Ini 4 Cara agar Bab Lancar Tiap Hari
Ini 4 Cara agar Bab Lancar Tiap Hari

Anda Jarang BAB? Ini 4 Cara agar Bab Lancar Tiap Hari

Diposting pada

Cara agar Bab Lancar Tiap Hari-Bab tidak lancar memang menjadi masalah tersendiri, terkadang malah membuat perut kita sakit yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Salah satu pengaruh atau efeknya yaitu nafsu makan menurun, dapat mengalami stress dan rasa mulas berkepanjangan. Jika tidak cepat diatasi bisa berakibat lebih fatal lagi, sebenarnya cara agar bab lancar setiap hari ini bisa dilakukan dengan menjaga pola makan. Mengkonsumsi makanan adalah faktor utama penyebab dari bab lancar atau tidak.

4 Cara Agar Bab Lancar Tiap Hari

Susahnya buang air besar bisa diakibatkan oleh beberapa faktor sehingga sistem pencernaan terganggu. Kondisi seperti ini akan membuat seseorang tidak nyaman dalam beraktivitas, sembelit pada perut yang terisi penuh dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan rasa sakit. Setidaknya dalam jangka waktu 3 hari mungkin tidak terlalu terasa namun jika sudah melebihi batas waktu berarti harus segera mendapatkan penanganan khusus dari dokter.

  1. Meminum air putih yang banyak

Kurangnya asupan cairan pada tubuh menjadi salah satu penyebab kenapa bab tidak lancar. Pada kondisi normal manusia akan membuang air besar setiap pagi. Karena pada malam hari tubuh akan mencerna semua makanan yang kita konsumsi sehingga ketika bangun tidur semua yang tersisa adalah sampah makanan tersebut. Ketika nutrisi makanan terserap secara otomatis lambung merespon bahwa kapasitasnya sudah penuh, hal inilah yang membuat seseorang ingin bab.

Cara paling cepat supaya bab lancar kembali yaitu dengan minum air putih yang banyak. Setidaknya anda harus meminum minimal 2 liter air dari pagi hingga sore, lalu malamnya cukup 1 liter saja. Jika masih kuat bisa menambah menjadi 4 liter air per hari, tidak dianjurkan untuk melebihi ukuran tersebut karena terlalu kebanyakan juga bisa mengganggu kesehatan tubuh. Sejauh ini meminum air untuk melancarkan bab adalah cara paling aman dan mudah dilakukan.

Baca Juga :   Makanan Kucing Hamil yang Sehat dan Bergizi

Susahnya buat air besar karena kekurangan asupan air putih bisa membuat tubuh dehidrasi. Penyerapan air putih itu sendiri langsung menuju ke usus besar yang membuat feses dari keras menjadi lunak. Kalau kondisinya kering maka akan sulit untuk keluar, jika dipaksakan akan terjadi pendarahan pada organ tertentu sehingga lebih berbahaya. Biasakan mulai dari sekarang perbanyak minum air putih agar bab lancar tiap hari.

  1. Lakukan aktivitas olahraga

Mungkin bagi anda akan terlihat sedikit membingungkan kenapa harus menggunakan cara ini supaya bab lancar. Aktivitas olahraga merupakan kegiatan yang menggerakan tubuh kita. Kurangnya bergerak bisa memicu terjadinya sembelit atau bab mampet. Tidak perlu berolahraga yang berat, untuk langkah awal anda hanya perlu melakukan pemanasan dilanjutkan dengan senam. Solusi lainnya yang lebih mudah yaitu lari-lari kecil selama 15 menit.

Tubuh manusia ketika melakukan banyak gerakan akan merangsang bagian organ usus sehingga kembali berfungsi normal. Selain itu dengan aktivitas olahraga ini tubuh akan mengeluarkan banyak cairan. Respon dari badan kita secara otomatis akan merasakan haus karena kelelahan. Selama berolahraga usahakan jangan minum terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar setelah selesai kita bisa meminum air dengan jumlah banyak.

  1. Konsumsi makanan yang kaya serat

cara agar bab anda lancar tiap hari adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat . Pernahkan anda memakan jagung lalu setelah itu ingin buang air besar, pasti kebanyakan orang merasakan kejadian seperti ini. Serat pada jagung memang tinggi sehingga langsung direspon oleh tubuh kita, penyerapan nutrisi jagung juga cepat yang dapat melancarkan bab. Berikut ini makanan yang mengandung serat tinggi.

  1. Buah pir
  2. Alpukat
  3. Kembang kol
  4. Brokoli
  5. Almond
  6. Kacang merah
  7. Oat
  8. Jagung
  9. Ubi jalar
  10. Kentang
Baca Juga :   Inilah 6 Merk Madu yang Baik untuk Wajah

Selain itu makanan lainnya yang dapat anda konsumsi yaitu kacang kacangan, brokoli, tomat, alpukat dan kentang. Makanan tersebut tidak sulit untuk ditemukan, apalagi harganya juga lumayan murah. Daripada meminum obat yang memiliki efek samping buruk kenapa tidak mencoba untuk memilih sayuran dan buah buahan saja dalam mengatasi masalah bab tidak lancar.

  1. Jangan tunda untuk buang air besar

Kebiasaan buruk seseorang ketika menahan bab untuk beberapa alasan malah menjadi faktor yang menyebabkan buang air besar tidak lancar. Ketika anda ingin ke toilet segara pergi karena penundaan akan memicu usus terjadinya konstipasi. Efek dari menahan bab ini bisa membuat perut menjadi nyeri dan mulas dalam jangka waktu tertentu. Bisa juga menimbulkan penyakit lain karena adanya pemicu terlalu banyak mengumpulkan zat sisa pada tubuh, takutnya anda akan menderita kanker usus.

jadi itu 4 cara agar bab lancar tiap hari, agar lebih maksimal mungkin anda harus mencoba meminum obat seperti yang direkomendasikan dibawah ini.

Rekomendasi Obat Agar Bab Lancar

Dalam keadaan tertentu raya nyeri akibat bab tidak lancar mengharuskan kita untuk meminum obat. Tetapi anda harus mengetahui komposisi dari obat melancarkan bab tersebut, jangan ambil resiko dengan meminum obat yang memiliki kandungan efek samping tidak baik untuk kesehatan. Di apotik tentu sudah banyak jenis obat yang bisa mengatasi masalah bab mampet. Berikut ini daftar obat agar bab lancar.

  1. Madu Herbal Anak Syifa Kids Mbelit – Harga Rp 45.000
  2. Lactulax Lactulose – Harga Rp 39.700
  3. Koloklin Capsule – Harga Rp 260.000
  4. Tablets With Senna – Harga Rp 145.000
  5. Herbal Formula – Harga Rp 45.000
  6. Dulcolax Bisacodyl 5 Mg – Harga Rp 6.500
  7. Dulcolactol – Harga Rp 63.000
  8. Laxadine Emulsi – Harga Rp 45.050
  9. Microlax – Harga Rp 21.059
Baca Juga :   10 Makanan yang Bagus Untuk Meningatkan Stamina

Sebelum anda membeli obat bab di atas alangkah baiknya meminta saran dokter perihal kondisi kesehatan. Ada beberapa obat yang tidak cocok untuk seorang dengan penyakit tertentu. Mengkonsumsi obat tidak boleh berlebihan, jika tidak ada perubahan atau malah membuat perut anda sakit sebaiknya langsung periksakan saja ke rumah sakit terdekat.

Baca aturan pakai pada kemasan obat untuk menghindari terjadinya masalah yang tidak diinginkan. Obat adalah opsi terakhir jika semua cara yang telah kami sampaikan tidak memberikan hasil apapun. Kalau saya pribadi lebih memilih untuk memakan buah buahan, berolahraga, minum air putih untuk melancarkan bab. Buang air besar tidak lancar bisa juga karena adanya penyakit tertentu, gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk mengatasi permasalah bab.

demikian cara agar BAB lancar tiap hari dan rekomendasi obat agar membuat bab anda lancar, semoga artikel ini membantu permasalahan anda terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *