Normalnya setiap perempuan akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Namun tidak sedikit pula yang mengalami masalah siklus dan membuat penderita menjadi khawatir dan bingung mencari cara agar darah haid keluar deras serta lancar sebagaimana normalnya.

Bicara mengenai siklus menstruasi, umumnya wanita akan mengalami haid dalam kurun waktu 21 hingga 35 hari. Namun, tidak menutup kemungkinan antara perempuan bisa berbeda. Tentunya hal tersebut juga dipengaruhi oleh banyak faktor.

Adverstisment

Pasalnya, ada beberapa faktor maupun kondisi yang bisa menghambat siklus menstruasi termasuk mempengaruhi jumlah darah haid tidak sederas biasanya. Kemungkinan hal tersebut disebabkan karena hormon, pola makan, stress dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya masalah darah haid keluar sedikit adalah hal umum terjadi dan banyak dialami oleh para perempuan. Meskipun begitu, tetap harus dipantau jika kondisi tersebut berlangsung dalam kurun waktu lama sehingga bisa dicari solusinya.

Sederet Cara Aman dan Efektif Agar Darah Haid Keluar Deras

Memang tidak bisa dipungkiri ketika darah haid keluar sedikit seringkali membuat penderita merasa panik dan khawatir. Umumnya hal tersebut terjadi karena beberapa faktor yang berkaitan dengan hormon. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini:

  1. Memperbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Cara paling efektif untuk memperlancar peredaran darah haid sehingga bisa keluar lebih deras yakni dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Seperti diketahui, tubuh manusia memerlukan cairan tersebut minimal 8 gelas sehari.

Menjaga kebiasaan minum air putih dapat memperlancar siklus haid. Jika cairan dalam tubuh terpenuhi akan menyeimbangkan hormon sehingga peredaran darah dapat berjalan lancar dan keluar dengan deras sebagaimana normalnya.

  1. Istirahat yang Cukup

Cara agar darah haid keluar deras yang kedua adalah melakukan isitirahat yang cukup, perlu diketahui bahwa salah satu faktor darah haid keluar hanya sedikit tidak semestinya bisa jadi dipicu karena kelelahan. Padatnya aktivitas membuat seseorang merasa letih dan hal tersebut bisa menyebabkan ketidakstabilan hormon.

Jika hormon tidak seimbang hal tersebut akan menghambat peredaran darah ke ovarium akibatnya siklus menstruasi jadi terganggu. Untuk mengatasi masalah ini solusinya menjaga pola istirahat yang cukup yakni 8 hingga 9 jam sehari.

  1. Menjaga Asupan Nutrisi dan Pola Makan

Berikutnya cara agar darah haid keluar deras yakni menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan-makan sehat seperti sayur dan buah-buahan.

Seperti diketahui sayur dan buah-buahan merupakan makanan yang mengandung nutrisi, vitamin serta mineral. Semua itu sangat dibutuhkan tubuh agar hormon dapat seimbang sehingga peredaran darah ke ovarium bisa berjalan lancar.

  1. Menjaga Agar Pikiran Tidak Stres

Selain kurang istirahat, pemicu lainnya yang menyebabkan darah haid keluar sedikit yakni stres. Ketika kondisi psikologis seseorang tidak stabil hal ini dapat meningkatkan produksi hormon kortisol melebihi batas normal.

Jika itu terjadi, dampaknya hormon dalam tubuh menjadi tidak stabil. Kondisi itu akan berpengaruh pada terlambatnya siklus menstruasi. Mengatasi keadaan tersebut solusinya cukup mudah, luangkan waktu sejenak untuk refreshing ditengah padatnya aktivitas sehingga pikiran tetap fresh.

  1. Mengkonsumsi Air Kelapa Muda

Salah satu cara paling efektif dan terbukti aman agar memperlancar darah haid keluar deras yakni mengkonsumsi kelapa muda. Faktanya, tidak Cuma segar tapi airnya juga mengandung asam laurat serta zat besi yang tinggi.

Kedua kandungan tersebut berperan cukup efektif dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, air kelapa muda juga kaya akan elektrolit, vitamin serta mineral yang terbukti efektif mencegah kram perut serta dehidrasi.

  1. Mengkonsumsi Dark Chocolate

Kabar gembira buat para perempuan yang sedang galau mencari cara agar darah haid keluar deras. Pasalnya, salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan mengkonsumsi dark chocolate atau coklat hitam.

Tidak hanya memperlancar siklus menstruasi, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada dark chocolate dapat membuat peredaran darah haid menjadi lebih deras. Cemilan ini selain enak ternyata juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Memperbanyak Mengkonsumsi Vitamin C

Cara lainnya untuk memperlancar siklus mestruasi sehingga darah haid bisa keluar deras yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi vitamin C. Selain bagus bagi kesehatan ternyata asupan tersebut juga dapat meningkatkan jumlah lapisan rahim.

Jika jumlah lapisan rahim semakin banyak maka hal itu akan mempengaruhi peluang terjadinya haid. Maka dari itu, Anda perlu memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah pepaya, kiwi, jeruk, tomat, paprika, brokoli maupun sayuran berdaun hijau.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Berikutnya cara yang dapat membuat darah haid keluar deras yaitu mandi air hangat. Terapi model ini sebenarnya merupakan metode tradisional namun faktanya selain bagus untuk kesehatan ternyata juga terbukti cukup ampuh dalam memperlancar siklus menstruasi.

Pasalnya, dengan mandi air hangat otot-otot tubuh menjadi rileks. Secara tidak langsung hal itu meningkatkan peredaran darah termasuk ke arah ovarium sehingga siklus menstruasi bisa berjalan lancar dan normal sebagaimana mestinya.

  1. Memperhatikan Berat Badan

Tahukan Anda jika perubahan berat badan drastis, baik itu terlalu kurus maupun gemuk dapat menyebabkan siklus menstruasi jadi terhambat. Akibatnya darah haid yang keluar tidak normal alias terlalu sedikit atau malah berhenti total.

Itu semua dapat terjadi karena tubuh membutuhkan lemak agar menghasilkan hormon yang berhubungan dengan siklus menstruasi. Maka cara untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan mengontrol dan menjaga pola makan sehat agar keperluan nutrisi tetap tercukupi.

  1. Olahraga Rutin

Mungkin sekilas tampak sepele, faktanya dengan rajin berolahraga selain bagus untuk kesehatan juga dapat memperlancar siklus menstruasi. Pasalnya, ketika melakukan aktivitas tersebut otot-otot tubuh menjadi lemas dan rileks sehingga peredaran darah ke ovarium bisa berjalan lancar.

Selain itu ketika berolahraga tubuh akan memproduksi hormon endorfin sehingga kadar estrogen pun menjadi menurun. Kondisi ideal tersebut dapat melancarkan siklus menstruasi sehingga darah haid yang keluar juga bisa banyak namun tetap dalam takaran normal.

Itulah beberapa cara agar darah haid keluar deras yang aman untuk dicoba. Semoga informasi ini dapat membantu terutama bagi para perempuan ketika menghadapi masalah siklus menstruasi tidak lancar.

Admin

Tagged in: