Kenali 11 Penyebab Badan Sakit Semua Dan Cara Mengatasinya - VELINA.INFO      
Kenali 11 Penyebab Badan Sakit Semua dan Cara Mengatasinya

Kenali 11 Penyebab Badan Sakit Semua dan Cara Mengatasinya

Nyatanya ada beberapa penyebab badan sakit semua yang seringkali Anda rasakan. Ternyata hal ini memang wajar terjadi dan terdapat pula cara mengatasinya. Biasanya gejala semacam itu akan dirasakan di sekujur tubuh, mulai dari kepala dan ujung kaki sehingga sangat mengganggu saat bekerja atupun aktivitas lainnya.

Beberapa Penyebab Badan Sakit Semua

Ada banyak penyebab yang memungkinkan Anda merasakan keadaan ini. Rasa sakit di badan tersebut biasanya disebabkan karena beberapa permasalahan. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu agar tidak panik ataupun hal lain yang mengkhawatirkan. Berikut beberapa ulasannya:

  1. Stress

Kekebalan tubuh akan menurun apabila Anda sedang mengalami stress berlebih. Daya tahan pada manusia tidak bisa mengendalikan respon terhadap terjadinya peradangan. Akibatnya manusia sering mengalami infeksi atau dapat juga segala penyakit mudah sekali untuk menyerang.

Hal ini menjadi penyebab jika mengalami kondisi tertekan atau stress. Kondisi seperti ini juga menyebabkan sekujur tubuh merasakan pegal-pegal mulai dari kepala hingga ujung kaki. Waspadalah jika mengalami beberapa gejala berikut seperti denyut jantung tinggi dan sakit kepala.

  1. Dehidrasi

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa air merupakan unsur yang paling penting. Sayangnya masih banyak orang melalaikan pentingnya hal ini sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi. Kondisi ini membuat seseorang kehilangan kemampuan dalam menjalankan banyak proses penting.

Dehidrasi ini membuat organ bekerja seadanya dan kemudian menyebabkan badan sakit semua. Beberapa gejalanya adalah urin gelap, kelelahan, hingga pusing. Anda perlu minum air putih minimal 8 setiap harinya untuk menjaga hidrasi tubuh. Namun coba konsumsi elektrolit jika mengalami diare.

  1. Kurang Tidur

Penyebab badan sakit semua juga bisa disebabkan lantaran kurang tidur. Kebiasaan buruk ini seringkali dilakukan oleh para deadliner tugas atau pekerjaan kantor sehingga mengurangi waktu istirahat. Hal ini membuat organ dalam tubuh tidak mampu beristirahat dengan cukup dan baik.

Tentu saja fungsi organ tidak akan berjalan dengan baik lantaran kurangnya waktu istirahat. Anda perlu khawatir jika menjumpai beberapa gejala seperti sering ketiduran di siang hari, kesulitan mengingat sesuatu dan sulit konsentrasi. Cobalah untuk minum teh sebelum tidur atau mendengarkan musik.

  1. Gejala Flu

Flu merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya infeksi virus sehingga menyebabkan proses peradangan dan akhirnya menyerang tubuh. Sistem pernafasan seperti paru-paru, hidung dan tenggorokan menjadi sasaran utama sehingga sistem imun pada tubuh berusaha untuk melawannya.

Baca Juga :   Segudang Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Respon sistem imun inilah yang mengakibatkan badan sakit semua. Gejala flu umumnya meliputi sakit tenggorokan, batuk, bersin, suara serak hingga sakit di kepala dan telinga. Maka, perlu istirahat cukup dan jangan lupa untuk minum air. Cobalah minum obat seperti ibuprofen dan pseudoephedrine.

  1. Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh tidak mempunyai cukup sel darah merah sehingga membuat fungsi peredaran kurang berjalan dengan baik untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen dalam tubuh. Kondisi seperti ini hanya aakn membuat jaringan berfungsi secara minimal dan mengalami gangguan.

Anda bisa mendiagnosa diri sendiri terkena anemia apabila mengalami gejala seperti denyut jantung tidak normal, kelelahan, pusing, sakit kepala dan dada hingga kulit pucat. Solusinya adalah konsumsi suplemen untuk memenuhi zat besi. Cobalah datang ke dokter jika cara tersebut tidak membantu.

  1. Kekurangan Vitamin D

Kondisi tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D ini biasa disebut dengan hipokalsemia. Kelelahan pada semua badan bisa juga disebabkan ketika ada penurunan kadar kalsium di dalam darah. Hal ini bisa mengganggu fungsi organ vital seperti otot, tulang dan ginjal sehingga menyebabkan rasa sakit.

Gejala lain yang ditimbulkan dari kondisi kekurangan kadar kalsium adalah kram di beberapa bagian tubuh, mati rasa, otot berkedut, pusing hingga kejang. Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari untuk mengaktifkan vitamin D di dalam darah sehingga kelelahan dapat diatasi.

  1. Mononukleus

Mononukleus ini merupakan penyakit yang diakibatkan adanya infeksi virus dari Epstein-Barr. Gangguan kesehatan ini nyatanya mudah sekali menular lewat media berupa air liur. Hal ini menyebabkan mengapa banyak orang menyebutnya sebagai “penyakit ciuman” atau kissing disease.

Salah satu gejala mononukleosis yang paling umum dirasakan adalah badan sakit semua. Kemungkinan Anda mengalami penyakit ini jika sedang merasakan kelelahan pada sekujur tubuh. Solusi terbaik yaitu memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan sebelumnya.

  1. Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi pada paru-paru yang mengganggu keseluruhan sistem pernafasan. Kondisi ini menyebabkan suplai oksigen menjadi kurang sehingga organ dalam tubuh tidak akan mampu bekerja dengan maksimal. Hal ini dianggap sebagai penyebab dari badan sakit semua.

Baca Juga :   Obat Gatal Selangkangan Agar Cepat kering

Gejala lain yang bisa menandakan jika seseorang sedang terkena pneumonia adalah sakit di area dada, kelelahan, batuk, mual, muntah, diare, sesak nafas, berkeringat dingin sampai demam. Mengingat bahwa penyakit ini menyerang organ dalam, maka lebih baik Anda periksa ke dokter.

  1. Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom kelelahan kronis ini juga dikenal dengan istilah CFS atau Chronic Fatigue Syndrome. Kondisi ini menyebabkan Anda seringkali merasakan kelelahan bahkan lemah untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pasien dengan penyakit ini tetap merasa lelah sekalipun sudah beristirahat seharian.

Sindrom ini biasanya dibarengi dengan kesulitan tidur atau insomnia. Chronic Fatigue Syndrome ini menyebabkan nyeri hebat pada sendi dan dada. Sementara gejala lain yang umum dirasakan ialah sakit tenggorokan, gangguan berpikir dan mengingat, sulit beristirahat secara tenang dan migrain.

  1. Arthritis

Penyakit ini terjadi ketika sendi dalam tubuh mengalami peradangan. Hal ini umumnya disebabkan karena beberapa hal seperti infeksi pada persendian, penurunan fungsi di sekitar tulang sehingga terjadi osteoartritis serta adanya gangguan sistem imun dan menghilangkan lapisan di dalamnya.

Arthritis akan menyebabkan rasa nyeri hebat di sekujur tubuh terlebih di area sendi. Tentu saja kondisi seperti ini bisa mengganggu aktivitas, meskipun hanya bergerak seminimal mungkin. Beberapa gejala lain dari penyakit ini adalah persendian mengalami bengkak, panas, kaku hingga kemerahan.

  1. Penyakit Lupus

Lupus juga menjadi penyebab dari perasaan badan sakit semua. Penyakit ini menyebabkan sistem daya tahan tubuh akan menyerang sistem internal termasuk sendi, tulang hingga pembuluh darah. Pembengkakan dan kerusakan jaringan tidak dapat dihindari sehingga rasa nyeri mulai menjalar.

Beberapa gejala yang mungkin ditimbulkan dari penyakit Lupus adalah kelelahan, demam, ruam pada kulit, kejang, peka dengan sinar matahari, kemerahan dan bengkak di area persendian. Anda hanya bisa mengurangi keluhan ini melalui periksa melalui dokter untuk penanganan selanjutnya.

Itulah tadi 11 penyebab badan sakit semua yang kemungkinan sedang dialami. Jangan menyepelekan kondisi ini jika tidak ingin keluhan semakin parah dirasakan. Oleh karena itu, Anda memeriksakan ke dokter agar semua penanganan bisa lebih cepat dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *