Aplikasi pengolah angka merupakan sebuah program komputer yang dipakai khusus untuk menampilkan, menangkap, serta memanipulasi data dalam bentuk kolom dan baris. Penggunaanya sangatlah penting dalam berbagai bidang, mulai dari keuangan, statistik, penelitian, pendidikan, hingga rekayasa suatu data.

Kegunaan Aplikasi Pengolah Angka

Spreadsheet memiliki fungsi utama untuk mengolah data ke dalam bentuk angka. Tetapi, secara lebih detail berikut kegunaan lainnya:

Adverstisment
  • Membuat tabel data.
  • Mengolah data menggunakan rumus, grafik, database, dan lainnya.
  • Mengolah angka ke dalam bentuk statistik.
  • Mengolah angka ke dalam bentuk grafik.
  • Membuat lembar kerja.
  • Membuat perhitungan di bidang ilmiah.
  • Menyederhanakan perencanaan.
  • Membantu membuat pekerjaan berkaitan dengan pengolahan data, seperti laporan keuangan, akuntansi, perpajakan, penjualan, daftar gaji, pengeluaran, hutang, dan masih banyak lagi lainnya.

11 Daftar Aplikasi Pengolah Angka

Program aplikasi pengolah angka ini memiliki jenis yang beragam, yaitu:

1.Microsoft Excel

Ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Ms. Excel memiliki fitur terintergrasi dengan aplikasi Microsoft office lainnya. Bahkan, sudah menjadi aplikasi terpopuler yang banyak dipilih untuk melakukan pengolahan data.

Anda bisa dengan mudah menemukannya pada perangkat komputer atau pun laptop. Selain itu, juga bisa dioperasikan pada sistem operasi Windows dan Mac OS. Kini Ms. Excel juga dapat dipasang pada smartphone Iphone maupun Android.

Cara pengolahan data disajikan dengan menggunakan fitur kalkulasi, dan pembuatan grafik. Tersedia pula beragam rumus Excel yang akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.

2.GNOME Office Gnumeric

aplikasi pengolah angka berikutnya ialah Gnumeric. Ini merupakan spreadsheet open source dan multiplatform yang masih satu bagian dari GNOME Office. Aplikasi ini memiliki 95% fungsi-fungsi pengolahan data yang ada pada Excel.

Selain itu, juga terdapat 100% fungsi engineering dan mampu mengenali tipe data secara otomatis. Gnumeric juga memiliki keunggulan berupa tampilan yang user-friendly sehingga mudah dioperasikan. Menu di dalamnya berisi toolbar untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pengolahan data.

3.XESS

XESS merupakan mulitiplatform hasil rancangan dari Applied Information System (AIS). Terdapat dua versi, yakni Enterprise untuk digunakan perusahaan dan Lite diperuntukkan penggunaan perorangan.

Pada versi Enterprise terdapat fungsi-fungsi standard serta kompatibel dengan aplikasi pengolah angka lainnya, yaitu Excel dan Lotus. XESS dilengkapi dengan fitur Micro-Add-Ins, dan XessSDK yang memiliki kemampuan untuk melakukan pemrograman.

4.Abacus

Abacus adalah aplikasi  yang tidak membutuhkan penyimpanan besar. Selain itu, penggunaannya pun juga tergolong mudah.

Memori yang dibutuhkan relatif kecil membuat Abacus mempunyai lembar kerja banyak, tetapi dengan jumlah terbatas jika terdapat keterbatasan penyimpanan pada komputer. Namun, semakin besar penyimpanan maka akan semakin luas banyak pula lembar kerjanya.

5.OpenOffice Calc

Aplikasi OpenOffice Calc memiliki sifat open source dan banyak fungsi. Secara umum, ini digunakan dalam melakukan perhitungan, menampilkan data dalam bentuk grafik untuk kemudian disajikan menjadi spreadsheet.

Aplikasi ini memiliki tampilan sheet yang mirip dengan Ms. Excel. Selain itu, menu-menu di dalamnya disajikan dengan desain sederhana yang akan membuat siapa pun mudah dalam mengoperasikan.

6.SIAG

Slag atau Scheme In A Grid merupakan aplikasi yang berbasis X-Window. Prinsip program ini adalah Scheme (dialek Lisp) untuk membuat ekspresi serta bahasa ekstensi. Hal tersebut berguna untuk mempermudah pengguna saat melakukan pengolahan data.

Aplikasi dibuat oleh Ulric Erikson dikarenakan tidak semua spreadsheet di Linux itu gratis. Pengguna dapat mengolah data dengan memasukkan ekspresi dalam sintaks pengolah angka secara tradisional atau pada umumnya

7.Quatro Pro

Berikutnya terdapat Quatro Pro yang merupakan proram pengolahan angka menggunakan lembar tab. Aplikasi ini berjalan di bawah naungan sistem operasi Windows.

Keunggulan aplikasi Quatro Pro adalah adanya baris dan batas maksimum, yaitu satu juta baris dan 18.276 kolom. Dengan begitu, hal ini akan membuat Quatro Pro menjadi pilihan kedua setelah Ms. Excel untuk mengolah data.

8.Lotus 1-2-3

Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi dari IBM yang menggunakan sistem operasi Windows. Aplikasi ini dapat menukar dokumen dengan pengolah angka lainnya, seperti Excel. Lotus 1-2-3 menjadi program tertua yang dibuat kompartibel dengan dokumen.

9.WingZ

Ini adalah aplikasi  yang memiliki sifat multiplatform dan freeware walupun dibatasi hanya untuk penggunaan non-komesial serta tidak dijual kembali.

WingZ merupakan aplikasi yang memiliki perangkat alat bantudalam menganalisa data menggunakan fungsi-fungsi lengkap berbagai bidang, seperti keuangan, statistik rekayasa, serta terdapat matriks lembar kerja multiplayer

10.ABS

ABS adalah suatu program yang digunakan untuk mengolah angka pada platform Unix (Liniux). Aplikasi ini memiliki bahasa makro AB Visual yang kompatibel dengan Microsoft Visual Basic. ABS juga bisa melakukan pertukaran data dengan Microsoft Excel melalui Visual Basic.

Semua data, format, bagan, kontrol, dan gambar dapat dikirim ke aplikas Excel tersebut. Di sisi lain, penggunaan aplikasi ini didistribusikan menggunakan source code di bawah lisensi GPL. Kini, ABS lebih stabil serta nyaman untuk digunakan dalam pengolahan data.

11.XXL

Kemudian juga ada aplikasi XXL yang dikembangkan oleh Universitas Nice. Program ini dapat dioperasan di komputer dengan sistem operasi Unix. Tampilan GUI dari XXL sangat sederhana tetapi mudah untuk dioperasikan.

Apilikasi ini mempunyai fungsi-fungsi kompleks yang tidak terdapat pada program pengolah angka lainnya atau jarang dipakai oleh para pengguna pada umumnya.

Demikian informasi mengenai aplikasi pengolah angka lengkap dengan kegunaan serta jenisnya. Dengan adanya program ini mengolah data menjadi semakin mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.