yang aman.

Demikian informasi mengenai cara agar menstruasi cepat mampet. Dengan metode yang aman, Andapun tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *