Segudang Khasiat dan Manfaat Daun Pecah Beling
Segudang Khasiat dan Manfaat Daun Pecah Beling

8 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan

Diposting pada

Khasiat dan Manfaat Daun Pecah Beling-Selain mengonsumsi obat, ada banyak cara yang dilakukan untuk bisa sembuh dari penyakit. Salah satunya dengan mengonsumsi tanaman herbal. Anda mungkin masih cukup asing dengan daun pecah beling. Daun pecah beling atau keji beling dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Banyak orang memilih tanaman herbal sebagai obat, karena murah, mudah ditemukan, dan khasiatnya yang nyata terasa. Untuk mengetahui apa saja manfaat daun pecah beling untuk kesehatan, mari simak ulasan berikut ini.

Kandungan Daun Pecah Beling

Ada begitu banyak jenis tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya tanaman pecah beling. Pecah beling atau keji beling merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memberi banyak manfaat bagi tubuh. Tanaman yang memiliki nama lain yaitu onyokelo merupakan tanaman pagar yang banyak ditemukan di pekarangan atau berada di antara rerumputan liar.
Tanaman yang memiliki nama ilmiah Strobilanthes crispa ini dapat tumbuh di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Tanaman herbal ini dimanfaatkan bagian daunnya yang biasanya tumbuh secara berumpun dan memiliki cabang ranting yang banyak, serta daun yang lebat. Permukaan daun pecah beling ini halus dan sedikit berbulu.

Daun pecah beling dipercaya ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan karena mengandung vitamin B1, vitamin C, asam galat, kafein, dan berbagai nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Karena adanya zat gizi yang terkandung di dalamnya, membuat daun ini banyak digunakan sebagai bahan utama, baik untuk obat-obatan herbal maupun kimia dalam bentuk puyer, kapsul, atau pil.
Daun pecah beling mengandung senyawa kimia aktif, seperti tannin, polifenol, alkanoid, dan senyawa lainnya, Tidak hanya senyawa aktif saja, kandungan antioksidan alami pada daun pecah beling juga dengan cukup tinggi, sehingga mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit, bahkan penyakit kronis sekalipun seperti berikut ini.

Baca Juga :   7 Cara Mengobati Luka yang Terlihat Dagingnya

8 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan

  1. Membantu Meringankan Depresi

Bagi Anda yang sering mengalami depresi, Anda bisa mengatasinya dengan daun pecah beling ini. Kandungan senyawa yang terdapat pada tanaman ini dapat memberikan efek dingin dan nyaman pada tubuh. Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu dengan diseduh untuk dijadikan teh.

Teh dari daun pecah beling dapat memberikan efek tenang, sehingga cocok digunakan untuk mengatasi stress atau depresi yang biasa menyerang orang dewasa.

  1. Mengobati Luka

Daun pecah beling juga bisa digunakan untuk mengobati luka. Saat tangan Anda tergores pisau atau benda tajam lainnya, Anda bisa menggunakan tanaman ini untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain membantu mempercepat penyembuhan luka, kandungan senyawa pada daun pecah beling juga bisa mengurangi bekas luka.

Kandungan kolagen pada daun ini dapat membantu memudarkan bekas luka dan memiliki tingkat sel pemicu radang yang rendah. Caranya sangat mudah yaitu dengan menempelkan daun pecah beling pada luka.

  1. Mengobati Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa dikatakan berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa diberikan penanganan khusus. Selain dengan obat dari dokter, Anda bisa menggunakan daun pecah beling untuk mengatasi penyakit ini.

Kandungan senyawa aktif yang terdapat pada daun ini dipercaya mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Dengan mengonsumsi daun pecah beling yang diseduh menjadi teh, dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu saja, kandungan senyawa aktif pada daun ini juga mampu mengatur produksi insulin.

Bagi orang-orang yang menderita penyakit diabetes, terkadang luka kecil saja dapat menjadi parah dan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan daun pecah beling ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain mempercepat penyembuhan luka diabetes, zat yang terkandung di dalam daun ini dapat mengurangi peradangan.

  1. Mencegah Tumor dan Kanker

Kandungan senyawa aktif pada daun pecah beling juga dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker dan menangkal pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya yang dapat berisiko menjadi tumor. Senyawa flavonoid yang terkandung di dalam daun ini juga ampuh menghentikan perkembangan sel kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu di Apotik

Namun, penelitian mengenai manfaat daun pecah beling ini baru dilakukan pada tikus dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keampuhannya dalam mencegah dan mengatasi kanker pada manusia.

  1. Mengobati Gangguan Ginjal

Daun pecah beling juga bermanfaat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh gangguan ginjal, seperti batu ginjal, batu empedu, dan gangguan kandung kemih. Tanaman yang dimanfaatkan akar dan daunnya ini mengandung kalsium karbonat dan mineral yang tinggi seperti kalsium, kalium, natrium, fosfor, dan ferum.

Kandungan mineral pada daun pecah beling dipercaya mampu mengatasi dan mengobati berbagai gangguan yang menyerang ginjal, seperti meluruhkan kristal pada ginjal, empedu, dan kandung kemih. Daun pecah beling mengandung kadar kafein yang cukup rendah dan kalium yang berfungsi melancarkan air seni.

Kandungan natrium pada daun ini juga mampu meningkatkan ekstra seluler yang dapat menyebabkan volume darah meningkat. Karena adanya kandungan natrium, kalsium, dan kalium, maka daun pecah beling ini memiliki rasa yang pahit.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Senyawa aktif seperti polifenol, tannin, alkanoid, flavonoid, dan katekin yang terkandung di dalam daun pecah beling dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, degenerasi makula atau penurunan kemampuan penglihatan, dan Alzheimer.

Para peneliti juga berpendapat bahwa di dalam daun pecah beling tidak ditemukan zat beracun sama sekali. Mereka bahkan menganjurkan untuk mengonsumsi ekstrak daun pecah beling sebanyak 5 gram per hari dalam bentuk teh yang diseduh sebagai tambahan asupan nutrisi dan antioksidan bagi tubuh.

  1. Menurunkan Kolesterol

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, daun pecah beling dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yaitu polifenol yang tinggi, sehingga mampu menurunkan kolesterol, kadar gula dalam darah, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Mengobati Wasir atau Ambeien

Manfaat daun pecah beling lainnya yaitu sebagai obat wasir atau ambeien. Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 8 lembar daun pecah beling, kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya, potong-potong daun dan rebus dengan air sebanyak tiga gelas hingga tersisa sekitar satu gelas saja. Tunggu hingga air rebusan daun pecah beling dingin, kemudian saring.

Baca Juga :   Cegah Infeksi! 5 Salep Antibiotik yang Dijual di Apotik

Untuk menambah rasa dan memeroleh manfaat yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan madu. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun pecah beling ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Informasi mengenai manfaat daun pecah beling di atas dapat dijadikan sebagai referensi dan tambahan ilmu bagi Anda. Jika Anda mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa memanfaatkan daun ini untuk mengatasinya. Agar hasilnya bisa maksimal, Anda bisa mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun pecah beling secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *