8 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah
8 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

Tidak di Ragukan! 10 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

Diposting pada

Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula DarahKetika kadar gula darah naik akan menjadi masalah yang cukup serius untuk kesehatan anda. Jika dibiarkan akan menjadi sangat fatal karena bisa mengalami penyakit diabetes. Salah satu cara untuk mencegah kadar gula darah naik ini yaitu dengan mengatur gaya hidup dengan cara membatasi konsumsi makanan ataupun minuman dengan kadar gula tinggi. Jenis tanaman yang bisa menurunkan kadar gula darah juga menjadi opsi bagi anda yang sedang mengalami diabetes.

10 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara signifikan. Yang perlu anda ketahui jika seseorang penderita diabetes selalu mengkonsumsi obat maka akan berdampak buruk pada organ tubuh lainnya. Obat herbal mungkin menjadi solusi tetapi tidak semua berkualitas sehingga masih banyak orang yang kurang yakin terhadap kemanjuran obat tersebut. Berikut ini tanaman ajaib penurun kadar gula darah yang sangat ampuh dan khasiatnya sudah dirasakan sendiri oleh para penderita diabetes.

  1. Jahe

Jahe
Jahe

Jahe menjadi bahan ramuan jamu turun temurun dari nenek moyang. Tanaman ini juga mudah sekali ditemukan karena banyak dijual di pasar tradisional. Rebusan jahe sudah terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hampir tidak ada efek samping ketika seseorang meminum jahe. Caranya juga cukup mudah, silahkan bersihkan jahe terlebih dahulu lalu direbus.

Selain untuk membantu menurunkan kadar gula darah jahe sangat dianjurkan sebagai minuman yang bisa anda konsumsi setiap hari. Jangan tunggu sakit baru mengkonsumsi jahe, karena jika anda sadari setiap hari makanan yang selalu kita konsumsi banyak mengandung gula. Lama kelamaan gaya hidup yang seperti ini akan menyebabkan kamu terkena penyakit diabetes, selain menjaga pola makanan yang dikonsumsi anda perlu minum jahe juga.

  1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mudah sekali kamu temukan untuk mengobati diabetes. Sayur yang berfungsi untuk penurun kadar gula darah ini mengandung sulforaphane. Kandungan tersebut sangat cepat dalam menurunkan kadar gula darah. Obat penderita kencing manis biasanya mengandung metformin, brokoli bisa menggantikan peran dari obat tersebut sebagai tanaman yang jauh lebih aman karena minimnya efek samping.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu di Apotik

Disamping itu nutrisi yang terkandung pada brokoli memiliki nilai gizi tinggi. Selain mengobati diabetes bisa juga menjadi sayuran yang dapat memenuhi nutrisi pada tubuh kita. Apalagi brokoli dapat melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya karena berfungsi menjaga metabolisme. Harga sayur brokoli juga tidak mahal, anda bisa menjadikannya sebagai sayuran. Tetapi untuk jenis campuran bahan lainnya jangan sampai ada kandungan gula berlebih, yang justru memicu diabetes menjadi tambah parah.

  1. Beras Merah

Tanaman ajaib penurun kadar gula darah selanjutnya adalah beras merah, Beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa menggantikan nasi putih. Seperti yang anda ketahui jika beras putih memiliki kandungan gula sehingga bisa memperparah penderita diabetes. Untuk beras merah sendiri memang sering dipakai untuk obat herbal diabetes. Kandungan indeks glikemik yang ada beras merah masuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk pengolahan beras merah sama dengan beras putih dalam memasaknya.

Selama kadar gula anda belum stabil sebaiknya masak beras merah setiap hari untuk dimakan. Memang harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Namun yang namanya masa pengobatan anda harus melakukan berbagai macam supaya sembuh. Beberapa penderita diabetes yang mengganti memakan beras merah mempercepat pemulihan.

  1. Daun Salam

Rebusan daun salam menjadi opsi yang cukup ampuh untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Tanaman liar yang ajaib ini dapat menghasilkan minyak atsiri berfungsi untuk penurun glukosa. Bay leaf atau daun salam bisa juga menjadi antioksidan pada tubuh karena adanya kandungan polifenol. Daun salam bisa langsung direbus lalu air rebusan tersebut diminum untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

  1. Pare

Mungkin banyak orang yang tidak menyukai pare karena sangat pahit. Namun siapa sangka jika salah satu buah tanaman ini bisa menjadi obat untuk menurunkan glukosa darah. Jika anda mengalami diabetes tingkat awal bisa langsung mengkonsumsi pare setiap hari maka kemungkinan akan cepat sembuh. Kandungan yang terdapat pada pare yaitu vicine, charantin, alkaloid dan peptida. Semua itu bisa mengatasi masalah kadar gula darah tinggi dengan singkat bisa langsung stabil.

  1. Kacang

Kacang merupakan pilihan makanan yang cocok untuk penderita diabetes. Kandungan protein dan serat yang terdapat pada kacang bisa menjadi kebutuhan karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah. Mencari makanan untuk penderita diabetes memang cukup sulit sehingga kacang menjadi opsi terbaik untuk menurunkan glukosa sekaligus membuat perut kenyang.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Mata Buram Sebelah

Untuk jenis kacang yang paling cocok untuk penderita diabetes yaitu kacang mete, kacang pistachio, kacang almond, kacang kenari, kacang merah dan kacang tanah. Pengolahan kacang bisa dengan beberapa metode, yang paling mudah yaitu direbus. Ada juga yang memasaknya sebagai bubur, jangan dicampur dengan makanan lain karena takutnya mengandung kadar gula tinggi.

  1. Daun Sirsak

Sirsak selain bisa dikonsumsi buahnya ternyata daun sirsak juga bisa mengobati berbagai macam jenis penyakit termasuk diabetes. Daun sirsak memiliki kandungan kalsium, protein, fruktosa dan vitamin A yang semuanya bisa membantu penderita diabetes dengan cara menurunkan kadar gula darah. Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun sirsak sebanyak 10 lemper perhari yang diberi 2 gelas air. Diminum secara rutin setiap pagi dan sore hari supaya lebih optimal.

  1. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing sebenarnya tidak terlalu sulit dicari di Indonesia. Bunganya memiliki bentuk yang sama mirip kumis kucing, sudah sejak lama sebenarnya tumbuhan liar yang satu ini bisa dijadikan obat herbal untuk penderita diabetes. Kumis kucing mengandung saponin, minyak atsiri dan myo inositol. Dengan kandungan ini dapat menjaga kesehatan pankreas supaya bekerja dengan maksimal dalam memproduksi insulin.

Selain itu kumis kucing juga mempunyai kandungan sapofonon, sinensetin dan kalium yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi. Hal ini memudahkan penyembuhan luka serta peradangan yang berakibat pada penyakit diabetes. Anda bisa menemukan kumis kucing di hutan atau alas tempat tumbuhnya tanaman liar. Jika susah dapat juga membelinya karena sekarang ada beberapa petani yang fokus untuk menanam kumis kucing.

Bonus 2 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

9. Daging Buah Kaktus

buah kaktus
buah kaktus

Kaktus merupakan tanaman yang bisa kita temui di gurun dengan keunikanya yaitu berduri. namun siapa sangka ternyata kaktus termasuk 10 tanaman ajaib penurun kada gula darah, kandungan komponen yang mirip dengan insulin(pada daging kaktus) inilah yang membuat tanaman ini mampu mengobati diabetes secara alami.

Baca Juga :   Jangan ASAL! Ini Perbedaan Herbalife Palsu dengan Versi Aslinya

dipercaya memakan rebusan sebanyak 150 gram kaktus perhari membantu untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

10. Gurmar

gurmar
gurmar

Gurmar atau yang memiliki nama lain gymnema sylvestre adalah salah satu tanaman yang berasal dari sri langka, tanaman ini juga di percaya mampu menurukan kadar gula dalam tubuh , cara kerja dari Gurmar ini adalah meningkatkan aktivitas enzim yang membantu sel tubuh untuk menggunakan glukosa dan merangsang produk insulin. sayangnya tanaman ini tidak bisa di temui di Indonesia.

jadi itu 10 tanaman ajaib penurun kadar gula darah, yang mungkin bisa anda coba, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *